Perjalanan Psikologi Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik: Tinjauan dari Anak-Anak Hingga Lansia
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpa.v1i3.423Keywords:
Perkembangan, Bimbingan, Fase KehidupanAbstract
Artikel ini meninjau perjalanan psikologi perkembangan dan bimbingan peserta didik dari masa kanak-kanak hingga usia lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik perkembangan pada setiap tahapan kehidupan dan bagaimana bimbingan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pada setiap tahap. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis literatur, temuan menunjukkan bahwa setiap tahapan perkembangan memiliki kebutuhan unik yang memerlukan pendekatan bimbingan yang berbeda. Pada masa kanak-kanak, fokus bimbingan adalah pada pengembangan kognitif dan sosial. Selama masa remaja, bimbingan diarahkan pada pembentukan identitas dan pemahaman diri. Pada masa dewasa, perhatian utama adalah pada karier dan kehidupan pribadi, sementara pada usia lanjut, dukungan psikososial dan kesehatan mental menjadi prioritas. Artikel ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dan berkelanjutan dalam bimbingan pendidikan untuk mendukung perkembangan optimal peserta didik sepanjang hidup. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya kolaborasi antara psikolog, pendidik, dan pembimbing dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan individu. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi strategi bimbingan yang efektif dan adaptif untuk berbagai konteks perkembangan.
References
Bernard, D. L. (2023). Diversifying Clinical Child and Adolescent Psychology: A Change Gonna Come. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 52(3), 396–410. https://doi.org/10.1080/15374416.2023.2191284 DOI: https://doi.org/10.1080/15374416.2023.2191284
Emiliza, T. (2019). Konsep Psikososial Menurut Teori erik h. Erikson Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam Konsep Psikososial Menurut Teori Erik H. Erikson Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, Iain Bengkulu).
Fauzian, R. (2020). Pengantar Psikologi Perkembangan. CV Jejak (Jejak Publisher).
Geary, D. C. (2022). Evolutionary Perspectives on Educational Psychology: Motivation, Instructional Design, and Child Development. Educational Psychology Review, 34(4), 2221–2227. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09710-4 DOI: https://doi.org/10.1007/s10648-022-09710-4
Kayyis Fithri Ajhuri, M. A. (2019). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Pendekatan Sepanjang Rantang kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Matara, K. (2022). Law for Handling Problematic Children in Families in the Context of Child Psychology Education. Educational Administration: Theory and Practice, 28(2), 74–87. https://doi.org/10.17762/kuey.v28i02.449
Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77-86.
Nasution, F., Adella, M., Walidaini, I., Harahap, M., & Marselina, L. (2024). Pendidikan Remaja Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan dan Peran Guru Bimbingan Konseling. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 39-47. DOI: https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3133
Prasetiawan, H. (2016). Peran bimbingan dan konseling dalam pendidikan ramah anak terhadap pembentukan karakter sejak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 50-60.
Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18.
Rasyid, R., Marjuni, M., Achruh, A., Rasyid, M. R., & Wahyuddin, W. (2020). Implikasi Lingkungan Pendidikan Terhadap Perkembangan Anak Perspektif Pendidikan Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 111-123. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a1.2020
Reifen-Tagar, M. (2022). Political Ideology in Early Childhood: Making the Case for Studying Young Children in Political Psychology. Political Psychology, 43, 77–105. https://doi.org/10.1111/pops.12853 DOI: https://doi.org/10.1111/pops.12853
Russell, M. A. (2020). Annual Research Review: Ecological momentary assessment studies in child psychology and psychiatry. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 61(3), 376–394. https://doi.org/10.1111/jcpp.13204 DOI: https://doi.org/10.1111/jcpp.13204
Sitorus, M. (2012). Perkembangan peserta didik.
Suparmin, M. (2010). Makna psikologi perkembangan peserta didik. Jurnal Ilmiah Spirit. ISSN, 1411-8319.
Tatlow-Golden, M. (2021). Childhood Studies and child psychology: Disciplines in dialogue? Children and Society, 35(1), 3–17. https://doi.org/10.1111/chso.12384 DOI: https://doi.org/10.1111/chso.12384
Waters, L. (2022). How Do Young Children Understand and Action their Own Well-Being? Positive Psychology, Student Voice, and Well-Being Literacy in Early Childhood. International Journal of Applied Positive Psychology, 7(1), 91–117. https://doi.org/10.1007/s41042-021-00056-w DOI: https://doi.org/10.1007/s41042-021-00056-w
Williams, N. J. (2019). Annual Research Review: The state of implementation science in child psychology and psychiatry: a review and suggestions to advance the field. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 60(4), 430–450. https://doi.org/10.1111/jcpp.12960 DOI: https://doi.org/10.1111/jcpp.12960
Ziemes, J. F. (2019). Children’s Rights and Educational Psychology. European Psychologist, 24(2), 169–179. https://doi.org/10.1027/1016-9040/a000373 DOI: https://doi.org/10.1027/1016-9040/a000373
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggita Anggraini Sitanggang, Friska Mawarni Sipahutar, Friska Romauli Hutasoit, Lilis Sri Bertina Surbakri, Dorlan Naibaho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.