Peran Guru dalam Literasi Membaca untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini di TK Dharma Maitreya

Authors

  • Annur Isnaini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Tias Mayasita Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Mufaro'ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1043

Keywords:

Perkembangan Bahasa, Literasi, Peran Guru

Abstract

Perkembangan anak usia dini membutuhkan perkembangan bahasa sebagai prasyarat untuk mengembangkan interaksi interpersonal yang baik. Literasi pada anak usia dini sangat berkaitan dengan perkembangan kemampuan berbahasa anak, anak harus mampu memahami bahasa dan menyampaikan bahasa, yang berkaitan dengan proses keaksaraan awal. Pada tahap ini merupakan masa terbaik bagi anak untuk lebih mudah belajar beragai hal melalui inderanya (pendengaran, penglihatan, perasa, peraba, dan penciuman) dalam mengembangkan kemampuannya berliterasi. Ada beberapa cara meningkatkan perkembangan literasi pada anak, maka sebagai guru tidak kalah penting ada tiga peran guru dalam memfasilitasi perkembangan literasi anak yaitu : Sebagai Perencana, Pelaksana atau fasilitator dan sebagai Evaluator. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Peran guru sangat menentukan minat dan kegemaran anak pada membaca dan menulis untuk meningatkan ketrampilan bahasa mereka.

 

References

Arika Novrani, dkk, (2021), Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun, UNICEF, hlmn 1-2

Dwi Anggi Saputri, Sri Katoningsih, (2023), Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Ketrampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pad Usia 5-6 Tahun, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 3, hlmn 2780 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353

Iis Basyiroh, Jaelani Husni, Yusup Permana, (2023), Peran Guru dan Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini, BANUN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, Vol. 1, No. 2, hlmn 10 DOI: https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i2.6211

Karmila, P, Lamadang., dkk., (2024), Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan Literasi Bahasa Anak Usia Dini, Aulad: Journal on Early Childhood, Vol. 7, No. 2, hlmn 672

Marwany dan Heru Kurniawan, (2020). PENDIDIKAN LITERASI ANAK USIA DINI: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis dan Berpikir Anak, Yogyakarta: HIJAZ PUSTAKA MANDIRI, hlm 9-10

Uswatun Hasanah Masra Tangse, (2022), “LITERASI DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Pentingnya Lingkungan terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini”, Tarbiyah bil Qalam: Jurnal Pendidikan, Vol. VI Edisi 1

Widian Winarti, Ali Akbarjono, Wiwinda, (2023), Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini di Paud Ramadhani Desa Padang Kedeper Bengkulu Tengah, Jurnal Studi Islam, Sosial dan Pendidikan: INSAN CENDEKIA, Vol. 2, No. 1, hlmn 72

Yessy Nur Endah Sari, Nur Hidah Ismaya Indah, (2023), Peran Literasi dan Read Aloud dalam Meningkatkan Ketrampilan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 3, hlmn 3559 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4185

Akayoğlu, S. (2020). Digital literacy practices of Turkish pre-service EFL teachers. Australasian Journal of Educational Technology, 36(1), 85–97. https://doi.org/10.14742/ajet.4711 DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.4711

Bui, T. T. N. (2016). Standardizing English for Educational and Socio-economic Betterment- A Critical Analysis of English Language Policy Reforms in Vietnam. Language Policy(Netherlands), 11, 363–388. https://doi.org/10.1007/978-3-319-22464-0_17 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-22464-0_17

Cajkler, W. (2016). Mentors and student-teachers “lesson studying” in initial teacher education. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 84–98. https://doi.org/10.1108/IJLLS-04-2015-0015 DOI: https://doi.org/10.1108/IJLLS-04-2015-0015

Chaparro-Moreno, L. (2017). Wordless picture books boost preschoolers’ language production during shared reading. Early Childhood Research Quarterly, 40, 52–62. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.03.001 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.03.001

Chun, D. M. (2019). Current and future directions in TELL. Educational Technology and Society, 22(2), 14–25.

Hedgcock, J. S. (2017). An exploratory study of academic literacy socialization: Building genre awareness in a teacher education program. Journal of English for Academic Purposes, 26, 17–28. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2017.01.004 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jeap.2017.01.004

Hodson, D. (2017). Going Beyond the Consensus View: Broadening and Enriching the Scope of NOS-Oriented Curricula. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 17(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/14926156.2016.1271919 DOI: https://doi.org/10.1080/14926156.2016.1271919

Husaeni, D. F. Al. (2022). How Language and Technology Can Improve Student Learning Quality in Engineering? Definition, Factors for Enhancing Students Comprehension, and Computational Bibliometric Analysis. International Journal of Language Education, 6(4), 445–476. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i4.53587 DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v6i4.53587

Lytra, V. (2016). Introduction: Navigating Languages, Literacies and Identities: Religion in Young Lives. Navigating Languages, Literacies and Identities: Religion in Young Lives, 1–17. https://doi.org/10.4324/9781315740805-1 DOI: https://doi.org/10.4324/9781315740805-1

O’Dowd, R. (2016). Online intercultural exchange: Policy, pedagogy, practice. Online Intercultural Exchange: Policy, Pedagogy, Practice, 1–308. https://doi.org/10.4324/9781315678931 DOI: https://doi.org/10.4324/9781315678931

Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Seltzer, K. (2019). Performing Ideologies: Fostering Raciolinguistic Literacies Through Role-Play in a High School English Classroom. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 63(2), 147–155. https://doi.org/10.1002/jaal.966 DOI: https://doi.org/10.1002/jaal.966

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Isnaini, A., Mayasita, T., & Mufaro’ah. (2024). Peran Guru dalam Literasi Membaca untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini di TK Dharma Maitreya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1043

Issue

Section

Articles