Keberhasilan Menyimak Teks Prosedur pada Siswa SMP Kelas 7: Simulasi Pembelajaran dengan Mahasiswa Kelas C Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2024 Universitas Siliwangi
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i2.1590Keywords:
Menyimak, Teks Prosedur, PembelajaranAbstract
Studi ini dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan menyimak peserta didik dalam memahami teks prosedural dengan memanfaatkan pendekatan discovery learning. Kegiatan simulasi dilaksanakan bersama mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2024 yang berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran bagi murid kelas VII tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan evaluasi lewat platform Quizizz. Media yang digunakan berupa video prosedural berjudul “Cara Membuat Cilok”, yang berfungsi untuk mendukung pemahaman teks secara kontekstual. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery learning dan pendekatan berpikir logis berdampak positif pada peningkatan kemampuan menyimak siswa, dengan rata-rata nilai evaluasi sebesar 82. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi pembelajaran aktif dan pemanfaatan media kontekstual dalam mengembangkan keterampilan menyimak siswa di tingkat SMP.
References
Deliana. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Teks Prosedur pada Siswa Kelas VII di SMPN 6 Singingi Hilir Melalui Strategi Guided Note Taking. Jurnal Pendidikan Rokania. 5(1)
Direktorat Guru Pendidikan Dasar. (2020). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning.
Heryadi, D. (2014). Kemahiran Menyimak. Tasikmalaya: Program Pascasarjana Unsil.
Hudiyono, Y. & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-112. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V1i2.Pp101-112.
Kristanti, K. W., & Sriasih, S. A. P., & Astika, I. M. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 3 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksa, 3(1), 1–12.
Kurniawati, R. Hermawan, A. Sa'diyah, L. (2023). Pengembangan Media Kliping dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMA/MA. PENEROKA : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(1)
Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Penerbit Lutfi Gilang.
Lestariningsih, D. N. (2017). Rancangan Pengembangan Tes Menyimak Melalui Pendekatan Komunikatif pada Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula. Dalam Seminar Nasional Pengajaran Bahasa (hlm. 72-84). Depok, Indonesia.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group.
Natasasmita, H. (1995). Panduan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Humaniora Utama Press.
Nirmala, D. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas III SDN 09 Tanjung Lay . Aria Dewangsa, 11
Nirmala, D., Wibowo, D., Akbar, K. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas III SD Negeri 09 Tanjung Lay. 1(1), 11.
Pitaloka, S., Ramadhanti, D., Sari, A. W. (2023). Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII Pesantren Thawalib Padang. ALINEA: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Pengajaran. 3(2)
Rahmayani, S., Angraini, S., Gusmaneli, Gusmaneli. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 1-19. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.790
Rahayu, E. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas Ii Sd Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. Universitas PGRI Yogyakarta.
Supriyadi, M., Pd. Penerbit : (N.D.). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Tampubolon, D. (N.D.). Students’ Perception On The Discovery Learning Strategy On Learning Reading Comprehension At The English Teaching Study.
Tarigan, H. G. (1986). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa.
Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i6.4037
Widya, L. D. & Tri, S. R. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Metode Ctl (Contextual Teaching And Learning ) Pada Siswa Kelas X Man Cimahi (Vol. 1, Issue 5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nafil Dzakirul Lail, Indri Anggraeni, Medyanna Irmawan, Siti Hanifah Kartini Agustina, Yuni Ertinawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.