Transformasi Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia dan Kontribusinya terhadap Sistem Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i3.1543Keywords:
Ilmu Pendidikan, Kontribusi, Pemikiran Pendidikan IslamAbstract
Artikel ini membahas dinamika transformasi pemikiran pendidikan Islam di Indonesia sejak era Orde Lama, Orde Baru, hingga era Reformasi, serta kontribusinya terhadap sistem pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi historis dan kepustakaan untuk menelusuri perkembangan konseptual, kelembagaan, dan kebijakan pendidikan Islam di berbagai periode sejarah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam mengalami perkembangan signifikan dari pendekatan tradisional berbasis pesantren menuju model yang lebih modern, inklusif, dan interdisipliner. Tokoh-tokoh seperti KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, Harun Nasution, dan Azyumardi Azra turut memberi kontribusi penting dalam merumuskan paradigma pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan zaman. Kontribusi pendidikan Islam terhadap sistem pendidikan nasional tercermin dalam integrasi kurikulum, penguatan karakter keislaman, serta pembentukan lembaga pendidikan tinggi Islam. Meskipun demikian, tantangan seperti dikotomi ilmu, kesenjangan kualitas, dan kebutuhan pembaruan pedagogi masih menjadi isu yang harus diatasi. Artikel ini merekomendasikan perlunya pengembangan pendidikan Islam yang berkelanjutan dan kontekstual untuk memperkuat sistem pendidikan nasional yang berdaya saing dan berakar pada nilai-nilai keislaman.
References
Alfi, A. M., Febriasari, A., & Azka, J. N. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam melalui Teknologi. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(4), 511–522.
Ali, M., & Amiruddin. (2020). Ma’had Aly Sebagai Solusi Dalam Mempertahankan Kualitas Pendidikan Dayah Di Era 4.0. Jurnal Al-Fikrah, 9(2), 168–181.
Anam, M. S., & Solihah, M. (2024). Memahami Kebijakan Kurikulum Nasional Tahun 1947 dan 1952. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 9313–9317. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5271
Astuti, D. R., & Wibisono, M. Y. (2022). Tinjauan Sejarah atas Peran Organisasi Kemasyarakatan Islam pada Pembangunan Indonesia. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 2(1), 121–130. DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v2i1.16882
Azizah, N. (2021). Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Konsep Pendidikan. TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 25–32. DOI: https://doi.org/10.59098/talim.v2i1.805
Febriana, L., & Firmasari, D. (2021). Dualisme dan Dikotomi Pendidikan di Indonesia (Tinjauan Historis dan Telaah Kebijakan Pemerintah). Jurnal El-Ta’dib, 1(2), 175–188.
Fitri, A. N., Sutarjo, & Karyawati, L. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut K.H. Ahmad Dahlan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1049–1053. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3439
Hasan, M. N. (2015). Upaya Menjadikan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Unggul. Wahana Akademika, 2(2). DOI: https://doi.org/10.21580/wa.v2i2.380
Hasanah, U. U., Nursholichah, K. U., Suleman, M. A., Marliansyah, & Febriansyah, R. (2024). Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Kontemporer. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 160–177. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i4.1957 DOI: https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i4.1957
Hidayat, M. (2014). Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan Paradigmatik dan Implementatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dib, 19(2), 276–287.
Ikhwan, A. (2017). Kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi. Edukasi, 5(1), 14–32. DOI: https://doi.org/10.32507/fikrah.v1i2.1
Ismail. (2016). Politik Pendidikan Islam Orde Lama 1945-1965 (Study Kebijakan Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam). Kabilah, 1(1), 142–172.
Isnaniatun, N., Oktaviani, S., & Pratama, D. A. N. (2024). Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia (Kh. Ahmad Dahlan dan Kh. Hasyim Asy’ai). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(6), 273–277.
Jailani, M. S., & Muhammad, M. (2019). Kilas Balik Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia pada Masa Orde Baru (1967-1997). Jailani, M. S., & Muhammad, M. (2019). Kilas Balik Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia pada Masa Orde Baru (1967-1997), 19(1), 15–26. DOI: https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.75
Karmiati, L. (2023). Analisis Islam pada Masa Orde Baru Tahun 1966-1998. Tanjak: Sejarah dan Peradaban Islam, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.19109/tanjak.v3i1.18183 DOI: https://doi.org/10.19109/tanjak.v3i1.18183
Marzuenda. (2022). Kebijakan Pendidikan Islam Masa Reformasi. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 11(1), 61–74. DOI: https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i1.535
Muhajirin, Su’adi, & El Widdah, M. (2024). Kebijakan Pendidikan di Masa Orde Baru. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 3853–3864. https://www.neliti.com/publications/226411/politik-kebijakan-pemerintah-terhadap-pendidikan-agama-islam-di-masa-orde-baru
Mursyid, F., Azwar, B., & Putri, D. P. (2020). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Menurut KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Institut Agama Islam Negeri Curup.
Musaddad, A. (2025). Perkembangan Madrasah di Indonesia dalam Perspektif Historis dan Tantangan Kontemporer. Nusantara Journal of Islamic Studies, 6(1), 11–25. https://doi.org/10.54090/mu.32 DOI: https://doi.org/10.54090/mu.32
Musyrifin, Z. (2016). Pemikiran Nurcholis Madjid tentang Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Madaniyah, 2(11), 315–326.
Mutaqin, J., Nurzakiah, Amirudin, I., Rizky, R., Fauziah, S., & Amirudin, J. (2025). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Solusi. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 2(1), 1487–1496.
Nabila, S., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 22(9), 834–840.
Nelwati, S., Alwa, I. M., Anggraini, M., & Syahdiandra. (2025). Tokoh Pendidikan Islam yang Berpengaruh di Indonesia. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 264–276.
Nilawati, S., Hifza, & Achruh, A. (2023). Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 108–115. https://doi.org/10.58540/pijar.v2i1.492 DOI: https://doi.org/10.58540/pijar.v2i1.492
Noor, W. (2018). Azyumardi Azra: Pembaruan Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam di Indonesia. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 19–28. DOI: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.827
Nuryani, Noviani, D., & Syawalia, E. (2022). Dikotomi Ilmu, Islamisasi Sains dan Spiritualisasi Human Being dalam Pendidikan Islam. CONTEMPLATE: Jurnal Studi-studi Keislaman, 3(2), 1–15.
Rahmawati, R. (2022). Repelita : Sejarah Pembangunan Nasional di Era Orde Baru. ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan dan Kesejarahan, 9(2), 36–42.
Ramadhan, F. S., Anggoro, N. R. C., Pramono, M. S., & Indradaffa, G. A. (2024). Sejarah Pendidikan Indonesia Masa Orde Baru : Menguak Keberhasilan dan Kegagalan Kebijakan Pemerintah Orde Baru dalam Bidang Pendidikan. Chronologia4, 6(1), 44–55. DOI: https://doi.org/10.22236/jhe.v6i1.11920
Rosila, I., & Khobir, A. (2025). Kontribusi Nahdlatul Ulama dalam Pengembangan Pendidikan di Indonesia Pasca-Kemerdekaan: Sebuah Kajian Sejarah dan Transformasi Sosial. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 3(1), 191–209. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i1.1495
Rusli, A. Bin. (2019). Mukti Ali dan Tradisi Pemikiran Agama di Indonesia. Potret Pemikiran, 23(1), 10–18. DOI: https://doi.org/10.30984/pp.v23i1.929
Saefurrohman, G. U., Madnasir, Devi, Y., Bahrudin, M., & Wicaksono, R. N. (2022). Analisis Dampak Transformasi IAIN Menjadi UIN dan Strategi Terhadap Perkembangan Keilmuan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1598–1609.
Sahrawi. (2022). Implementasi Pemikiran Harun Nasution dalam Dunia Pendidikan Islam. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 53–77. DOI: https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i1.2719
Sholeh. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Konsep Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas). Jurnal Al-hikmah, 14(2), 209–221. DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1029
Silvia, A., & Khoirul, M. (2024). Pemikiran Pendidikan Islam Periode Kemerdekaan. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 4(1), 54–72. DOI: https://doi.org/10.36420/eft.v4i01.443
Tambak, H. M., Rajab, H., & Faisal, M. (2022). Dinamika Kelembagaan Pendidikan Islam (Perbandingan Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu). Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 84–94. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i2.3109
Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389–395. DOI: https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748
Usman, M. I. (2013). Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Jurnal Al Hikmah, 14(1), 101–119.
Usri. (2019). Kontribusi Pendidikan Islam Menuju Indonesia Maju Usri. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 201–2016. DOI: https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1149
Utami, S. F. D., Nuraryadi, M. R., & Almauqy, M. F. F. (2024). Transformasi dan Pengaruh Kebijakan Pendidikan pada Masa Orde Baru di Indonesia. Jurnal Studi Sejarah dan Pengajarannya, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.3783/DEWARUCI.v2i9.2461
Wibowo, Y. R., Sapruddin, Ayunira, L. M., & Rahelli, Y. (2024). Integrasi Teori Belajar Konstrutivisme dan Nilai-nilai Pendidikan Islam. JIPI: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 247–271.
Ya’kub, & Rama, B. (2024). Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 15(1), 75–93.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afif Kholidin, Masturin, Ida Nur Lailatul Kodriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.