Orientasi Pembentukan Karakter Individu yang Beretika: Peran Strategis Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpa.v1i3.335Keywords:
Anak, Etika, Keluarga, Karakter, MoralAbstract
Peran keluarga dalam membentuk karakter individu yang beretika dan faktor-faktor yang menyebabkan penurunan etika individu. Keluarga memegang peran sentral dalam membentuk kepribadian dan moral anak, melalui interaksi, pola asuh, dan teladan orang tua. Namun, berbagai faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, pengaruh budaya asing, rendahnya pendidikan keagamaan, media massa, dan kurangnya efisiensi lembaga sosial masyarakat, mempengaruhi penurunan etika individu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan yuridis normatif, menggambarkan objek penelitian dan mengkaji penerapan norma-norma dalam hukum positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memainkan peran kunci dalam pembentukan karakter, namun tantangan eksternal seperti pengaruh budaya luar dan rendahnya pendidikan keagamaan dapat menghambat proses ini. Upaya-upaya perbaikan dan kesadaran akan pentingnya peran keluarga serta perbaikan lembaga sosial masyarakat menjadi kunci dalam mengatasi penurunan etika individu.
References
Amirullah. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73–81. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466 DOI: https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Azwar, S. (2008). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dagun S.M. (2002). Psikologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Dapa, A. N., & Mangantes, M. L. (2021). Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Deepublish.
Doni Keosoema. (2010). Pendidikan Karakter Integra. Kompas, 11 Februari.
Fatmala, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD, 599–911. https://doi.org/10.18326/dinamika.v4i1.63-73 DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v4i1.63-73
Hadi, S. (2006). Metodologi Research I. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fak. Psikologi UGM.
Hardiyana, A., Afiani, W. F., & Fajria, N. R. (2022). Efektivitas Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Moral Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 27–42. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.26277 DOI: https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.26277
Harnita, I., & Arbi. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam: Menuju Merdeka Belajar yang Berlandaskan Nilai-Nilai Agama. Pendidikan Tambusai , 7(3), 29858–29865.
Ibrahim, J. (2006). Teori dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Bayumedia Publishing.
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460 DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460
Juniarthi, A., Astawa, I. N. S., & Sigai, E. R. L. (2022). Kajian Fungsi Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Pada Keluarga Hindu. Hapakat (Jurnal Hasil Penelitian), 1(1), 22–37. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/hpkt.v1i1.532
Ma’sum, T., & Ristianah, N. (2023). Proses Sosialisasi Anak: Tinjauan terhadap Dinamika Sosialisasi di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Konteks Pendidikan. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 3(2), 164–172. https://doi.org/https://doi.org/10.59240/kjsk.v3i2.45 DOI: https://doi.org/10.59240/kjsk.v3i2.45
Mansur, A. A., Latif Fatkhuriza, A., & Wijaya, D. H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Keberlangsungan Pendidikan Agama Isam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learning). Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 298–314. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.217
Marampa, E. R. (2021). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 100–115. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.46 DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.46
Marhani, A., & Anjar, Y. A. (2023). Analisa Sosiologi Terhadap Pengasuhan Anak Pada Keluarga Karir Ganda Di Gampong Jeulingke. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(3), 1–15. https://jim.usk.ac.id/FISIP/article/view/26034
Mariana, & Fathoni, T. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Islam Orang Tua Terhadap Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Mentari, 1(1), 9–16. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/42%0Ahttps://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/42/48
Megawangi, R. (2004). Pendidikan karakter. Jakarta: Supramu Santosa.
Mida Triana Zahrah, Nana Hendracipta, & Siti Rokmanah. (2023). Pengaruh Keluarga Dalam Membentuk Etika Dan Moral Anak Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1065–1076. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2046 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2046
Ngewa, H. M. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengasuhan Anak. Ya Bunayya, 1(1), 32.
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 895–902. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219 DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1219
Rahmahwati, Permatasari, I., & Ridwan, I. R. (2023). Analisis Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan Karakter Anak. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2903–2925. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10659
Rantererung, S. A. (2021). Pendidikan Keluarga dalam Membangun Karakter Anak di Sekolah. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 59–61. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.141 DOI: https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.141
Rufaedah, E. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/counselia.v1i1.2
Shalehdd, A. R. (2005). Pendidkan agama & Pembangunan Watak Anak Bangsa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Soekanto, S., & Mamudji, S. (2011). Penelitian Hukum Normatif, Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Solihah, C. (2023). Generasi Z Berkarakter Bagi Remaja, Siswa dan Mahasiswa Se-Kabupaten Cianjur. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), 159–168. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5879
Su’adah. (2005). Sosiologi Keluarga. Malang: Universitas Muhammadiyah.
Susanti. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Anak. Jurnal El-Huda, 12(02), 1–15. https://doi.org/10.59702/elhuda.v12i02.16 DOI: https://doi.org/10.59702/elhuda.v12i02.16
William J. Goode. (2004). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.
Zahroh, N. F., Andriana, A., Fina, I., Fitriyah, P. N., Salsabilla, D. P., & Maulida, S. N. (2023). Peran Pendidikan Karakter sebagai Solusi Praktis dalam Menanggulangi Degradasi Moral pada Remaja Menuju Generasi Emas 2045. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(6), 31–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Natasya Insani Auliarrahma, Cucu Solihah, Yuyun Yulianah, Aji Mulyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.