Penanaman Karakter Gotong Royong Melalui Tema Kewirausahaan dan Kearifan Lokal pada P5 Kurikulum Merdeka

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.86

Keywords:

kewirausahaan, kearifan local, P5, gotong royong

Abstract

SMAN 1 Bondowoso telah menjalankan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan 2 tema, yakni kewirausahaan dan kearifan lokal pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan P5 ini meningkatkan karakter gotong royong, saling tolong menolong, berempati, dan solidaritas diantara peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahap yaitu, proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian Penanaman Karakter Gotong Royong Melalui Tema Kewirausahaan Dan Kearifan Lokal Pada P5 Kurikulum Merdeka menunjukkan bahwa 1) proses penanaman karakter gotong royong pada kegiatan P5 diawali dengan asesmen diagnostik, pengenalan, kontekstualisasi, aksi nyata, refleksi-tindak lanjut dan perayaan belajar, 2) strategi yang dikembangkan guru dalam perayaan belajar yakni membuat kegiatan Bazaar Makanan pada tema kewirausahaan, serta kegiatan Pementasan Budaya Lokal yang ada di Kabupaten Bondowoso pada tema kearifan lokal.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/ rdje.v1i1.7659 DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Agussalim. (2021). Pancasila Economic Character Literacy Program for High School Students. International Journal of Instruction, 14(1), 235–252. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14114a

Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., Azizah, K., Aswitama, L., Allatif, N., Susanti, Y., & Umah, N. (2023). Penguatan Karakter Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila Melalui Service Learning Di TPQ Mambaul Huda Kedawung Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 148 - 154. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.201

Andayani, Y. (2018). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5 (1), 1-13 DOI: https://doi.org/10.53395/jes.v3i2.56

Aries, AM. 2022. Peningkatan Karakter Gotong Royong Melalui Market Day Di Sekolah Dasar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1 (4), 68-81. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.388 DOI: https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.388

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2. 802 DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Fitria, N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Yusuf Qardhawi (Studi Komparatif tentang Metode, Strategi dan Konten. 34 (11), https://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/28896/1/1420410210_BAB-I_IV-atau-V_DAFTARPUSTAKA.pdf

Hadi, M. Y., Meirani, R. K., & Minatullah. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Kesenian Ojhung dan Singo Ulung Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(1), 1–12. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/ar ticle/view/3329/0

Irawati, D., Iqbal, A., & Arifin, B. 2022. Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. iEdumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1) DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kharisma, EM., Faridi, & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (2): 1152 – 1161 https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420

Koopman, J. (2021). The restoration of gotong royong as a form of post-disaster solidarity in Lombok, Indonesia. South East Asia Research, 29(3), 279–296. https://doi.org/10.1080/0967828X.2021.1966318 DOI: https://doi.org/10.1080/0967828X.2021.1966318

Kusdarini, E. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412

Kusumadewi. (2018). “Empirisme”. Jurnal Pedidikan. 5(24), diunduh dari https: //books .google.co.id/books?id=2y6DDwAAQBAJ&pg=PA54&lpg, 26 Januari 2019

Lukiyanto, K. (2020). Gotong Royong as social capital to overcome micro and small enterprises’ capital difficulties. Heliyon, 6(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04879 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04879

Nor, B. (2022). Development of Economic Learning Model Based on Pancasila Values. International Journal of Instruction, 15(1), 259–276. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15115a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2022.15115a

Nursyifa, A. (2018). Sosialisasi Peran Penting Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Dampak Negatif Teknologi pada Anak dalam Era Digital, Proceeding of Community Development. Vol. 2, Hal. 649 DOI: https://doi.org/10.30874/comdev.2018.371

Paranita, S. (2023). Nilai-Nilai Nuju Jerami Sebagai Sumber Pendidikan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bangka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1992– 1998.

Prameswari, V. M. (2021). Perceived authenticity of the Pancasila Sakti Museum by high school students. International Journal of Tourism Anthropology, 8(3), 254–275. https://doi.org/10.1504/IJTA.2021.122356 DOI: https://doi.org/10.1504/IJTA.2021.122356

Prasetyo, H. (1994). Pancasila as an islamic ideology for Indonesian muslims. Studia Islamika, 1(1), 185–205. https://doi.org/10.15408/sdi.v1i1.871 DOI: https://doi.org/10.15408/sdi.v1i1.871

Purnawanto, A. T. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring, Jurnal Ilmiah Pedagogy, 16(1), 72–87. DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.192

Redhana. I. (2015). Menyiapkan Lulusan Fmipa yang Menguasai Keterampilan Abad XXI. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSH. Vol. 5, Hal. 141.

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 86–93. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977 /UM014v15i22022p86

Siregar, C. (2019). Pancasila, ethos respect, and anti-hoaxes on internet-based social media. ACM International Conference Proceeding Series, 3–7. https://doi.org/10.1145/3348445.3348446 DOI: https://doi.org/10.1145/3348445.3348446

Sri Windari, M. I. A. (2021). Filsafat Dalam Sistem Nilai Pancasila. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i1.64 DOI: https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i1.64

Subarkah. M. Abdillah,. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr. 15(1), 125 DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Suwignyo, A. (2019). Gotong royong as social citizenship in Indonesia, 1940s to 1990s. Journal of Southeast Asian Studies, 50(3), 387–408. https://doi.org/10.1017/S0022463419000407 DOI: https://doi.org/10.1017/S0022463419000407

Syafira, D., Sirait, M. hangga R. B. ., & Rambe, D. P. (2022). Evaluai Program Pendidikan Karakter di MTs Al-Ulum Medan. Cermin: Jurnal Penelitian, 6(1), 408–421. https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/cer min_unars/article/view/1817 DOI: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.1817

Tama, D. Mutri. (2108). Proses Pembuatan Lagu Anak Melalui Metode Tadasa Sesuai Dengan Kecakapan Abad-21. Bandung: Universitas Pasundan

Tarigan, N. P. (2021). Environmental friendly “jambur” building relevance in Karo Batak communities and gotong-royong/sisampat-sampati communities in Covid-19 pandemics. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 724(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/724/1/012114 DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/724/1/012114

Wahyudi, A. V., & Ummah, I. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tari Topeng Cirebon di MI Al-Washliyah. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2, 2(20), 170–180.

Winardi, U. N. (2020). Gotong Royong and the Transformation of Kampung Ledok Code, Yogyakarta. City and Society, 32(2), 375–386. https://doi.org/10.1111/ciso.12291 DOI: https://doi.org/10.1111/ciso.12291

Yulita. E, Fadiawati. N dan Diawati. C. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Cairan Pemutih Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat: Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

MKM, L., Usman, A., & Hidayati, N. (2024). Penanaman Karakter Gotong Royong Melalui Tema Kewirausahaan dan Kearifan Lokal pada P5 Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.86

Issue

Section

Articles