Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan dan Guling Belakang
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpo.v1i4.572Keywords:
model pembelajaran kooperative, senam lantai, guling depan, guling belakangAbstract
Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat bervariatif. Model pembelajaran yang digunakan guru tentu saja sangat mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terdapat satu model yang dikaji dalam penelitiann ini yaitu model pembelajaran kooperatif khususnya pada materi senam lantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan upaya pengumpulan dan upaya analisis data manfaatkan berbagai literatur meliputi jurnal dan ekonomi buku, artikel serta sumber lain termasuk foto dan dokumen yang sifatnya elektronik. Analisis kritis terhadap bahan pustaka menyajikan bahwa terkait model pembelajaran kooperatif memberikan keefektifan dalam usaha ditingkatkannya hasil belajar peserta didik dalam gerakan guling depan dan guling belakang. Pendekatan ini mendorong kerjasama antar siswa, memungkinkan mereka untuk belajar dan berinteraksi secara lebih aktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan model ini meningkatkan aktivitas belajar, hasil evaluasi, dan keterampilan sosial siswa. Siswa yang terlibat menunjukkan peningkatan kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi, dan minat belajar. Model pembelajaran kooperatif memberikan peran aktif kepada siswa dan mengurangi ketergantungan pada guru, secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran Penjasorkes, membuat proses belajar lebih dinamis dan efektif dalam mencapai tujuan pendidikan secara sekeluruhan.
References
Bećirović, S., Dubravac, V., & Brdarević-Čeljo, A. (2022). Cooperative Learning As A Pathway To Strengthening Motivation And Improving Achievement In An Efl Classroom. Sage Open, 12(1). Https://Doi.Org/10.1177/21582440221078016 DOI: https://doi.org/10.1177/21582440221078016
Erbil, D. G. (2020). A Review Of Flipped Classroom And Cooperative Learning Method Within The Context Of Vygotsky Theory. In Frontiers In Psychology (Vol. 11). Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2020.01157 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01157
Ertanti N.D., N. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil. 1, 21–33. DOI: https://doi.org/10.20961/phduns.v14i1.50549
Hendra, E., Purnomo, E., & Supriatna, E. (N.D.). Pengaruh Model Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Roll Belakang Kelas Viii Smp Negeri 1 Subah. Penelitian Untan.
Khamdanah, Sabrina, F. P., & Nabila, J. S. (2022). Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Iv (Sandika Iv), 4(1).
M.L.P. Dewi. (2013). Implementasi Model Kooperatif (Nht) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Berguling Senam Lantai Ni. Fok Universitass Pendidikan Ganesha, 1689–1699.
Mendo-Lázaro, S., León-Del-Barco, B., Polo-Del-Río, M. I., & López-Ramos, V. M. (2022). The Impact Of Cooperative Learning On University Students’ Academic Goals. Frontiers In Psychology, 12. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.787210 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.787210
Munir, M., & Mahidin, L. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Berbasis Moderasi Beragama. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). Https://Doi.Org/10.59106/Abs.V2i1.52 DOI: https://doi.org/10.59106/abs.v2i1.52
N.A. Aunina. (2023). Peningkatan Pembelajaran Guling Depan Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Peserta Kelas Iv Sd Negeri Karangrejek 2 Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tugas. Skripsi, 88–100.
Peterson, A. T. (2023). Asynchrony And Promotive Interaction In Online Cooperative Learning. International Journal Of Educational Research Open, 5. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijedro.2023.100300 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100300
Polvi, S., & Telama, R. (2000). The Use Of Cooperative Learning As A Social Enhancer In Physical Education. Scandinavian Journal Of Educational Research, 44(1), 105–115. Https://Doi.Org/10.1080/713696660 DOI: https://doi.org/10.1080/713696660
Prasetyawati, V. (2021). Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Epistema, 2(2), 90–99. Https://Doi.Org/10.21831/Ep.V2i2.41275 DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41275
Sapsuha, N. D. P., & Sudarso. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Ts-Ts Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07(01).
Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V7i1.24444 DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444
Silva, H., Lopes, J., Dominguez, C., & Morais, E. (2022). Lecture, Cooperative Learning And Concept Mapping: Any Differences On Critical And Creative Thinking Development. International Journal Of Instruction, 15(1). Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2022.15144a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2022.15144a
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning In Elementary Schools. Education 3-13, 43(1). Https://Doi.Org/10.1080/03004279.2015.963370 DOI: https://doi.org/10.1080/03004279.2015.963370
Suhaimah, A. (2023). Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Dirasatul Ibtidaiyah, 3(1), 120–133. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2267
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.
Tran, V. D. (2019). Does Cooperative Learning Increase Students’ Motivation In Learning? International Journal Of Higher Education, 8(5). Https://Doi.Org/10.5430/Ijhe.V8n5p12 DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n5p12
Yang, X. (2023). A Historical Review Of Collaborative Learning And Cooperative Learning. Techtrends, 67(4). Https://Doi.Org/10.1007/S11528-022-00823-9 DOI: https://doi.org/10.1007/s11528-022-00823-9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tika Fitriani, Salman Salman, Tri Martini, Teten Hidayat, Helmy Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.