Sholat Jum'at sebagai Media Pembentukan Kesadaran Sosial Keagamaan Mahasiswa UIN Suska Riau

Authors

  • Yulia Putri Ramadhani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Annisa Salsabila Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Viona Putri Ramadhan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dinda Auliya Safitri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Miftahir Rizqa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i4.1814

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Sosial Keagamaan, Shalat Jumat, Mahasiswa, Kampus Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk kesadaran sosial keagamaan mahasiswa, khususnya melalui penyelenggaraan Shalat Jumat di Masjid Darul Amal Kampus UIN Suska Riau. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena rendahnya partisipasi mahasiswa putra dalam melaksanakan Shalat Jumat secara rutin, meskipun berada di lingkungan kampus Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI memiliki kontribusi penting dalam membentuk kesadaran sosial keagamaan mahasiswa, khususnya dalam membangun komitmen spiritual dan kepedulian sosial. Informan menyatakan bahwa Shalat Jumat tidak hanya memiliki makna ibadah, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa dan menjadi sarana pendidikan akhlak. Akan tetapi, masih ada mahasiswa yang lalai melaksanakan Shalat Jumat karena faktor kemalasan, minimnya pendidikan agama yang mendasar, dan pengaruh lingkungan. Pendidikan agama yang bersifat praktis, reflektif, dan disertai pembinaan seperti pendampingan dinilai efektif dalam meningkatkan kesadaran tersebut. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pendekatan PAI yang tidak hanya menitikberatkan pada teori, tetapi juga menekankan pada praktik keagamaan dan pendekatan sosial. Dengan demikian, pelaksanaan shalat Jumat dapat menjadi instrumen strategis dalam membangun kesadaran sosial dan keagamaan mahasiswa di lingkungan kampus Islam.

References

Al-Hafidz, A. (2023). Pengaruh budaya akademik kampus terhadap kesadaran keagamaan mahasiswa. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 6(1), 45–56.

Asril, Z. (2024). Pembentukan kecerdasan sosial mahasiswa melalui perkuliahan agama Islam di perguruan tinggi negeri. Khalifa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.24036/kjie.v5i1.114

Bahri, S. (2021). Pendidikan agama Islam sebagai pondasi karakter religius mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 4(1), 20–35.

Fauzan, R. (2020). Pelaksanaan Sholat Jum'at di lingkungan kampus dan pengaruhnya terhadap kesadaran mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 101–112.

Fauziah, L. (2023). PAI kontekstual untuk meningkatkan kesadaran ibadah. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 5(2), 44–57.

Fitriani, R., Yusran, A., & Rahmawati, N. (2024). Pandangan filsafat pendidikan Islam dalam membangun kesadaran sosial dan kemanusiaan. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(4), 201–213.

Haibah, A., Wahyuni, AS, & Sari, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 55–67.

Haidar, R., & Nasution, S. (2023). Strategi kurikulum berbasis ibadah dalam pembentukan karakter mahasiswa muslim. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 7(1), 50–62.

Hajar, A. (2024). Transformasi pendidikan Islam untuk keberlanjutan lingkungan dan sosial. Sinergi International Journal of Islamic Studies, 2(2), 82–95. https://doi.org/10.61194/ijis.v2i2.601

Hasanah, U., & Mahfud, C. (2020). Efektivitas mentoring keagamaan dalam membangun kedisiplinan ibadah mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 20–34.

Ibrahim, A. (2022). Konsep ibadah sosial dalam perspektif Islam. Jurnal Studi Islam Sosial, 7(1), 11–24.

Isnaini, F. (2023). Pembinaan spiritual terjadwal dalam meningkatkan kesadaran sosial mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 78–90.

Jamil, S., Nurlaela, L., & Laili, U. (2023). Pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk kesadaran sosial dan kemanusiaan. Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 35–46.

Latifah, S., & Amalia, R. (2021). Kajian implementasi pendidikan karakter melalui ibadah wajib. Jurnal Ilmu Pendidikan Agama Islam, 2(1), 56–68.

Muhaimin. (2012). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam: Teoritis dan praktis. Jakarta: Rajawali Pers.

Mujiburrahman. (2017). Agama dan integrasi: Telaah teori Durkheim. Jurnal Sosiologi Reflektif, 11(2), 185–200.

Nurdin, F. (2021). Peran masjid kampus sebagai pusat pembinaan spiritual. Jurnal Arsitektur dan Lingkungan Islam, 4(2), 23–36

Qardhawi, Y. (2001). Prioritas gerakan Islam: Dalam tahapan dakwah. Jakarta: Gema Insani.

Qatawneh, M., & Al Naimat, S. (2022). Peran nilai-nilai Islam dalam membentuk etika lingkungan di kalangan siswa. Jurnal Etika dan Pendidikan Internasional, 6(1), 15–29.

Ramadhan, T., & Khalid, A. (2024). Kolaborasi organisasi kemahasiswaan dan dosen dalam membentuk budaya ibadah di kampus. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 3(1), 40–52.

Rohmah, N., & Lestari, S. (2021). Hubungan pembiasaan sholat dengan kepedulian sosial peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam dan Karakter, 5(2), 88–101.

Sahri, S., & Aziz, S. (2023). Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan pada generasi muda. Jurnal Studi Pendidikan Islam AL WIJDĀN, 8(4), 490–502. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i4.2973

Salamah, L., Fitri, D., & Azzahra, N. (2021). Pembiasaan ibadah berjamaah dan pembentukan karakter sosial. Jurnal Pendidikan Islam Terapan, 3(1), 14–27.

Suparman, A. (2022). Lingkungan religius kampus sebagai faktor penentu kesadaran ibadah mahasiswa. Jurnal Studi Agama dan Perilaku, 5(2), 75–89.

Syamsuddin, M. (2023). Sholat berjamaah dan kebiasaan religius mahasiswa. Jurnal Pengembangan Pendidikan Islam, 8(2), 67–79.

Wulandari, R., Syifa, M., & Pratama, D. (2022). Pengaruh komunitas keagamaan kampus terhadap kedisiplinan ibadah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 4(2), 120–135.

Yusuf, I. (2022). Efek budaya kampus terhadap pelaksanaan sholat Jumat mahasiswa. Jurnal Budaya dan Pendidikan Islam, 3(2), 90–105.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Ramadhani, Y. P., Salsabila, A., Ramadhan, V. P., Safitri, D. A., & Rizqa, M. (2025). Sholat Jum’at sebagai Media Pembentukan Kesadaran Sosial Keagamaan Mahasiswa UIN Suska Riau. Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i4.1814

Issue

Section

Articles