Pemanfaatan Media Sosial dalam Membentuk Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpn.v1i2.147

Keywords:

interpersonal, communication, utilizationmedia social, specialist deaf education teachers, deaf students, supportive attitudes

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pemanfaatan media sosial dalam komunikasi interpersonal antara guru dan siswa di SLB Nurul Iman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam komunikasi interpersonal melalui media sosial di SLB Nurul Iman dan memahami dinamika siswa dalam menggunakan media sosial dalam interaksi tatap muka dengan guru. Menekankan pentingnya interaksi manusia, metodologi ini menggunakan metode studi kasus dan pendekatan penelitian kualitatif. Selama komunikasi, baik guru maupun siswa memprioritaskan penggunaan bahasa, menjunjung prinsip moral, dan berfungsi sebagai model dalam komunikasi mereka. Faktor penghambat bagi siswa berkebutuhan khusus termasuk kesulitan dalam berkomunikasi secara jelas, memberikan masukan, dan penanganan. Faktor pendukung melibatkan siswa yang melakukan pertanyaan, belajar dari guru, dan guru yang membimbing siswa. Penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa berkebutuhan khusus menghadapi tantangan dalam berkomunikasi secara jelas, yang mengarah pada peningkatan keadilan dan pemahaman di antara siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

References

Abadi, Sukmawan, & Utari D. A. (2013). Jurnal Komunikasi: Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Hubungan Interpersonal Remaja di Sidoarjo, 2(1), 95-106. Diakses dari:http://ojs.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/278/264 DOI: https://doi.org/10.21070/kanal.v2i1.278

Ahmadi, Fatah. (2015). Peran dan Fungsi Pendidik. Diakses dari: https://www.kompasiana.com/fatahahmadi/55124f2aa33311eb56ba82e8/peran -dan-fungsi-guru

Aishwarya, M. dan Vinod. (2017). Imperial Journal of Interdisciplinary Research. Dampak Media Sosial Terhadap Komunikasi Interpersonal, 3(7), 137-140. Diakses dari:http://www.imperialjournals.com/index.php/IJIR/article/view/5342/5142

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktis. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Azeharie, S. dan Khotimah, N. (2015). Jurnal Pekommas: Pola Komunikasi Antarpribadi antara Edukator dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak "Melati" Bengkulu, 18(3), 213-224. Diakses dari:https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/1180307

Baruah, T. D. (2012). International Journal of Scientific and Research Publications. Efektivitas Media Sosial sebagai alat komunikasi dan potensinya untuk koneksi berbasis teknologi: Suatu studi tingkat mikro, 2(5), 1-10. Diakses dari:http://www.ijsrp.org/research_paper_may2012/rp24.html

Devito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang: Penerbit Karisma.

Hidayat, D. N. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.

Karningtyas, Wiendijarti, dan Prabowo A. (2009). Jurnal Ilmu Komunikasi: Pola Komunikasi Interpersonal Anak Autis di Sekolah Autis Fajar Nugraha Yogyakarta, 7(2), 120-129. Diakses dari:http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/16/16

Khurana. (2015). Journal of Mass Communication & Journalism. Dampak Penggunaan Situs Jaringan Sosial pada Remaja, 5(12), 1-4. Diakses dari:https://www.omicsonline.org/open-access/the-impact-of-socialnetworking-sites-on-the youth-2165-7912-1000285.pdf

Muhammad, S. J. N. (2018). Malay Literature. Komunikasi Antarpersonal sebagai Solusi dalam Menyelesaikan Konflik Diplomatik di Kesultanan Melayu, 31(1), 47-68. Diakses dari:https://www.researchgate.net/profile/Salmah_Jan_Noor_Muhammad

Mulyana, Deddy. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta: Penerbit Simbiosa Rekatama Media.

Nomura, Seiji. (2018). Business Communication Research and Practice. Komunikasi Antarpersonal: Analisis Dari Perspektif Komunikasi Internal, 1(2), 85-89. Diakses dari:https://www.researchgate.net/publication/327180415_Interpersonal_Communication_An_Analysis_from_a_Point_of_In-house_Communications DOI: https://doi.org/10.22682/bcrp.2018.1.2.85

Pertiwi, Kusuma Wahyunanda. (2018, 1 Maret). Studi Mengungkap Pola Penggunaan Media Sosial di Kalangan Masyarakat Indonesia. Diakses dari:https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset ungkap-polapemakaian-medsos-orang-indonesia

Pratiwi, Siska. (2018, 5 Juli). Manfaat dan Keterbatasan Media Sosial. Diakses dari:https://www.kompasiana.com/siskapratiwi9511/5b3dbe93dd0fa839625ec7c2plusminus-sosial media

Ritonga, S. A. dan Hasibuan E. J. (2016). Jurnal Simbolika. Interaksi Komunikasi Guru dan Siswa dalam Menumbuhkan Potensi dan Kreativitas Anak Autis di SLB Taman Pendidikan Islam (TPI) Medan, 2(2), 188-199. Diakses dari:http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/1030/1036 DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1030

Somad, P. dan Hernawati, T. (1995). Ortopedagogik Anak Dengan Tunarungu. Bandung: Penerbit Dekdibud Dikti.

Subramanian, K. R. (2017). International Journal of Scientific Progress and Research. Pengaruh Media Sosial dalam Komunikasi Antarpersonal, 38(2), 70-75. Diakses dari:https://www.researchgate.net/publication/319422885_Influence_of_Social_Media_in_Interpersonal_Communication

Vydia, Irliana, dan Savitri A. D. (2014). Jurnal Transformatika. Dampak Media Sosial terhadap Komunikasi Antarpersonal dan Kejahatan Siber pada Remaja, 12(1), 14-18. Diakses dari:http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/86 DOI: https://doi.org/10.26623/transformatika.v12i1.86

Watie, Errika D. (2011). The Messenger. Komunikasi dan Media Jejaring Sosial, 3(1), 69-75. Diakses dari:http://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/270/172 DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Simamora, Y. J., & Yuliana, N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Membentuk Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(2), 15. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i2.147

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.