Implementasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing/Snowball Pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Swasta IRA Medan
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1324Keywords:
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Snowball Throwing, TawakkalAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball dapat berperan aktif di dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dan meningkatkan hasil belajar mereka di dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq materi Tawakkal pada Kelas VII MTs Swasta IRA Medan. Di dalam penelitian ini pula, diharapkan agar strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball dapat memberikan pengaruh positif pada peserta didik Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan agar mereka menjadi lebih semangat dan antusias setelah pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball ini. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenalogis dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, untuk teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Serta, untuk teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, analisis kasus negatif, dan triangulasi. Di dalam penelitian ini, peserta didik Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan diarahkan sekaligus dibimbing selama proses pembelajaran mapel Aqidah Akhlaq materi Tawakkal diikuti dengan pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball. Temuan dan pembahasan yang diperoleh pada penelitian ini adalah bahwasanya pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball pada mapel Aqidah Akhlaq Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan telah berperan aktif di dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dan meningkatkan hasil belajar mereka di dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq materi Tawakkal, meliputi semangat, baik dan menyenangkan, efektif, menumbuhkan motivasi, dan dapat meningkatkan pemahaman. Sehingga, hal ini telah terbukti menimbulkan dampak positif pada peserta didik Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan.
References
Afrah, Nur, Yulia, dan Muslimin. (2021). “Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Soppeng”. PINISI: Journal of Education, 1 (1), 104-117.
Amaliah, Fitrih, Rosmini Madeamin, dan Basse Syukroni Baso. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 198 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar”. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2 (2), 95-117. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.762 DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.762
Arlina, dkk. (2023). “Strategi Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak”. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2 (2), 226-239. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.88 DOI: https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.88
Arlina, dkk. (2024). “Implementasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing/Snowball pada Kelas VII Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah TPI Medan”. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 23 (2), 779-790. https://doi.org/10.47467/mk.v23i2.1431 DOI: https://doi.org/10.47467/mk.v23i2.1431
Hadi, A. dkk. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: CV. Pena Persada.
Hisbullah dan Firman. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar”. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2 (2), 2654-6426. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231 DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Junaidi. (2020). “Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Pemahaman Kebersihan Gigi dan Mulut untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kuta Pasie Baet Aceh Besar”. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8 (4), 643-654.
Manalu, K. dkk. (2022). “Snowball Throwing Learning Model: Increase Student Activity and Learning Outcomes”. Jurnal of Education and Teaching Learning (JETL), 4 (2), https://doi.org/10.51178/jetl.v4i1.413 DOI: https://doi.org/10.51178/jetl.v4i1.413
Mas’udah, S. (2020). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Snowball Throwing”. Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 4 (2), 86-98. https://doi.org/10.37730/edutrained.v4i2.79 DOI: https://doi.org/10.37730/edutrained.v4i2.79
Mekarisce, A. A. (2020). “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat”. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12 (3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102 DOI: https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Meliyati. (2021). “Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri 50/IV Kota Jambi”. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6 (1), 66-78. https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.13336 DOI: https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.13336
Qowi, A. (2021). “Peningkatan Hasil Belajar Materi Memahami Teknik Melempar Bola Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing”. Journal of Education, 4 (1), 62-73. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.405 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.405
Santika, M., Farida F., dan Weni, A. (2019). “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Snowball Throwing di Sekolah Dasar”. Jurnal Basic Edu: Research & Learning in Elementary Education, 3 (3), 940-947. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.189
Sembiring, R. H. (2012). “Efektivitas Metopel Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-nilai Religius Novel Munajat Cinta II Karya Taufiqurrahman Al-Azizy oleh Siswa Kelas XI MAS Proyek Univa Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011”. ASAS: Jurnal Sastra, 1 (1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.231
Setiyawan, H. (2023). “Model Pembelajaran Snowball Throwing di Sekolah Dasar”. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, 2 (3), 53-59. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i3.1950 DOI: https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i3.1950
Setyaningsih, L. A., dan Shanta Rezkita. (2019). “Implementasi dan Kendala Model Pembelajaran Snowball Throwing di Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa 1 (April): 200-204.
Suyanto. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pesawat Sederhana pada Siswa Kelas V SD 8 Gondosari”. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1 (2), 196-204. https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3434 DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3434
Yampap, U., dan Deril, A. K. (2022). “Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD”. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3 (2), 125-134. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.186 DOI: https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.186
Yulita. (2019). “Penggunaan Strategi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Siswa Kelas V”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (5), 1085-1094. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.325
Zahrina, Nasri Diana, dan Nanda Mastura. (2022). “Penerapan Model Snowball Throwing pada Materi Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Beureunuen”. Jurnal Eksperimental, 11 (2), 23-32. DOI: https://doi.org/10.58645/eksperimental.v9i2.138
Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Zulfirman, R. (2022). “Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan”. JPPP: Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran, 3 (2), 147-153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758 DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arlina, Muthia Naziroh Hutasuhut, Dimas Jandwika, Asri Karina Br Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.