Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.858Keywords:
Discovery Learning, Pemecahan MasalahAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi fungsi.. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA 18 Surabaya di kelas XI-8 dengan jumlah 35 siswa , terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Masalah yang diberikan berkaitan dengan materi fungsi sebanyak satu soal berupa uraian, dengan tujuan untuk mengetahui tahapan pemecahan masalah yang dilakukan siswa. Dari 35 siswa sebanyak tiga siswa dijadikan sebagai subjek penelitian yang mengalami kesulitan pada tahap pemecahan masalah Polya yang meliputi: (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, (4) memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan materi Fungsi.
References
Abdul, J. N. G., & Aisyah, H. A. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas Iv Mis Istiqomah Islamic Fullday School Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang Abdul. XII(1), 65–87.
Ani, S. I., & Rosyidi, A. H. (2022). Merencanakan Pemecahan Masalah Kontekstual: Siswa Laki-Laki vs Siswa Perempuan. MATHEdunesa, 11(1), 97–110. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p97-110
Anizzulfa, N., Saleh, H., & Safitri, P. T. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII. Pedagogy, 8(2), 219–227.
Ashri, D. N., & Khaerunnisa, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(2), 72–81. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss2year2022page72-81
Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881
Handayani, S., & Kurniasari, I. (2023). Scaffolding dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII. 12(3), 858–880. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n3.p858-880
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157
Julaeha, J., Rosli, R., & Hendrastuti, R. A. (2022). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 2), 82–96. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.6363
Khaira, G., & Hasan, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Flanel Bagi Siswa Diskalkulia. Indonesian Journal of Instructional, 1(1), 1–8.
Malinda, I., & Tasman, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Edukasi Dan Penelitian Matematika, 2(02), 389–395. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1792
Murtafiah, M., & Amin, N. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2986
Nurdiana, A., Pgri, S., & Lampung, B. (2019). EPSILON (Jurnal Pendidikan Matematika STKIP-PGRI Bandar Lampung) ©Prodi Pendidikan Matematika Stkip-Pgri Bandar Lampung Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas X Ipa. Epsilon, 1(2), 9.
Parameswari, P., Daniel Chandra, T., & Susiwo. (2018). Pelaksanaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PtLSV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 656–670. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Ratna, & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Handayani, Abdul Haris Rosyidi, Widi Widayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.