Upaya Meningkatkan Perkembangan Akhlak Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah Di TK Ar Raihan
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1311Keywords:
Akhlak, Moral, Anak Usia Dini, Shalat DhuhaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya peningkatan perkembangan akhlak dan moral anak usia dini melalui kegiatan Shalat Dhuha di TK Ar Raihan. Pendidikan akhlak dan moral pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter yang baik, terutama di tengah tantangan globalisasi yang kian meluas ini. Kegiatan Shalat Dhuha yang dilaksanakan secara rutin diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan sikap dan perilaku anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Shalat Dhuha tidak hanya meningkatkan aspek spiritual anak, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan sosial, emosional, dan moral mereka. Dengan demikian, kegiatan Shalat Dhuha ini dapat dijadikan salah satu strategi efektif dalam Pendidikan karakter anak usia dini.
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Aldossary, N. A. (2023). Effect of Muslim Prayer (Salat) positions on the intra ocular pressure in healthy young individuals. Indian Journal of Ophthalmology, 71(6), 2495–2499. https://doi.org/10.4103/IJO.IJO_2565_22 DOI: https://doi.org/10.4103/IJO.IJO_2565_22
Aprillia, S. A., Norlaila, N., & Vitriana, B. (2024). Optimalisasi Aspek Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Pelangi, 2(1), 1–8.
Assa’adah, K., & Mardhotilah, S. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus melalui kegiatan kolase Pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Muara Kasih Bengkalis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1064
Boy, E. (2021). Salat dhuha improves haemodynamic: A randomized controlled study. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9, 1695–1700. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7666 DOI: https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7666
Boy, E. (2023). Salat dhuha effect on oxidative stress in elderly women: A randomized controlled trial. Saudi Journal of Biological Sciences, 30(4). https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2023.103603 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2023.103603
Dini, J. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Samudra Biru.
Fitriya, A. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama Untuk Meningkatkan Moral Agama Islam Anak Usia Dini Di Pos Paud Kamboja 69 Kabupaten Jember. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(3), 753–764.
Hamdi. (2024). Developing Digital-Based Islamic Religious Education Teaching Modules on the Subject Matter of Duha Prayer in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 131–146. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7520 DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7520
Hayati, S. N. (2017). Manfaat Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa. Jurnal Spiritualita, 1(1).
Khasanah, H., Nurkhasanah, Y., & Riyadi, A. (2017). Metode Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Dhuha Pada Anak Hiperaktif Di Mi Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(1), 1–25. DOI: https://doi.org/10.21580/jid.v36i1.1623
Lubis, D. M. R. (2023). Penerapan Religious Culture Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dan Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah, 4(4), 903–916. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.649 DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.649
Nurhadi, R., Lubis, M., & Khomaeny, E. F. F. (2022). Pengaruh Gerakan Sholat Dhuha Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Unsur Keseimbangan Anak Usia 5-6 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 110–120. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1874
Osama, M. (2019). Activation of the trunk muscles during Salat (Muslim Prayer). JPMA. The Journal of the Pakistan Medical Association, 69(12), 1929. https://doi.org/10.5455/JPMA.33-1553667415 DOI: https://doi.org/10.5455/JPMA.33-1553667415
Paujiah, P., Fitrianor, F., Hamdani, R., Mutmainah, A. S., Subandi, S. A., & Ramli, A. (2022). Pembiasaan Salat Duha sebagai Implementasi Visi Sikap Religius Anak di Taman Kanak-Kanak. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 183–193. DOI: https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3122
Quba, A. A. (2024). A Discourse Analysis of Surah Al-Duha in the Holy Quran: Implications for Contemporary Discourse. World Journal of English Language, 14(2), 36–42. https://doi.org/10.5430/wjel.v14n2p36 DOI: https://doi.org/10.5430/wjel.v14n2p36
Rosad, W. S. (2020). Pelaksanaan shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu Ajibarang Wetan. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 119–138. DOI: https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.195
Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 89–96. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6553
Sari, N., & Andriani, D. (2020). Pengaruh Sholat Dhuha terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Ar-Rahmah Tanjung Atap. PERNIK, 3(2), 166–1 DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4185
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chairun Nisa, Dewi Marina, Siti Nurhalijah, Rabitha Hanum Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.