Analisis Komunikasi Persuasif Dalam Buku “Insecurity Is My Middle Name” Karya Alvi Syahrin
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i2.1475Keywords:
Komunikasi Persuasif, Insecurity, Kesehatan Mental, Alvi SyahrinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi persuasif dalam buku Insecurity Is My Middle Name karya Alvi Syahrin, yang berfokus pada isu ketidakamanan diri (insecurity) yang banyak dialami oleh individu, khususnya generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis untuk mengkaji elemen-elemen komunikasi persuasif, seperti komunikator, pesan, saluran, penerimaan, umpan balik, dan efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alvi Syahrin berhasil memanfaatkan narasi personal dan gaya bahasa empatik untuk menjangkau pembaca. Elemen komunikasi seperti kredibilitas penulis (ethos), argumen logis (logos), dan pendekatan emosional (pathos) digunakan secara efektif untuk membangun koneksi emosional dengan pembaca. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa buku Insecurity Is My Middle Name tidak hanya berfungsi sebagai literatur inspiratif, tetapi juga sebagai media persuasif yang berdampak positif terhadap pembaca. Buku ini memberikan kontribusi pada kajian komunikasi persuasif, terutama dalam literatur yang membahas isu kesehatan mental.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O. & Merliyana, S. J, (2022). ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6.1 (2022), hal. 974–80, doi:10.33487/edumaspul.v6i1.3394 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
admin under Profil, ‘Biodata Alvi Syahrin’, Bukune, 2019 <https://bukune.com/alvi-syahrin/>
Aisyah, T. I. N. (2020). Perancangan Buku Batik Tulis Mangrove Pesisir Rungkut Surabaya Dengan Teknik Fotografi Guna Meningkatkan Brand Awareness Pada Masyarakat Kota Surabaya.
Amelia, R. (2020). Pentingkah Kesehatan Mental?
Amri, S. (2019). ‘Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu’, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3.2 (2019), hal. 159
Ayu, S. M., & Purba, C. A. (2020). ‘Komunikasi Persuasif Pekerja Sosial Dalam Proses Adaptasi Imigran Anak Tanpa Pendamping Di Indonesia’, Communicare : Journal of Communication Studies, 4.2 (2020), hal. 79, doi:10.37535/101004220175 DOI: https://doi.org/10.37535/101004220175
Bahari, M. F. (2022). ‘Analisa Dan Implementasi Keamanan Pesan Chatting Menggunakan Algoritma Challenge Response’, Analisa Dan Implementasi Keamanan Pesan Chatting Menggunakan Algoritma Challenge Response, 1.2 (2022), hal. 49–53, doi:10.47065/jussi.v1i2.1442
Bungin, M. B. (2023). Penelitian Kualitatif : Komunikasi , Ekonomi , Kebijakan Publik , Dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta : Kencana 2008
Candrasari, S., & Naning, S. (2020). ‘Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dalam Penyuluhan Penyakit Kaki Gajah’, KalbiSocio, 6.1 (2020), hal. 80–88
Eriyanto. (2020). Analisis Isi : Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. (Kencana, 2020)
Erni, M. (2023). ‘Bahan Ajar Komunikator, Pesan, Media/ Saluran, Komunikan, Efek/Hasil Dan Umpan Balik’, Fkip Uki, 2023, hal. 1–44 <http://repository.uki.ac.id/2909/1/BahanAjar52019.pdf>
Faturohman., Febriyanti, A. N., & Hidayah, J. (2024). ‘Kebebasan Beragama Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia’, Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1.3 (2024), hal. 312–23, doi:10.62383/aliansi.v1i3.229 DOI: https://doi.org/10.62383/aliansi.v1i3.229
Fitriani, A., & Yusvita, F. (2021). ‘Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dengan Mengenal Gaya Komunikasi Pribadi Melalui Disc Inventory’, Jurnal Abdimas, 7.4 (2021), hal. 365–69
Harianto, Y. A. (2022). ‘Mendefinisikan Ulang Komunikasi Persuasif’, The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the Twenty-First Century, 2022 DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/sdzn8
Hotimah, D. H. (2022). Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi
Kausar, L. A., Muslimah, S., Ruliyani., Anwarsani., Rahmawati, S. & Salwa, N. (2024). ‘Analisis Unsur Intrinsik Dalam Komik Lookism Karya Park Tae-Jun’, Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2.1 (2024), hal. 249–60, doi:10.61132/sintaksis.v2i1.390 DOI: https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i1.390
Khoirun, N. (2023). ‘Analisis Komunikasi Persuasif Pada Film Ayat-Ayat Cinta 2 Dalam Scenes Moderasi Beragama Model Roland Barthes’, 2023 <http://repository.iainkudus.ac.id/10809/%0Ahttp://repository.iainkudus.ac.id/10809/7/7. bab iv .pdf>
Khomalia, I. (2019). ‘Standarisasi Kecantikan di Media Sosial Analisis W’, 2019, hal. 62–80 DOI: https://doi.org/10.21154/dialogia.v16i1.1494
Kusumawati, T. I. (2020). ‘Komunikasi Verbal Dan Nonverbal’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6.2 (2020)
Lina. M. (2020). “Komunikasi Persuasif Dalam Dakwah Konteks Indonesia”, (Scopindo Media Pustaka, 2020) Hal: 15, 2020
Maulana, H., & Gumelar, G. (2019). Psikologi Komunikasi Dan Persuasi (Akademia Permata, 2019)
Ni’mah, I. L. (2022). ‘Hubungan Antara Citra Tubuhdan Self Esistem Pada Mahasiswa Manajement Resort & Leisure Universitas Pendidikan indonesia’ (Universitas Pendidikan Indonesia, 2022)
Nurachmadi., Senki., Rianti, F., & Mulyani, S. M. (2024). ‘Tekad yang kuat : Kajian Studi Ke perpustakaan Senki Nurachmadi , Fuji Rianti ,
Rahmawati , Sri Meli Mulyani’, 8.1 (2024), hal. 67–76, doi:10.32832/komunika.v8i1.16585
Pratama, R. M., Hairunnisa., Boer, K. M. (2023). ‘Teknik Komunikasi Persuasif Dalam sosialisasiAksi Sapta Pesona Dinas Priwisata Kabupaten Kutai ’, 2023, hal. 6
Putri, A. T. (2022). ‘Penggambaran Single Mother Di Film Indonesia (Studi Deskriptif Dalam Konteks Urban Dan Rural)’
Qatrunnada, J. I., Firdaus, S. Karnila, S. D. & Romli, U. (2022). ‘Fenomena Insecurity Di Kalangan Remaja Dan Hubungannya Dengan Pemahaman Aqidah Islam’, IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5.02 (2022), hal. 139–52, doi:10.37542/iq.v5i02.655 DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.655
Rahmawati., Rini., Purnomo, A. M. & Agustini, ‘Keterkaitan Antara Komunikasi Persuasif Dan Kemampuan Pribadi Konselor P2Tp2a Dalam Layanan Konseling Pada Perempuan Korban Kekerasan’, Jurnal Komunikatio, 7.2 (2021), hal. 109–22, doi:10.30997/jk.v7i2.4407 DOI: https://doi.org/10.30997/jk.v7i2.4407
Rijali, A. (2022). ‘Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin’, 17.33 (2022), hal. 81–95 DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Ritonga, M. (2022). ‘Komunikasi Dakwah Zaman Milenial’, Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 3.1 (2022), hal. 60–77
Rizky, F. U., & Syam, N. (2021). ‘Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementerian Agama Dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 11.1 (2021), hal. 16–33, doi:10.15642/jik.2021.11.1.16-33 DOI: https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33
Saffira, V., Hennita, G. Prisylia, M. E. (2019). ‘Analisis Komunikasi Persuasif Pada Akun Instagram Frelynshop Dalam Meningkatkan Brand Image’, MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3.2 (2019), hal. 227–40, doi:10.35326/medialog.v3i2.788 DOI: https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.788
Salsabila, D. (2021). Analisis Komunikasi Persuasif Pada Iklan Tokopedia Dalam Tagar #Mulaiajadulu, 3.2 (2021), hal. 6
Sugiyono. (2019). ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.’, 2019
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RD, 2019
Tumuhimbise, E. (2021). ‘The Impact of Persuasive Communication on Attitude and Behavior Change in the Face of HIV/AIDS among Students of Makerere University, Kampala-Uganda(Doctoral Dissertation, Makerere University).’, 2021 <http://dissertations.mak.ac.ug/handle/20.500.12281/9415>
Wahidin, U. (2022). ‘Memberikan Pedomannya Dan Arah Untuk Mencapai Tujuan Menjelaskan Struktur Dan Urutan Pengajaran Secara Baik’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 4.07 (2022), hal. 197
Wildan, Y. M. (2022). Kesehatan Masyarakat Kesehatan Mental . (PT. Borobudur Inspira Nusantara, 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Sakinah, Muhammad Randicha Hamandia, Sri Hertimi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.