Pengaruh Pengenalan Politik Islam terhadap Pemahaman Nilai Sosial Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1299Keywords:
Agama Islam, Pendidikan Karakter, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan atau pengenalan politik yang diberikan pada anak bukan hanya berkaitan dengan hal-hal yang sulit untuk dipahami anak, melainkan pengenalan politik ini dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan yang sederhana yang dilakukan sebagai upaya pengenalan dasar bagi anak yang dimulai melalui sehari-hari anak bersama dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara pemahaman politik Islam dan kesadaran nilai sosial pada anak usia dini. Dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman guru-guru di Jawa barat, dengan sampel 20 guru PAUD/TK di Bogor, Purwakarta, Bandung Timur, Bandung Barat, dan Subang. Prosedur pengambilan data digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket dengan menggunakan skala Linkert, setelah data dalam penelitian ini terkumpul, data tersebut diolah menggunakan teknik statistik regresi, yaitu menghitung rata-rata, dan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 61,6% variasi pemahaman sosial anak dapat dijelaskan oleh teori politik Islam, seperti yang ditunjukkan oleh nilai R-squared sebesar 0,616. Hal ini mengindikasikan bahwa pengajaran tentang politik Islam memiliki dampak yang signifikan dalam menumbuhkan pemahaman sosial anak.
References
Ahmadi , A., &Uhbiyati, N. (2007). IlmuPendidikan. Jakarta: RinekaCipta.
Aksan, R. (2022). Kekuasaan dan Politik Lembaga Pendidikan Islam. Al-Hiwar Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 10(1), 17-27. DOI: https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v10i1.6898
Ali, A. Z., & Dahlan, M. Z. (2024). Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Pendidikan Anak Usia Dini: Analisis Latar Belakang, Isi, Implementasi, dan Dampak Kebijakan. AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 1742-1754.
Aulia, W., Junaidi, J., & Iswantir, I. (2023). Pendidikan Islam Perempuan Minangkabau (Telaah Pemikiran Rahmah El-Yunusiyyah). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7623-7637.
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah.
Clawson, R. W. (1973). Political Socialization of Children in the USSR. Political Science Quarterly, 88(4), 684-712. DOI: https://doi.org/10.2307/2148165
Farhan, M. (2019). Strategi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Tinjauan Dalam Kitab Politik, As-Siyasah Karya Ibnu Sina). In Prosding Seminar Nasional Prodi PAI UMP (pp. 171-180).
Fischer, F. (1993). Citizen participation and the democratization of policy expertise: From theoretical inquiry to practical cases. Policy sciences, 26(3), 165-187. DOI: https://doi.org/10.1007/BF00999715
Gustiar, E. D., & Us, K. A. (2023). Political Education As A Foundation For Development: Educational Systems, Strategies And Techniques. International Journal of Education, Vocational and Social Science, 2(01), 50-59.
Hafiz, M. (2023). The Concept of the Influence of Political Change on the Development of Islamic Education. HISTORICAL: Journal of History and Social Sciences, 2(4), 184-191. DOI: https://doi.org/10.58355/historical.v2i4.92
Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2021). Politik Islam: Sejarah Dan Pemikiran. Penerbit NEM.
Hoover-Dempsey, K. V. (2005). The Hoover-Dempsey & Sandler model of parental involvement. Retrieved from.
Jughaiman, A. (2019). A Philosophical Introduction of Islamic Political System and Social Behavior. European Scientific Journal (ESJ), September. DOI: https://doi.org/10.19044/esj.2019.v15n26p89
Kallio KP (2014). Memikirkan kembali sosialisasi spasial sebagai proses dinamis dan relasional dari perkembangan politik. Studi Global Anak 4(3): 210-223
Latifah, N. (2017). Pendidikan Islam di Era Globalisasi. JIE (Journal of Islamic Education), 2(1). DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v5i1.80
Millei, Z., & Kallio, K. P. (2018). Recognizing politics in the nursery: Early childhood education institutions as sites of mundane politics. Contemporary Issues in Early Childhood, 19(1), 31-47. DOI: https://doi.org/10.1177/1463949116677498
Mussen, P. H. Conger, J. J And Kangan, J. 1984. Child Development and Personality (Fifth Edition). Harper And Row Publisher.
Nasution, H., & Dalimunthe, S. S. Politik Pendidikan Islam Raudhatul Athfal (RA). Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 20(1), 21-30.
Paramitasari, A., & Rompas, H. J. (2021). the Importance of Early Childhood Education in the Digital Transformation Era. Enrich: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Linguistik, 4(1), 38-46. DOI: https://doi.org/10.36546/pbi.v1i2.784
Popkewitz, T. S., & Brennan, M. (1998). Restructuring of social and political theory in education: Foucault and a social epistemology of school practices. Foucault’s challenge: Discourse, knowledge, and power in education, 3-35. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1741-5446.1997.00287.x
Rukiyati, R., Siswoyo, D., & Hendrowibowo, L. (2023). Pendidikan Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Berbasis Islam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4709-4721. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4680
Sarnoto, AZ (2012). Konsepsi politik pendidikan di Indonesia. Jurnal Educhild , 1 (1). DOI: https://doi.org/10.53976/jmi.v1i2.191
Soto, L. D. (Ed.). (2000). The politics of early childhood education (Vol. 134). Peter Lang.
Wahid, E. (2019). Politik dan Sejarah Sosial dalam Pendidikan Islam. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan , 19 (1), 45-56. DOI: https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.814
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azizah Khoirunnisa, Fadhila Dwi Rahman, Meirantie Aulia, Nasywa Dhiya Amatulloh Sholihah, Hisny Fajrussalam, Hafiziani Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.