Keterampilan Berbicara Sebagai Kunci Utama dalam Kemampuan Berbahasa Peserta Didik di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i3.1750Keywords:
Keterampilan Berbicara, Kemampuan Berbahasa, Peserta Didik, Pembelajaran Bahasa, Strategi PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran penting keterampilan berbicara dalam menunjang perkembangan kemampuan berbahasa peserta didik secara menyeluruh. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui telaah pustaka terhadap berbagai sumber teori yang relevan. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa keterampilan berbicara tidak hanya menunjang kelancaran komunikasi lisan, tetapi juga memperkuat pemahaman terhadap struktur bahasa, pengucapan kata, serta kemampuan berpikir kritis dan logis. Selain itu, pembelajaran yang difokuskan pada pengembangan keterampilan berbicara mampu membangun rasa percaya diri siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam aktivitas komunikasi di kelas. Suasana belajar pun menjadi lebih aktif dan interaktif ketika keterampilan ini dikembangkan secara sistematis. Dengan demikian, keterampilan berbicara memiliki posisi yang strategis dalam pembelajaran bahasa dan perlu diutamakan dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
References
Amanda, R. R., Syahidin, S., Nazhan, F. A., & Muzakki, R. F. S. (2024). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN YURISPRUDENSI DENGAN STRATEGI DEBAT DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN ARGUMENTATIF SISWA. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 316–327. https://doi.org/10.24252/idaarah.v8i2.52063
Anna Ardiyani Musriyono, & Adi Winanto. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Lisan Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2019), 41–49.
Dahlan, M., Muhammadiyah Makassar, U., Sultan Alauddin No, J., Sari, G., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Pidato Secara Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. Journal on Education, 05(04), 11415–11421.
Enramika, T. (2022). Bentuk Tes Kemahiran Berbicara Bahasa Arab. Islamic Education, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.57251/ie.v2i1.280
Fadhilah, I. (2022). Faktor Kecemasan Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 96–105. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.248
Gunawan, D., Mustofa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(2), 2979–2993. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2541
Haniefa, R. (2022). Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(1), 49–71. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.11
Hidayah Purnamawati, N., & Abbas, N. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SRAGEN. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 2(3), 17–26. https://doi.org/10.59966/pandu.v2i3.1198
Intan, I., Cahyati, I., Putri, K. I. K., Sujjada, K. Z., Muhammad, M., & Rizkyanfi, M. W. (2025). Pengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia yang Komunikatif dalam Meningkatkan Efektivitas Informasi Kantor. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(3), 3051–3062. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i3.3097
Kusyairi, Fazaraul Farahiyyah Ad, & Habibatul Ummah. (2024). Menumbuhkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(4), 239–251. https://doi.org/10.61166/demagogi.v2i4.58
Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastr. 1(1), 274–282.
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Makena, B., & Feni, V. L. (2023). Teachers’ Perspectives on the Efficacy of Oral Presentation Tasks toward Promoted Linguistic Acquisition. Research in Social Sciences and Technology, 8(4), 125–134. https://doi.org/10.46303/ressat.2023.36
Marpaung, A. S. (2024). PENERAPAN CLT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA IAIDU ASAHAN. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(2), 550–561. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.288
Rahayu, F. R. (2023). Strategi Komunikasi Efektif Guru dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa di MTs YPK Cijulang. Jurnal Pelita Nusantara, 1(1), 116–123. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.128
Rahmad Setyo Jadmiko, & Evi Sri Wahyuningsih. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN PRESENTASI DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI SDN 1 WAJAKKIDUL. Jotika Journal in Education, 3(1), 32–35. https://doi.org/10.56445/jje.v3i1.109
Salmiati, S., Amri, S., Yeni, M., Syafrizal, S., Wiluyo, A., Khairunnisa, K., & Alicia, C. (2023). Kegiatan English Club sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Berbicara (Speaking) Mahasiswa Universitas Islam Indragiri. CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 21–27. https://doi.org/10.61672/cemara.v1i2.2687
Simarmata, M. Y., Yatty, M. P., & Fadhillah, N. S. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 1 Kuala Mandor B. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 47–59. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1564
Siti, S., & Ain, Q. (2024). Faktor-Faktor Determinan dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan. 13(3), 4067–4076.
Syafitri, A., Yundayani, A., Kala, W., Stkip, K., & Negara, K. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara Hubungan antara Kepercayaan Diri Siswa terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara , 1–8.
Taryono, Nasution, D., & Yandayani, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Diskusi Kelompok Kecil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.
Yulianeta, Y., Faisol, M., & Hazarika, A. (2024). Apakah penggunaan role play sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa efektif? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 189–194. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.250
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sahara, Dadi Satria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.