Upaya Meningkatkan Perkembangan Akhlak Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah Di TK Ar Raihan

Authors

  • Chairun Nisa Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Dewi Marina Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Siti Nurhalijah Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Rabitha Hanum Hasibuan Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1311

Keywords:

Akhlak, Moral, Anak Usia Dini, Shalat Dhuha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya peningkatan perkembangan akhlak dan moral anak usia dini melalui kegiatan Shalat Dhuha di TK Ar Raihan. Pendidikan akhlak dan moral pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter yang baik, terutama di tengah tantangan globalisasi yang kian meluas ini. Kegiatan Shalat Dhuha yang dilaksanakan secara rutin diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan sikap dan perilaku anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Shalat Dhuha tidak hanya meningkatkan aspek spiritual anak, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan sosial, emosional, dan moral mereka. Dengan demikian, kegiatan Shalat Dhuha ini dapat dijadikan salah satu strategi efektif dalam Pendidikan karakter anak usia dini.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Aldossary, N. A. (2023). Effect of Muslim Prayer (Salat) positions on the intra ocular pressure in healthy young individuals. Indian Journal of Ophthalmology, 71(6), 2495–2499. https://doi.org/10.4103/IJO.IJO_2565_22 DOI: https://doi.org/10.4103/IJO.IJO_2565_22

Aprillia, S. A., Norlaila, N., & Vitriana, B. (2024). Optimalisasi Aspek Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Pelangi, 2(1), 1–8.

Assa’adah, K., & Mardhotilah, S. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus melalui kegiatan kolase Pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Muara Kasih Bengkalis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1064

Boy, E. (2021). Salat dhuha improves haemodynamic: A randomized controlled study. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9, 1695–1700. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7666 DOI: https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7666

Boy, E. (2023). Salat dhuha effect on oxidative stress in elderly women: A randomized controlled trial. Saudi Journal of Biological Sciences, 30(4). https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2023.103603 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2023.103603

Dini, J. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715

Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Samudra Biru.

Fitriya, A. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama Untuk Meningkatkan Moral Agama Islam Anak Usia Dini Di Pos Paud Kamboja 69 Kabupaten Jember. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(3), 753–764.

Hamdi. (2024). Developing Digital-Based Islamic Religious Education Teaching Modules on the Subject Matter of Duha Prayer in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 131–146. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7520 DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7520

Hayati, S. N. (2017). Manfaat Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa. Jurnal Spiritualita, 1(1).

Khasanah, H., Nurkhasanah, Y., & Riyadi, A. (2017). Metode Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Dhuha Pada Anak Hiperaktif Di Mi Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(1), 1–25. DOI: https://doi.org/10.21580/jid.v36i1.1623

Lubis, D. M. R. (2023). Penerapan Religious Culture Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dan Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah, 4(4), 903–916. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.649 DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.649

Nurhadi, R., Lubis, M., & Khomaeny, E. F. F. (2022). Pengaruh Gerakan Sholat Dhuha Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Unsur Keseimbangan Anak Usia 5-6 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 110–120. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1874

Osama, M. (2019). Activation of the trunk muscles during Salat (Muslim Prayer). JPMA. The Journal of the Pakistan Medical Association, 69(12), 1929. https://doi.org/10.5455/JPMA.33-1553667415 DOI: https://doi.org/10.5455/JPMA.33-1553667415

Paujiah, P., Fitrianor, F., Hamdani, R., Mutmainah, A. S., Subandi, S. A., & Ramli, A. (2022). Pembiasaan Salat Duha sebagai Implementasi Visi Sikap Religius Anak di Taman Kanak-Kanak. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 183–193. DOI: https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3122

Quba, A. A. (2024). A Discourse Analysis of Surah Al-Duha in the Holy Quran: Implications for Contemporary Discourse. World Journal of English Language, 14(2), 36–42. https://doi.org/10.5430/wjel.v14n2p36 DOI: https://doi.org/10.5430/wjel.v14n2p36

Rosad, W. S. (2020). Pelaksanaan shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu Ajibarang Wetan. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 119–138. DOI: https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.195

Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 89–96. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553

Sari, N., & Andriani, D. (2020). Pengaruh Sholat Dhuha terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Ar-Rahmah Tanjung Atap. PERNIK, 3(2), 166–1 DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4185

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Nisa, C., Marina, D., Nurhalijah, S., & Hasibuan, R. (2025). Upaya Meningkatkan Perkembangan Akhlak Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah Di TK Ar Raihan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 8. https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1311

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)