Muhkam Wa Al-Mutassyabihat

Authors

  • Umar Al Faruq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml
  • Alvin Faiz Rusdian Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml
  • Tasyanda Salsabila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.448

Abstract

Mukjizat untuk umat muslim tidak lain adalah Al-qur’an adalah kitab suci yang memunculkan berbagai disiplin ilmu dan pembahasan seperti Al muhkamat dan Al mutasyabihat. Adapun Al-muhkamat adalah ayat yang jelas maknanya sedangkan Al-mutasyabihat merupakan ayat yang masih samar maknanya. Pembahasan muhkamat mutasyabihat tidak lepas dari pandangan para ulama, termasuk ulama madzab salaf, madzab khalaf, dan madzab moderat. Hal tersebut dikarenakan ayat yang termasuk ayat mutasyabihat mengharuskan menggunakan pemahaman mendalam atau menggunakan suatu metode. Dari hal tersebut memunculkan hikmah yang penting seperti manusia tidak bisa menyombongkan keilmuannya, sebab seberapa luas ilmu manusia tetap saja ada kelemahannya serta menguji akal nalar manusia untuk meyakini hal yang tidak mungkin agar memperkuat iman.

References

Al-quran, D. (n.d.). Al-Ishlah Al-Ishlah, 246–256.

Armann-Keown, V. (2020). Content analysis in library and information research: An analysis of trends. Library and Information Science Research, 42(4). https://doi.org/10.1016/j.lisr.2020.101048 DOI: https://doi.org/10.1016/j.lisr.2020.101048

Badiah, S. (2023). Hikmah dan nilai-nilai pendidikan adanya ayat-ayat Muhkamat dan Mutasyâbihat dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(1), 107–123.

Chiu, D. K. W. (2022). Editorial: 40th anniversary: contemporary library research. Library Hi Tech, 40(6), 1525–1531. https://doi.org/10.1108/LHT-12-2022-517 DOI: https://doi.org/10.1108/LHT-12-2022-517

Dewi, D. R., & Hutomo, G. S. (2020). Hikmah dan Nilai-nilai Pendidikan Adanya Ayat-ayat Muhkamat dan Mutasyabihat dalam Al-Qur’an. Islamika, 2(1), 63–83. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.426 DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.426

Granikov, V. (2020). Mixed methods research in library and information science: A methodological review. Library and Information Science Research, 42(1). https://doi.org/10.1016/j.lisr.2020.101003 DOI: https://doi.org/10.1016/j.lisr.2020.101003

Kritis, S., & Quraish, P. (2018). Dalam al-qur’an, 91–106.

Refki, R., & Najiah, A. (2022). Sikap ulama terhadap ayat Mutasyabihat dalam Alquran. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis, 2(2), 169–179. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i2.31 DOI: https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i2.31

Rokib, M., & Najib, B. (2024). Hikmah adanya ayat-ayat Muhkam dan Mutasyabih dalam Al-Qur’an. Al-Qadim: Journal Tafsir dan Ilmu Tafsir, 1(1), 63–74.

Sari, R. K. (2021). Penelitian kepustakaan dalam penelitian pengembangan pendidikan bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249 DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Silahuddin, A., & Sumatera-selatan, P. (n.d.). Muhkam dan Mutasyabih dalam Ulumul Qur’an, 123–142.

Turmuzi, M., Tsuroya, F. I., Konsentrasi, H., Al-Qur, A., Uin, S., & Kalijaga, Y. (2022). Studi Ulumul Qur’an: Memahami kaidah Muhkam-Mutasyabih dalam Al-Qur’an. Juni, 3(1), 584.

Yanti, N. (2022). Memahami makna Muhkamat dan Mutasyabihat dalam Al-Qur’an. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 246–256.

Zhang, H. (2022). Research on retrieval and matching methods in Scenario Library. Proceedings of SPIE - The International Society for Optical Engineering, 12178. https://doi.org/10.1117/12.2631841 DOI: https://doi.org/10.1117/12.2631841

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Faruq, U. A., Rusdian, A. F., & Salsabila, T. (2024). Muhkam Wa Al-Mutassyabihat. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.448

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)