Revitalisasi Sastra Bali Tradisional dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i3.1632Keywords:
Balinese Literature, Revitalization, Religious Education, Character Values, Local WisdomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi revitalisasi sastra Bali tradisional dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra religi. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi bagaimana teks-teks klasik seperti geguritan, kakawin, satua, dan lontar dapat diintegrasikan kembali ke dalam praktik pendidikan kontemporer untuk melestarikan identitas budaya sekaligus mendukung pendidikan spiritual dan moral. Metode deskriptif kualitatif digunakan melalui telaah pustaka, wawancara dengan pendidik, dan analisis isi teks-teks Bali tradisional terpilih. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sastra Bali tradisional mengandung nilai-nilai moral, agama, dan pedagogis yang kuat yang relevan dengan tujuan pendidikan saat ini, khususnya dalam menumbuhkan karakter, kesadaran spiritual, dan kearifan lokal di kalangan siswa. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan dalam aksesibilitas, pemahaman bahasa, dan metode pengajaran modern. Oleh karena itu, upaya revitalisasi harus mencakup integrasi kurikulum, digitalisasi teks, dan model pembelajaran yang inovatif. Kesimpulannya menunjukkan bahwa sastra Bali tradisional, jika direvitalisasi dengan benar, memiliki potensi besar sebagai alat yang bermakna dan efektif untuk pendidikan karakter dalam konteks agama dan budaya.
References
Andi Noprizal Sahar, I Wayan Suastra, I. B. P. A. (2024). Revitalisasi Kebudayaan melalui Etnopedagogi: Integrasi Nilai Tri Hita Karana Dalam Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di Bali. 2, 971–978.
Aprianingsih, N. K. D. (2023). Peran Generasi Z Dalam Penggunaan Bahasa, Sastra Dan Aksara Bali Sebagai Pengembangan Budaya Menuju Indonesia Emas. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Bagus, I., Wisnu, M., Ayu, I. G., & Istri, P. (2025). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Satua Bali: Membentuk Karakter dan Moderasi Beragama Pada Anak. 9, 95–117.
Brahmandika, P. G., & Sugiarka, I. G. (2024). Aksara Bali dalam Konteks Multikulturalisme: Menjaga Warisan Lokal di Tengah Globalisasi. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Daerah, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.25078/ds.v4i2.4008
Brata, I. B., Rai, I. B., Rulianto, & Wartha, I. B. N. (2020). Pelestarian Warisan Budaya Dalam Pembangunan Pariwisata Bali yang Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu Dalam Pemberdayaan Remaja Di Masa Pandemi Covid-19, 49–60. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1241/1053
Faizah, M. (2025). Makna Simbolik dalam Folklor Nusantara: Studi Semiotika pada Tradisi Rudat di Daerah Karangasem-Bali. 11(2), 2070–2083.
Gede Budarsa, & Ni Putu Ari Purwanti. (2024). Melihat Budaya Bali Dalam Spirit Islam: Inklusivisme Islam Pegayaman Sebagai Modal Pengembangan Wisata Budaya. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1–10. https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.76
I Komang Sukendra, Putu Diah Asrida, Ni Kadek Rini Purwati, I Dewa Putu Juwana, Putu Dessy Fridayanthi, & I Made Subrata. (2023). Pengembangan Objek Wisata Alam Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Etnomatematika Di Desa Apuan Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Widyadari, 24(2), 286–298. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3192
I Wayan Adi Upadana. (2020). Upacara Metatah Dalam Geguritan Puja Kalapati Tattwa. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 25(1), 108–117. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v25i1.70
Ida Bagus Made Wisnu Parta, I. G. A. P. (2024). Transformasi Satua Bali Untuk Membentuk Karakter Anak.
Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai Kearifan Lokal Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan di Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127–135. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/dharmasmrti/article/view/3398
Lakalet, L., & Moybeka, A. S. (2025). Revitalisasi Ekspresi Budaya Tradisional Desa Waimi Kecamatan Lembur Kabupaten Alor. 6(1), 230–237.
Luwih, I. M. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Hindu dalam Bahasa dan Sastra Bali. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.37329/kamaya.v8i1.3955
Naelasari, D., An-Nahdliyah, K., & Muslihah, H. A. (2025). Revitalisasi Akhlak Remaja: Pendekatan Pendidikan Pesantren di Masa Kini. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(3), 404–414. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i3.1850
Ni Nyoman Ari Suryati, & I Nyoman Suwija. (2024). Nilai Pendidikan Karakter Positif Pada Lirik Tembang Bali. Widyadari, 25(2), 183–195. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i2.4120
Putra, I. W. S. (2022). Implementasi Pergub Provinsi Bali Nomor 80 Tahun 2018 Di SMP Dharma Wiweka Denpasar. III(1).
Rejo, U., Rahayu, I. K., & Kharisma, G. I. (2022). Revitalisasi Cerita Rakyat Masyarakat Timor Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 35–47. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.51457
Semadi, A. (2022). Hakikat Dan Fungsi Sastra Lisan Dalam Memuliakan Pendidikan Budi Pekerti. Widyasrama, 0852, 1–16.
Suaka, I. N. (2020). Refleksi Kekerasan dalam Rumah Tangga dalam Cerita Rakyat Bali Tuwung Kuning: Analisis Feminisme. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 8(2), 63. https://doi.org/10.24843/jkb.2018.v08.i02.p05
Suwija, I. N. (2020). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Bali. 67–80.
Wijaya, R., Rozak, A., Nur, S., Qothrunnada, N., & Azzahra, N. (2022). Analisis Program Gerakan Literasi Melalui Dongeng Keagamaan Berbasis Boneka Wayang Di Sekolah Dasar. 20(1), 39–49.
Wimbani, Ni Made Anggita Putri Antika, Ketut Cika Dharma Yanti, K. A. D. (2019). Revitalisasi Bahasa Dan Sastra Bali: Pemanfaatan Aplikasi Papan Ketik (Patik) Bali Pada Pembelajaran Bahasa Bali Bagi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Kuta Utara Dalam Upaya Meningkatkan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Wiranti, C. A., Dwipayoga, I. K. A., Kartika Dewi, N. K., Kencana Dewi, I. G. A., & Susanthi Pradnya Paramitha, N. M. A. (2024). Analisis Unsur Instrinsik Dan Sosiologi Sastra Cerpen Mayah Sangi Karya I Made Astika. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 14(1), 77–86. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v14i1.3442
Wulandari, I. A. G. (2020). Lontar Tutur Candrabherawa Perspektif Pendidikan Agama Hindu. JURNAL YOGA DAN KESEHATAN, 2(1), 58. https://doi.org/10.25078/jyk.v2i1.1552
Yulianti, N. M. (2022). Meningkatkan Mutu Nilai Kemanusiaan Dan Aktualisasi Sad Kertih Pada Drama Gong Cupak Dadi Ratu. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Daerah, 2(2), 154–165. https://doi.org/10.25078/ds.v2i2.945
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ida Ayu Made Dwi Antari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.