Penerapan dan Efektivitas Metode Diferensiasi dalam Refleksi Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Swasta IRA Medan
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1362Keywords:
Aqidah Akhlaq, Diferensiasi, Refleksi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami mengenai penerapan dan fektivitas metode diferensiasi dalam refleksi pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Swasta IRA Medan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif fenomenalogis dengan teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode diferensiasi dalam refleksi pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Swasta IRA Medan telah diterapkan dengan baik. Penerapannya pun memberikan efektivitas yang cukup tinggi dan signifikan dibandingkan dengan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sebelumnya. Adapun, implikasi atau dampak yang diharapkan melalui penelitian ini adalah agar dapat memberikan inovasi baru bagi pendidik dalam menerapkan refleksi pembelajaran Aqidah Akhlaq, dapat memudahkan peserta didik dalam mengetahui, memahami, dan mengingat materi pembelajaran Aqidah Akhlaq, serta dapat meningkatkan pengalaman belajar yang lebih baik dan berarti bagi mereka agar dapat diamalkan dalam kehidupannya sehari-hari.
References
Azizah, A., & Fatamorgana, F. K. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475 DOI: https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026 DOI: https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Cheshkova, A. (2023). Application of machine learning methods for the differentiation of fungal diseases in strawberry based on hyperspectral image analysis. E3S Web of Conferences, 390. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202339003018 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202339003018
Fithriyah, N.N., Latifah, N., & Mu’alifah, K. (2020). Peningkatan Minat Belajar Aqidah Akhlak Melalui Metode Quick On the Draw. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 9-17. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.6870 DOI: https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.6870
Hadi, A., dkk. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: CV. Pena Persada.
Lubis, L., Abdurrahman, A., & Fazira, E. (2022). Connection Management Self-Concept and Social Support With Student Confidence. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 31-38. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.1890 DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.1890
Luce, A. (2024). Merging automatic differentiation and the adjoint method for photonic inverse design. Machine Learning: Science and Technology, 5(2). https://doi.org/10.1088/2632-2153/ad5411 DOI: https://doi.org/10.1088/2632-2153/ad5411
Masuwai, A., Zulkifli, H., & Tamuri, A.H. (2022). Systematic Literature Review On Self-Assessment Inventory For Quality Teaching Among Islamic Education Teacher. Sustainability, 14(1), 203. https://doi.org/10.3390/su14010203 DOI: https://doi.org/10.3390/su14010203
McGuire, E. (2024). Anticipating social differentiation and unintended consequences in scaling initiatives using GenderUp, a method to support responsible scaling. Agricultural Systems, 215. https://doi.org/10.1016/j.agsy.2024.103866 DOI: https://doi.org/10.1016/j.agsy.2024.103866
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102 DOI: https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.31538 DOI: https://doi.org/10.31538/cjotl.v2i1.188
Padli., & Darlis, A. M. (2023). Peran Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Siswa Unggul. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 627-640. https://doi.org/10.30868/ei.v2i02.4028
Rambe, S. K., dkk. (2022). Ruang Lingkup dan Pelatihan Keprofesian Guru Pendidikan Agama Islam. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22-26. https://doi.org/10.51253/abdicendekia.v1i1.32 DOI: https://doi.org/10.61253/abdicendekia.v1i1.32
Santa, F. Della. (2024). Automatic Differentiation-Based Multi-Start for Gradient-Based Optimization Methods. Mathematics, 12(8). https://doi.org/10.3390/math12081201 DOI: https://doi.org/10.3390/math12081201
Saprudin, M., & Nurwahidin. (2021). Implementasi Metode Diferensiasi Dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5765-5776. http://dx.doi.org/10.36418/Syntax-Literate.v6i11.4562
Saufa, M., (2020). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi: Teori, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Publica Institut Jakarta.
Sutaga, I. W. (2022). Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Inovasi Jurnal Guru, 8(9), 58-65. https://jurnalinovasi.org/
Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ye, J. (2024). Research on the application of vocal music teaching methods and techniques in colleges and universities based on proportional integral differentiation algorithm. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns-2024-1327 DOI: https://doi.org/10.2478/amns-2024-1327
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan. JPPP: Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran, 3(2), 147-153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758 DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Zhang, J. (2024). Backward differentiation formula method and random forest method to solve continuous-time differential Riccati equations. Asian Journal of Control. https://doi.org/10.1002/asjc.3494 DOI: https://doi.org/10.1002/asjc.3494
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muthia Naziroh Hutasuhut, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.