Metode Reward dan Punishment Sebagai Peningkatan Motivasi Intrinsik Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1287Keywords:
Reward, Punishment, Motivasi Intrinsik, Pembelajaran PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini mendorong siswa untuk mengembangkan kesadaran akan pentingnya belajar dari penghargaan dan hukuman yang diberikan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui pemahaman dan studi teori dari berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reward, seperti pujian dan penghargaan, secara signifikan meningkatkan semangat belajar siswa dan mendorong partisipasi aktif dalam kelas. Punishment yang diterapkan secara konstruktif membantu siswa memahami konsekuensi dari tindakan mereka dan meningkatkan disiplin. Siswa dengan kesadaran intrinsik yang tinggi akan memengaruhi pemahaman mereka terhadap pelajaran, serta berdampak positif pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan agar guru menggunakan metode reward dan punishment secara bijaksana untuk memotivasi siswa agar terus mengembangkan diri dalam setiap proses pembelajaran.
References
Aidah, A., Mustafiyanti, M., & Naswa Nadia. (2023). Penerapan Metode Reward and Punisment Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(3), 807–812. https://doi.org/10.53625/jirk.v3i3.6494 DOI: https://doi.org/10.53625/jirk.v3i3.6494
Alawiyah, T., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Akademik Siswa. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(1), 91–98.
Amirudin, A., Nurlaeli, A., & Muzaki, I. A. (2020). PENGARUH METODE REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 140–149. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102 DOI: https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838 DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075 DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Herlina, H., Riance, A., & Wasyrif, F. (2023). The Effect Of Reward And Punishment On Work Motivation And Performance Impact (Case Study Of Honorary Teachers At SMP Negeri Lubuklinggau). Innovative: Journal Of Social …, 3. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/826%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/826/645
Idrus, B., & Wahyuddin. (2019). Hubungan Antara Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri I Tapalang. Peqguruang : Conference Series, 1(2), 218–222.
Iskandar, K., Khusniyah, E., & Anam, S. (2021). Relevansi Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Religious Studies (JERS), 01(01). DOI: https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.27
Junaida, I. S., & Sovia Mas Ayu. (2022). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Mauliddya, S. A., & Rustam, A. (2019). Peran Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Akademis melalui Mediasi Motivasi Belajar Intrinsik. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 166. https://doi.org/10.22146/gamajop.50570 DOI: https://doi.org/10.22146/gamajop.50570
Novitasari, A. T. (2023). Motivasi Belajar sebagai Faktor Intrinsik Peserta Didik dalam Pencapaian Hasil Belajar. Journal on Education, 5(2), 5110–5118. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1248 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1248
Padang, D., Rangkuti, M., Samosir, R. A., Siregar, Y. X. M., & Perangin Angin, L. M. (2023). The Effect of Giving Rewards and Punishment on the Learning Motivation of Class V Students at SDN 101769 Tembung. Journal of Educational Analytics, 2(2), 307–318. https://doi.org/10.55927/jeda.v2i2.4423 DOI: https://doi.org/10.55927/jeda.v2i2.4423
Palangda, L., & Laloan, C. (2023). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Tondano. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9627–9640. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4734%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/4734/3336
Ritonga, A. (2024). REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MEMOTIVASI. ANALYSIS Journal of Education, 2(2), 268–275.
Sayid Ahmad Fauzi, & Benny Angga Permadi. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Kelas IV Mi Miftahul Ulum Pandan Arum. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 60–67. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.23 DOI: https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.23
Urpatullia, L., Rahmawati, I., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di MI Al Azkia Tenjolaya Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.225 DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Figo Prilianto, Opik Taupik Kurahman, Dadan Rusmana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.