Pengaruh Pengajaran Remedial Terhadap Pemahaman Santri dalam Materi Shorof Matan Bina di Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpn.v2i3.1494Keywords:
Pengajaran Remedial, Shorof Matan Bina, Quantum Teaching, Mnemonik, Pemahaman SantriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengajaran remedial terhadap pemahaman materi Shorof Matan Bina di Pondok Pesantren Sukamiskin, yang merupakan lembaga pendidikan non-formal. Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan tantangan yang dihadapi sebagian santri dalam memahami konsep dasar Shorof, khususnya materi Matan Bina, yang menjadi bagian penting dalam studi bahasa Arab di pesantren. Kesulitan ini sering kali menghambat santri dalam memperoleh pemahaman yang mendalam. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan Quantum Teaching yang dipadukan dengan teknik mnemonic, dengan tujuan untuk membantu santri mengingat dan memahami materi secara lebih efektif dan menyenangkan. Sampel penelitian terdiri dari 21 santri kelas OB Salafiyah yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengajaran remedial yang menggabungkan metode Quantum Teaching dan teknik mnemonic dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman santri terhadap materi Shorof Matan Bina. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pengajaran yang lebih humanistik dan efektif dalam konteks pendidikan non-formal, khususnya di lingkungan pesantren, untuk mendukung peningkatan pemahaman santri.
References
Afandi, A. N. H. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis siklus air melalui media puzzle berbantuan kartu siklus air pada siswa kelas V SDN Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 71-80. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.19
Alfaruqy, M. Z., Archentari, K. A., et al. (2020). Psikologi Milenial. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Aris, M. Z. A., & Bakar, M. Y. A. (2025). Ilmu Shorof dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Sebuah Tinjauan. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(2), 192-200. DOI: https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i2.638
Crookes, G., & Ziegler, N. (2021). Critical language pedagogy and task-based language teaching: reciprocal relationship and mutual benefit. Education Sciences, 11(6), 254. https://doi.org/10.3390/educsci11060254 DOI: https://doi.org/10.3390/educsci11060254
Diana, V. N. (2019). Pengaruh metode mnemonik kata kunci terhadap minat dan hasil belajar hafalan Al-Qur’an siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Retrieved from http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12080.
Fahham, A. M. (2020). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Publica Institute.
Hamidah, H., Rahmah, Y., Hasanah, U., Selvianor, S., & Ajahari, A. (2024). Developing Arabic grammar materials based on contextual learning at Islamic boarding school in Indonesia. Al-Ta Rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Iain Palangka Raya, 12(1), 133-146. https://doi.org/10.23971/altarib.v12i1.8292 DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v12i1.8292
Habaridota, M. (2020). The implementation of Tandur Quantum teaching learning model to improve social learning achievement. International Journal of Elementary Education, 4(2), 153. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.26593 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.26593
Harianto, E., Yarni, L., & Irani, L. C. (2024). Psikologi Pendidikan. Zenius Publisher.
Herianto, H., & Marsigit, M. (2023). Filsafat, ideologi, paradigma evaluasi pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/gb2jr DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/gb2jr
M, R., & Lubis, Z. (2024). تحليل مادة الصرف في كتاب متن البناء والأساس للطلاب الجدد في معهد دار المتعلمين آتشيه سينجكيل (منظور ماكي). Tadris, 12(1), 46-79. https://doi.org/10.21274/tadris.2024.12.1.46-79 DOI: https://doi.org/10.21274/tadris.2024.12.1.46-79
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Ridsni, M. A. (2025). Penggunaan Kitab Matan Bina Wal Asas Dalam Pembelajaran Sharaf Di Pesantran Ummul Ayman (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).
Rojak, M. A., Solihin, I., & Naufal, A. H. (2021). Fungsi Dan Peran Kepemimpinan Kiai Dalam Pengembangan Pondok Pesantren Di Pondok Pesantren Sukamiskin Dan Miftahul Falah Bandung. Manazhim, 3(1), 83-109. DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1072
Selvarajan, P. (2022). The impact of remedial teaching on improving the competencies of low achievers. International Journal Of Social Science & Interdisciplinary Research, 11(01), 283-287.
Sholiha, A., Rofiqi, M., Muhajir, M., & Sidik, F. (2023). The effect of mnemonic method with a deductive approach in shorof learning on students learning outcomes. Arabiyatuna Jurnal Bahasa Arab, 7(2 November), 525. https://doi.org/10.29240/jba.v7i2.7607 DOI: https://doi.org/10.29240/jba.v7i2.7607
Sufiani, S., & Putra, A. (2020). Implementasi pemberdayaan pengawas terhadap efektivitas supervisi pengawas pendidikan agama Islam. Al-Ta Dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 113. https://doi.org/10.31332/atdbv13i2.1780 DOI: https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.1780
Wasilah, W., Jumhur, J., & Cahyani, R. (2023). Development of quantum teaching-based shorof materials at madrasah aliyah. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 15(2), 2375-2385. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3616 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3616
Leksono, Aris Adi. (2018). "Revitalisasi Karakter Santri di Era Milenial." NU Online, 21 Oktober 2018. https://nu.or.id/opini/revitalisasi-karakter-santri-di-era-milenial-XzMHA
Redaksi Mubadalah. (2022, 21 Oktober). Begini metode pembelajaran para santri di pesantren. Mubadalah.id. https://mubadalah.id/begini-metode-pembelajaran-para-santri-di-pesantren/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdur Rafi, Weby Deliana Haqiqi; Mohammad Sandy Ardyansyah, Alica Khanza Shabrina; Ahman, Ibrahim Al-Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.