Activity Board: Media untuk Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Fitrah

Authors

  • Khusnul Mar'iyyah Supriadi Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Ade Irma Khoiratih Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Fitri Ayu Trisnawati Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Dwy Anandia Kartika Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Riski Surya Amanda Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.544

Keywords:

Berfikir Simbolik, Stimulasi, Activity Board

Abstract

Pada setiap tahap perkembangan, anak berusaha menemukan keseimbangan antara struktur kognitif dan pengalaman baru. Berdasarkan analisis masalah yang dilakukan peneliti di RA AL-FITRAH ditemukan suatu masalah pada kegiatan berfikir simbolik anak usia 4-5 tahun. Dari permasalah tersebut peneliti merancang media pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan berfikir simbolik yaitu media Activity Board. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media Activity Board dalam menstimulasi perkembangan berfikir simbolik anak usia 4-5 tahun di RA AL-FITRAH. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian jenis kuantitatif eksperimen one group pretest postest dengan sampel 10 anak usia 4-5 tahun di RA AL-FITRAH dengan teknik pengumpulan data dengan observasi dan teknik analisis data. Peneliti melakukan uji T-tes dan uji normalitas untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. setelah melakukan eksperimen menggunakan media Activity Board yang diciptakan oleh peneliti, ditemukan hasil yang cukup signifikan, yaitu anak mengalami perkembangan pada setiap indikator berfikir simbolik usia 4-5 tahun.

References

Alda, R., & Hasanah, H. (2023). ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DI KELAS V SD NEGERI 067092 MEDAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7775-7782.

Ali, A. M., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114-121. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150

Coo, K., Ita, E., & Meka, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KERETA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGINITIF BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(2), 561-570. DOI: https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i2.1139

Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182-189. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552

KUSMIATI, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 206-211. DOI: https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1309

Lika Mau, M., Oka, G. P. A., & Meka, M. (2023). Pengembangan Media Papan Pintar Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak (JCPA), 2(3), 644–653. DOI: https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3.1125

Lokon, F., Ita, E., & Ngura, E. T. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA LEMBAR KERJA ANAK MENCOCOKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK NEGERI WUE KECAMATAN WOLOMEZE KABUPATEN NGADA. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1(2), 220-228. DOI: https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i2.758

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Nena, M. T., Ita, E., & Dhiu, K. D. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ASPEK BERPIKIR SIMBOLIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ST. CLARA WUDU KECAMATAN BOAWAE KABUPATEN NAGEKEO. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1(1), 17-26. DOI: https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i1.723

Ningsih, R., Bachtiar, M. Y., & Indrawati, I. (2022). Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Seni pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Project Based Learning TK Kurnia Simomulyo Baru Surabaya Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 304-309.

Rajagukguk, S. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v3i1.1945

Rizkasari, E., Rahman, I. H., & Aji, P. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14514-14520.

Somantri, A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Metode Eksperimenuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sdn 011 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 1(1), 10-20. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150

Utami, A. D. (2012). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. In Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI (Vol. 7, Issue 2). http://dheweeq.multiply.com/journal/item/22/100

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Supriadi, K. M., Khoiratih, A. I., Trisnawati, F. A., Kartika, D. A., Utami, W. S., & Amanda, R. S. (2024). Activity Board: Media untuk Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Fitrah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 6. https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.544

Issue

Section

Articles