Implementasi Metode Takrir dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Juz Ke-30 pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Siswa Kelas V (Lima) di MI Nurul Falah Cibalongsari
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.814Keywords:
Metode Takrir, Kemampuan menghafal Al-Qur’an, Mata Pelajaran Al-Quran HadisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.) Implementasi metode takrir dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an juz ke-30 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V (lima) di MI Nurul Falah Cibalongsari, 2). hasil yang dicapai pada Implementasi metode takrir dalam meningkatkan kemampaun menghafal Al-Qur’an juz ke-30 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Siswa kelas V (lima) di MI Nurul Falah Cibalongsari, 3.) Faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pada Implementasi metode takrir dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an juz ke-30 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V (lima) di MI Nurul Falah Cibalongsari, dan 4.) dampak yang terjadi pada Implementasi Metode Takrir dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an Juz Ke-30 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V (lima) di MI Nurul Falah Cibalongsari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan yang bersifat deskriptif, data penelitian ini didapatkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Takrir di MI Nurul Falah diterapkan tiga kali seminggu selama 2 jam dengan silabus dan penilaian untuk hafalan Al-Qur'an. Hasilnya, siswa mampu menghafal juz 30 dengan cepat, fasih, dan tepat. Hambatannya meliputi keterbatasan waktu dan kemalasan siswa, sedangkan pendukungnya adalah peran aktif guru dan orang tua serta fasilitas yang memadai.
References
Al-Juraisy, S. M. M. N. (2016). Panduan Lengkap dan Praktis Ilmu Tajwid : Kumpulan Hukum Membaca Al-Qur’an dengan Benar Menurut Riwayat Paling Benar. DEPOK : Fathan Prima Media., 2016.
Faisal, M. (2021). THE INTEGRATION OF KKNI, SNPT, AND THE INTEGRATION-INTERCONNECTION PARADIGM IN CURRICULUM DEVELOPMENT AT PTKI. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(2), 309–328. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.528 DOI: https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.528
Ghani, R. A. (2016). A secondary research on human endocrine physiology in the Al-Qur’an and the Ahadith. International Medical Journal Malaysia, 17, 5–10.
Güldütuna, H. D. (2022). The Concept of the Goodly Life (Ḥayāt Ṭayyiba) in the Works of Kenan Rifā‘ī. Journal of Islamic and Muslim Studies, 7(2), 50–82. https://doi.org/10.2979/ims.2022.a896987 DOI: https://doi.org/10.2979/ims.2022.a896987
Hanindita, H. (2010). Teknik Pengambilan Sumber Data. 24–31.
Hidayah, N. (2024). Development of thematic e-modules based on environmental education, local wisdom, and Islamic value in elementary school. AIP Conference Proceedings, 3058(1). https://doi.org/10.1063/5.0207287 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0207287
Mashuri, I., & dkk. (2022). Implementasi Metode Tikrar dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas IX MTs Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 99–122.
Miftahuddin. (2024). Islamic character education model: An in-depth analysis for Islamic boarding school. Cakrawala Pendidikan, 43(2), 370–380. https://doi.org/10.21831/cp.v43i2.66516 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v43i2.66516
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press.
Musrizal, Hadi, M., & Anita, D. (2023). Upaya Teungku Dayah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Baru Dayah Ihdal Ulum Al-Aziziyah. Al Ilmu: Jurnal Keagamaan Dan Ilmu Sosial, 9(1), 1–11. DOI: https://doi.org/10.31602/alsh.v9i1.9960
Radzol, A. R. M. (2023). Islamization of Engineering Education: A Control Systems Theory Perspective. 2023 IEEE 12th International Conference on Engineering Education, ICEED 2023, 7–12. https://doi.org/10.1109/ICEED59801.2023.10264028 DOI: https://doi.org/10.1109/ICEED59801.2023.10264028
Rahman, N. A. (2020). Integration of tauhidic elements for environmental education from the teachers’ perspectives. Religions, 11(8), 1–17. https://doi.org/10.3390/rel11080394 DOI: https://doi.org/10.3390/rel11080394
Safira, M. (2024). Implementasi Metode Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Tpa Al-Fattah Peuniti Banda Aceh. Skirpsi, 60.
Salda, M. I. (2018). Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh. Makna Ummi Dan Penisbahannya Kepada Nabi Muhammad Dalam Al-Qur’an, 62.
Syafii, A. (2021). Analysis of Items with Item Response Theory (IRT) Approach on Final Assessment for Al-Quran Hadith Subjects. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 167–194. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.181-09 DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2021.181-09
Yahya, M. A. (2017). Application of hadith memorization methods in teaching and learning: The national university of malaysia’s experiences. Turkish Online Journal of Educational Technology, 2017, 368–372.
Zarnuji, I. (n.d.). Buku Kitab Ta’lim Muta’allim : Pedoman Etika dan Metode Islami dalam Menuntut ilmu. Turos Pustaka.
Zein, M. (2020). Internalization of multicultural values on pesantren Case study at pesantren darul hikmah pekanbaru, Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 2885–2893.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irpan Maulana Karama, Astuti Darmiyanti, Yadi Fahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.