Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Pelaksanaan Permainan Lego di Tk Ananda Binjai Barat

Authors

  • Chairun Nisa Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Siti Halawiyah Lubis Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Neyza Dwi Alini Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Anggun Abelia Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Elyda Hidayah Nasution Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Ampun Bantali Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1377

Keywords:

Motorik Halus, permainan lego, Anak Usia Dini, TK Ananda

Abstract

Penelitian ini memiliki bertujuan berupa pengidentifikasian serta melakukan penganalisisan mengenai upaya dalam peningkatan perkembangan motorik halus anak usia dini dengan melalui pelaksanaan kegiatabn bermain lego di TK Ananda Binjai Barat. Pendidikan fisik motorik pada anak usia dini sangat penting, terutama pada perkembangan motoric halus mereka untuk membantu mereka serta memudahkan mereka dalam melakukkan seluruh kegiatan sehari-hari nantinya. Pada kegiatan permainan lego yang telah dilaksanakan pada saat jam istirahat ataupun pada saat permainan dikelas ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan mereka terutama pada perkembangan motorik halusnya. Metode yang telah kami gunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukkan pendekatan kualitatif dengan proses observasi, wawancara, serta melakukan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan kegatan bermain lego ini tidak hanya menunjukkan peningkatkan pada aspek aspek perkembangan motorik halus mereka, tetapi juga memberikan kontribusi pada perkembangan lainnya seperti pada perkembangan sosial, emosional, seni serta moral anak. Dengan demikian, hal ini dapat menjadikan kegiatan pelaksanaan bermain lego dapat menjadi salah satu strategi yang begitu efesien dan efektif dalam pembentukkan perkembangan  motorik anak usia dini.

References

Alawiyah, T., & Parhaini, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Bermain Lego Konstruktif Pada Anak Kelompok A PAUD Raudatul Jannah Desa Genggelang Kecamatan Gangga. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 179–186. DOI: https://doi.org/10.55047/jrpp.v1i2.249

Assa’adah, K., & Mardhotilah, S. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus melalui kegiatan kolase Pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Muara Kasih Bengkalis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1064

Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). Stimulasi kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU==> Https://Journal. Uny. Ac. Id/v3/Jpa/Home), 7(2), 190–195. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333

Fajar, M. (2017). Peranan intelegensi terhadap perkembangan keterampilan fisik motorik peserta didik dalam pendidikan jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664

Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581

Hapsari, I. I. (2016). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: Indeks, 79–180.

Haverkamp, N. (2020). Measuring Wavelengths with LEGO® Bricks: Building a Michelson Interferometer for Quantitative Experiments. Physics Teacher, 58(9), 652–655. https://doi.org/10.1119/10.0002734 DOI: https://doi.org/10.1119/10.0002734

Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi perkembangan anak.

IGA, R. S. (2023). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Lego Di Tk Wiyata Bhakti Kecamatan Hulu Sungkai Kabupaten Lampung Utara. UIN Raden Intan Lampung.

Jalil, A. (2019). Pengembangan Media Permainan Lego Huruf Pada Anak Usia Dini. Pascasarjana.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Mutiara, S. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lego Block. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2). DOI: https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16920

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.

Rifa, I. (2019). Koleksi games edukatif di dlam dan luar sekolah.

Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 89–96. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553

Saputra, A. (2019). Permainan edukatif untuk anak usia dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.283

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Syafitri, L., Hendarmin, R., & Hartati, L. (2021). Metode Belajar Online Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak Sd Era Pademi Covid-19. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 57–68. DOI: https://doi.org/10.55047/prima.v1i1.31

Ulfah, M., & Muliawati, N. N. (2013). Konsep Dasar PAUD/Suyadi.

Zaman, B. (2011). Pengembangan Alat Permainan Edukatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1–3

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Nisa, C., Lubis, S., Alini, N., Abelia, A., Nasution, E., & Bantali, A. (2025). Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Pelaksanaan Permainan Lego di Tk Ananda Binjai Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 8. https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1377

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.