Analisis terhadap Perkembangan Bilingual Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga dengan Kebiasaan Berbahasa Daerah dan Bahasa Indonesia

Authors

  • Semadi Warni Hia Universitas Negeri Medan
  • Anggia Puteri Universitas Negeri Medan
  • Miftahul Azra Aqin Universitas Negeri Medan
  • Keisha Liviana Marta Universitas Negeri Medan
  • Asima Febrianti Hutauruk Universitas Negeri Medan
  • Tengku Nuraini Sukma Putri Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i3.1508

Keywords:

Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Bilingualisme, Bahasa Daerah, Lingkungan Keluarga

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, terutama dalam keluarga yang menggunakan dua bahasa, seperti bahasa daerah dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan bahasa anak usia dini dalam lingkungan keluarga bilingual serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa keluarga yang membiasakan komunikasi dalam bahasa daerah dan Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan orang tua dan anak, serta dokumentasi interaksi sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang lebih sering terpapar bahasa daerah cenderung menguasai bahasa tersebut lebih dahulu dibandingkan Bahasa Indonesia. Namun, anak yang mendapatkan stimulasi seimbang dari kedua bahasa menunjukkan kemampuan linguistik yang lebih baik dalam memahami dan menggunakan kedua bahasa secara fleksibel. Faktor lain seperti peran orang tua dalam membimbing penggunaan bahasa, interaksi dengan anggota keluarga yang memiliki kebiasaan berbahasa berbeda, serta eksposur terhadap media berbahasa Indonesia turut memengaruhi perkembangan bahasa anak. Selain itu, ditemukan bahwa bilingualisme dalam keluarga dapat memperkaya kosakata anak, tetapi juga berpotensi menimbulkan percampuran bahasa dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini memberikan wawasan tentang dinamika pemerolehan bahasa pada anak usia dini di lingkungan bilingual. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya strategi komunikasi yang tepat dalam keluarga untuk mendukung perkembangan bahasa anak secara optimal.

References

Abidogun, B. G., & Adebule, O. I. (2013). Contributions of mother tongue education in early childhood education. In 1st Annual International Interdisciplinary Conference, Portugal Proceedings (pp. 267-272).

Ama, H. D. (2021). Teori Sosiokultural dalam Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sumba (JES), Vo.5 (2), 10–15.

Anas, A., & Aida F., S. (2018). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.51192/almubin.v1i1.87.

Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 7(1), 43–54.

Ardhyatntama, V., & Apriyanti, C. (2020). Perkembangan Bahasa Anak. Yogyakarta: Stiletto Indie Book.

Awopetu, A. V. (2016). Impact of mother tongue on children's learning abilities in early childhood classroom. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 233, 58-63.

Bialystok, E. (2010). Global-local and trail-making tasks by monolingual and bilingual children: Beyond inhibition. Developmental Psychology. 2010; 46:93–105.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Dewi, N. W. R., & Purandina, I. P. Y. (2022). Peran lingkungan keluarga dalam perkembangan bahasa anak selama pandemi Covid-19. Jurnal Smart Paud, 5(2), 99-106.

Dhieni, N, et al. (2020). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Education, 1(2), 139-147.

Hammer CS, Hoff E, Uchikoshi Y, Gillanders C. The language and literacy development of young dual language learners: A critical review. 2014 Manuscript under review.

Khadijah., & Amalia, N. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/277

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Nurainun, N., & Futri, M. (2024). Pengaruh Lingkungan TerhadapPerkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 68-78.

Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran lingkungan dalam menstimulasi perkembangan bahasa serta menumbuhkan karakter anak usia dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103-122.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood

Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Hia, S., Puteri, A., Aqin, M., Marta, K., Hutauruk, A., & Putri, T. (2025). Analisis terhadap Perkembangan Bilingual Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga dengan Kebiasaan Berbahasa Daerah dan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 10. https://doi.org/10.47134/paud.v2i3.1508

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.