Pengembangan Media MonoEdu dalam Kampus Mengajar Untuk Peningkatan Literasi Numerasi

Authors

  • Rizky Mubarak Daha Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.702

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa kampus mengajar terhadap literasi dan numerasi peserta didik,yang mana ini dilatarbelakangi dari Sekolah menengah pertama nidhomuddin taman yang berlokasikan di pinggiran kabupaten.hasil observasi peneliti memberikan kesimpulan bahwa observasi awal , peneliti menemukan bahwa peserta didik kurang memahami dan mempraktikkan literasi dan numerasi yang baik dan benar  seperti perkalian dua digit ataupun pembagian menggunakan porogapit lalu penggunaan bahasa yang baik dan benar ketika bertemu dengan teman ataupun orang yang lebih tua.maka dari itu mahasiswa kampus mengajar sangat berperan dalam peningkatan literasi dan numerasi yang dilakukan dengan grounded theory menggunakan pendekatan interaktif.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866 DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Adzani, M. R., & Salahuddin, R. (2022). Flashcard Sentence As a Media for Increasing Elementary School Students’ Literacy Understanding. Jurnal Pendidikan Islam, 05(03), 401–410. DOI: https://doi.org/10.37758/jat.v5i3.511

Amir, A., Linda, R., Sari Juane Sofiana, M., Satyahadewi, N., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., & Tanjungpura, U. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN ADAPTASI TEKNOLOGI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR No 5 SEJAJAH KABUPATEN BENGKAYANG. Jurnal Pendidikan Dasar Perkasa, 8(2), 163–172. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1959

Astutik, A. P., Untari, R. S., & Putri, A. M. (2021). Penggunaan Media Animasi “Muroja’ah for Kids” untuk Meningkatkan Hafalan Anak. Community Empowerment, 6(4), 682–687. https://doi.org/10.31603/ce.4579 DOI: https://doi.org/10.31603/ce.4579

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Bergmann, N., Lachmayr, N., Mayerl, M., & Pretterhofer, N. (2021). Frauen in technischen Ausbildungen und Berufen: Fokus auf förderliche Ansätze. econstor.eu. https://www.econstor.eu/bitstream/10419/278135/1/1789650828.pdf

Bernabeo, K. (2019). Gli stereotipi nella storia delle donne: Verso l’educazione di genere a partire dalla prima infanzia. torrossa.com. https://www.torrossa.com/it/resources/an/4632474

Böhnisch, L. (2019). Soziale Theorie der Schule. books.google.com. https://books.google.com/books? DOI: https://doi.org/10.36198/9783838551562

hl=en&lr=&id=WwSQDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=monoedu&ots=BzkOqYer_g&sig=qwB49OezPIGmvedxOeLab1u-fwM

Gruehn, S., & Koinzer, T. (2019). Gesellschaftliche Funktionen privater katholischer Schulen: Programmatik und empirische Befunde. Katholische Schulen. https://brill.com/downloadpdf/book/edcoll/9783657792399/BP000004.pdf DOI: https://doi.org/10.30965/9783657792399_004

Helmi, M., Gaol, L., Siahaan, M. M., Aryini, Y., & Hutasoit, R. (2022). Peran Mahasiswa dalam Penguatan Literasi Membaca di SD Negeri 173320 Siborutorop melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Pendahuluan Kampus mengajar adalah salah satu program merdeka belajar yang dicetuskan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan RI . 5636(3), 270–274. DOI: https://doi.org/10.37478/abdika.v2i3.2073

Ilg, W. (2021). Jugendarbeit gestalten. books.google.com. https://books.google.com/books?

hl=en&lr=&id=7LfkEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=monoedu&ots=P8KbeP8AV0&sig=iADvmN-NNSuwhwJuQOOpPClKK5c

Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3), 464–471. https://doi.org/10.31603/ce.4425 DOI: https://doi.org/10.31603/ce.4425

Kharkhurin, A. V. (n.d.). The Implications of Plurilingual Creativity to Education. Foi.Hse.Ru. https://foi.hse.ru/mirror/pubs/share/348449499.pdf

Koinzer, S. G. T. (n.d.). Gesellschaftliche Funktionen privater katholischer Schulen. Katholische Schulen. https://brill.com/downloadpdf/edcollbook/title/53562.pdf#page=39

Nold, A. (2023). “ Hey Juhunngs...”-Koedukation, sprachliche Adressierung und Stereotypisierung von Verhalten im Sportunterricht. ub01.uni-tuebingen.de. https://ub01.uni-tuebingen.de/xmlui/handle/10900/134101

Nuraeni, R., Mulyati, S., Putri, T. E., Rangkuti, Z. R., Pratomo, D., Ak, M., Ab, S., Soly, N., Wijaya, N., Operasi, S., Ukuran, D. A. N., Terhadap, P., Sihaloho, S., Pratomo, D., Nurhandono, F., Amrie, F., Fauzia, E., Sukarmanto, E., Partha, I. G. A., … Abyan, M. A. (2017). LANDASAN SOSIOLOGIS DALAM PENDIDIKAN. Diponegoro Journal of Accounting, 2(1), 2–6.

Obermeier, R., Hagenauer, G., & ... (2021). Who feels good in school? Exploring profiles of scholastic well-being in secondary-school students and the effect on achievement. International Journal of …. https://www.academia.edu/download/85228426/main.pdf DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100061

Pasca Himawati, I., & Habibah, U. (2022). Pelaksanaan kampus mengajar dalam rangka meningkatkan peran mahasiswa Di SDN 95 Kabupaten Kaur, Bengkulu. Unri Conference Series: Community Engagement, 3, 629–635. https://doi.org/10.31258/unricsce.3.629-635 DOI: https://doi.org/10.31258/unricsce.3.629-635

Pemalang, K., Tengah, P. J., Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., Robani, M. E., & Kunci, K. (2021). Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 02 Longkeyang ,. … Bahasa, Sastra, Dan …, 1, 1–5.

R. Septianingsih,D. Safitri, S. S. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589 DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Ramadani, N. K. (2022). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa di Masa Pandemi. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program …, 23, 472–478.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Supartini, M., Ilmu, P., Sosial, P., & Sarjana, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 1858–4985.

Thanzani, A. (2022). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan …, 213–222.

Utami, E. L., Mulyadiprana, A., & Saputra, E. R. (2023). Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 302–312. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2550 DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2550

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725 DOI: https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725

Yafi, M. A., Hidayati, D. N., Beny Asfuri, N., Budi Santoso, A., Sasmito, L. F., Nugroho, I. S., Ambarsari, R. Y., & Aditama, M. G. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Peningkatan Kapasitas Numerasi Dan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar 3 Di Sd Negeri 04 Tuban. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 71–76. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i1.2401 DOI: https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i1.2401

Yorri Didit Setyadi, Dwi Wulandari, Lutfi Dwi Lestari, Wa Ode Meliasari, & Ifit Novita Sari. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542–1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592 DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Daha, R. M., & Astutik, A. P. (2024). Pengembangan Media MonoEdu dalam Kampus Mengajar Untuk Peningkatan Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.702

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)