Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Motivasi Murid Mengikuti Program Tasmi’ Di Kauny Quranic School Raudhatul Ilmi Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1468Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Guru, Murid, Motivasi, Tasmi’Abstract
Kauny Quranic School Raudhatul Ilmi merupakan lembaga pendidikan Al-Qur'an yang berkomitmen untuk membentuk generasi muda dengan membekali hafalan dan pemahaman Al-Quran. Dalam upaya untuk memenuhi komitmen ini, dilaksanakan program rutin Tasmi’ untuk meningkatkan motivasi murid dalam menghafal dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an yang dimiliki oleh murid. Namun dalam praktiknya, murid tidak bisa terlepas dari motivasi seorang guru dalam mengatasi kekhawatiran atau rasa tidak percaya diri untuk mengikuti program tasmi’. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul komunikasi interpersonal dalam meningkatkan motivasi murid mengikuti program tasmi’ di kauny quranic school raudhatul ilmi kota Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui proses dan hambatan dalam komunikasi interpersonal antara guru dan murid dalam meningkatkan motivasi murid mengikuti program tasmi’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori penetrasi sosial yang memiliki empat tahapan dalam proses komunikasi interpersonal yaitu tahapan orientasi, pertukaran penjajakan afektif, pertukaran afektif dan pertukaran stabil. Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa komunikasi interpersonal guru dan murid mengikuti tahapan penetrasi sosial dan dengan memenuhi keempat komponen motivasi dalam model ARCS Keller. Terdapat juga hambatan dalam komunikasi interpersonal yang terjadi, yaitu hambatan psikologis.
References
Alfaini, Zakiah Amini. “Komunikasi Antar Pribadi Guru Dengan Murid Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Sungailiat Bangka.” Ilmu Komunikasi 4 (2021): 30–37. DOI: https://doi.org/10.47995/jik.v4i2.75
Alhasbi, Faruq, Ramli, Ali Asfar, Rahayu Setyaningsih, Khodijah Ismail, Tuti Khairan Harahap, Rizka Nugraha Pratikna, et al. Pengantar Ilmu Komunikasi. Sukoharjo: PT Tahta Media Group, 2023.
Alifah Khairunnisa, Murid Kauny Quranic School Raudhatul Ilmi Kota Palembang, wawancara tanggal 23 Oktober 2024.
Amalia, Umamah Rizky, A Mujahid Rasyid, and Ikin Asikin. “Penerapan Metode Tasmi’ Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2024): 169–76. DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13560
Amin, Syaifullah. Al-Qur’an Hadis. Edited by H. Ahmad Fawaid. Jurnal Sains Dan Seni ITS. 1st ed. Vol. 6. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, 2017.
Anggraini, Citra, Denny Hermawan Ritonga, Lina Kristina, Muhammad Syam, and Winda Kustiawan. “Komunikasi Interpersonal.” Jurnal Multidisiplin Dehasen 1, no. 3 (2022): 337–42. DOI: https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Annisa Safirah, Murid Kauny Quranic School Raudhatul Ilmi Kota Palembang, wawancara tanggal penelitian, 23 Oktober 2024.
Anwar, Fatah Saiful, and Erni Munastiwi. “Implementasi Program Tahfidz Di Mts Al-Muhsin II Dalam Menumbuhkan Minat Tilawatil Quran.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 6, no. 1 (2021): 25–36. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9356
Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 1–9. DOI: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Asih, Aulia Kartika. “Komunikasi Antarpribadi Atasan Dan Bawahan Di Biro Akademik Dan Kemahasiswaan Universitas Lampung.” Universitas Lampung, 2022.
Astuti, Tutut Rahayu, Elvira Destiansari, and Gusmelia Testiana. “Analisis Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.” Bioilmi: Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (2022): 54–59. DOI: https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12922
Astuty, Henny Sri, Giandari Maulani, Kelik Wachyudi, and West Java. Komunikasi Pendidikan. Edited by Andri Cahyo Purnomo. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka, 2024.
Demian Adyra, Murid Kauny Quranic School Raudhatul Ilmi Kota Palembang, wawancara tanggal penelitian, 23 Oktober 2024.
Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara Badan Pemeriksa Keuangan. “Database Peraturan.” Accessed September 20, 2024. https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005.
Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara Badan Pemeriksa Keuangan. “Database Peraturan.” Accessed September 20, 2024. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Edo Pamirsa, Penanggung Jawab Kauny Quranic School Raudhatul Ilmi Kota Palembang, wawancara tanggal 27 Oktober 2024.
Faidlatul Habibah, Astrid, Fakhira Shabira, and Irwansyah Irwansyah. “Pengaplikasian Teori Penetrasi Sosial Pada Aplikasi Online Dating.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3, no. 1 (2021): 44–53. DOI: https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.183
Hanum Wahyu Diyanti, Awalya. “Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 11, no. 3 (2022): 105.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Edited by Adriyani Kamsyach. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Lestari, Poppy Ruliana, dan Puji. Teori Komunikasi. 1st ed. Depok: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT), 2019.
M. Wildan Galih Perdana, Putri Aisyiyah Rachma Dewi. “Proses Penetrasi Sosial Pada Perempuan Dalam Membangun Hubungan Romantis Melalui Aplikasi Kencan Online Bumble Di Surabaya.” The Commercium 5, no. 2 (2022): 225–37.
MetodeKauny.com. “Metode Kauny - Menghafal Semudah Tersenyum.” Accessed November 9, 2024. https://metodekauny.com/.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Nurasiah, Nurasiah, dan Zulkhairi Zulkhairi. “Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11, no. 4 (2021): 658. DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v11i4.5403
Pamungkas, Anggit, dan Khusnul Khotimah. “Komunikasi Interpersonal Dalam Peningkatan Kinerja ASN BKPSDM Kabupaten Banyumas.” Jurnal Komunikasi Dan Media 1, no. 2 (2022): 103–14.
Rahman, Abdul, Ni Made Wirastika Sari, Fitriani, Anton Priyo Nugroho, Nurjanna Ladjin, Eko Haryanto, Ade Putra Ode Amane, Ahmadin, dan Amtai Alaslan. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Edited by Aas Masruroh. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.
Rahmatin. “Teknik Menjaga Hafalan Al-Qur’an Dengan Metode Tasmi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Al-Manshury.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 2 (2022): 4945–52.
Rakhmawati, Yuliana. Komunikasi Antarpribadi. Edited by Nikmah Suryandari. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara, 2019.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif” 17, no. 33 (2018): 81–95. DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rinda Cecilia Ulinda, Guru Kauny Quranic School Raudhatul Ilmi Kota Palembang, wawancara tanggal penelitian, 27 Oktober 2024.
Roudhonah. Ilmu Komunikasi. Revisi. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2019.
Salsabila, Zuha Prisma, dan Nur Rohmatun Nisa. “Tugas, Fungsi Dan Peran Guru Profesional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 (2022). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Shanaz, Nadya Valerie. “Teori Penetrasi Sosial Dalam Pengungkapan Diri Homoseksual Kepada Keluarganya.” JRK (Jurnal Riset Komunikasi) 11, no. 2 (2021): 188–203. DOI: https://doi.org/10.31506/jrk.v11i2.10071
Simanjuntak, Dahliati. “Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Menghafal Al-Qur’an.” Al FAWATIH: Jurnal Kajian Al Quran Dan Hadis 2, no. 2 (2023): 92–101. DOI: https://doi.org/10.24952/alfawatih.v2i2.5613
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2020.
Tawakkal, George Towar Ikbal, dan Ahmad Zaki Fadlur Rohman. Metode Penelitian Kualitatif: Penerapan Pada Kajian Politik Pemerintahan. Malang: UB Press, 2022.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Edited by Tarmizi. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Winda Kustiawan, Irma Yanti Lubis, Natasya, Ika Sartika, Faradia Kristanti Dewi, dan Ilham Anggianto Tris Supriadi. “Teori Penetrasi Sosial.” Edukasi Non Formal 3, no. 2 (2022): 303–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rima Medista Elmi, Eni Murdiati, Muhammad Randicha Hamandia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.