Peran Lingkungan Keluarga dalam Perkembangan Emosional Anak
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpa.v2i1.1164Keywords:
Lingkungan Keluarga, Perkembangan Emosional Anak, Pola Asuh, Dukungan Emosional , Komunikasi Dua ArahAbstract
Lingkungan keluarga berperan penting dalam perkembangan emosional anak, karena keluarga tempat pertama anak belajar mengenali dan mengelola emosi. Interaksi dua arah antara anggota keluarga, serta pola asuh yang positif, dapat mendukung perkembangan emosional anak yang sehat. Artikel ini bertujuan menganalisis bagaimana faktor-faktor dalam lingkungan keluarga, seperti komunikasi antara orang tua dan anak, dukungan emosional, serta model pengasuhan, mempengaruhi kestabilan emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada 6 anak di TK Insan Mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga suportif dan harmonis cenderung memiliki kemampuan lebih baik dalam mengelola emosi mereka, menunjukkan empati, dan memiliki hubungan sosial yang positif. Sebaliknya, lingkungan keluarga yang penuh konflik dan kurang dukungan emosional berpotensi menghambat perkembangan emosional anak dan memicu masalah perilaku. Kesimpulan artikel ini menegaskan pentingnya menciptakan lingkungan keluarga yang hangat, aman, dan membantu perkembangan emosional yang ideal pada anak.
References
Badini, I. (2024). Socioeconomic status and risk for child psychopathology: exploring gene–environment interaction in the presence of gene–environment correlation using extended families in the Norwegian Mother, Father and Child Birth Cohort Study. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 65(2), 176–187. https://doi.org/10.1111/jcpp.13872 DOI: https://doi.org/10.1111/jcpp.13872
Baumrind, D. (1971). Current Patterns of Parental Authority. Developmental Psychology Monograph, 4(1), 1-103. DOI: https://doi.org/10.1037/h0030372
Berk, L. E. (2013). Development through the lifespan (6th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Cambridge, MA: Harvard University Press. DOI: https://doi.org/10.4159/9780674028845
Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113(3), 487–496. DOI: https://doi.org/10.1037//0033-2909.113.3.487
Denham, S. A., Bassett, H. H., & Wyatt, T. (2015). The Socialization of Emotional Competence. Emotion Review, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.1177/1754073914544401
Dewi, Ajeng, R,T.(2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak.
Diananda, A. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Membantu Perkembangan Emosi Positif Dan Perilaku Sosial Anak. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 123–140. DOI: https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.89
Gross, J. J., & Thompson, R. A. (2007). Emotion Regulation: Conceptual Foundations. Dalam J. J. Gross (Ed.), Handbook of Emotion Regulation (hlm. 3–24). New York: Guilford Press.
Hildayani, Rini,dkk. 2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas.
Hulukati, wenny.(2015). peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. mahasiswa IAIN palu..
Hasiana, Ishabella. artiker spiritualitas pada anak usia dini. (2020). SINTA
Islamiyah, C. & H. S. (2019). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Pendidikan Untuk Semua.
Lozano-Casanova, M. (2024). The combined effect of family environment and parents’ characteristics on the use of food to soothe children. Food Science and Nutrition, 12(4), 2588–2596. https://doi.org/10.1002/fsn3.3941 DOI: https://doi.org/10.1002/fsn3.3941
Schuler, B. R. (2024). Balancing nutrition and budgets: Socio-ecological impacts on nutritional environments of families with low incomes. Appetite, 203. https://doi.org/10.1016/j.appet.2024.107706 DOI: https://doi.org/10.1016/j.appet.2024.107706
Wang, Y. (2024). Examining the association of family environment and children emotional/behavioral difficulties in the relationship between parental anxiety and internet addiction in youth. Frontiers in Psychiatry, 15. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2024.1341556 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyt.2024.1341556
Xie, F. F. (2024). The association between family rearing environment, family functioning, socioeconomic status, and autism behaviors in 3-year-old children. Modern Preventive Medicine, 51(19). https://doi.org/10.20043/j.cnki.MPM.202404261
Xu, Y. (2024). Correlation of parental meta-emotion philosophy and family rearing environment in infants and toddlers. Zhongguo Ertong Baojian Zazhi, 32(2), 127–132. https://doi.org/10.11852/zgetbjzz2023-0411
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwistia, Silva Sindika, Haniefah Iqtianti, Danur Widiya Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.