Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky

Authors

  • Hilda Nurul Insani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1272

Keywords:

Anak Usia Dini Pemalu, Bahasa, Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak usia dini pemalu melalui pendekatan teori zona perkembangan proksimal (ZPD) Vygotsky. Anak-anak dengan sifat pemalu sering kali menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan berbahasa karena mereka tidak dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungannya,  hambatan dalam bersosialisasi ini secara signifikan dapat mengurangi kesempatan mereka untuk mengembangkan kemampuan berbahasa secara optimal serta menjadi sebuah hambatan bagi kesempatan belajar mereka. Tulisan ini merupakan kajian literature review, di mana penulis mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan strategi efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak usia dini pemalu dengan pendekatan teori vygotsky tentang zona perkembangan proksimal (ZPD). Studi menemukan bahwa anak-anak pemalu yang menerima bimbingan berdasarkan ZPD secara signifikan meningkatkan kemampuan bahasa mereka, meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi hambatan sosial yang sebelumnya mereka alami. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teori zona perkembangan proksimal (ZPD), secara efektif dapat meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui lingkungan belajar yang suportif dan adaptif.

References

Alfira, D., & Siregar, M. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15-15. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.641

Astari, T., Purwanti, K. Y., Arditama, A. Y., Subhananto, A., Nuryanti, M. S., Nyihana, E., ... & Hikmah, A. N. (2024). Ekologi Sosialisasi Anak: Perspektif Keluarga, Sekolah Dan Komunitas. Cv. Edupedia Publisher.

Azizah, I. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan teori vygotsky pada pembelajaran matematika materi geometri. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 19-26. DOI: https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.220

Azizah, N., & Suyadi, S. (2023). Peranan Guru Menangani Sifat Pemalu Anak Melalui Permainan Edukatif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 464-472. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4068

Dini, J. P. A. U. (2021). Bahasa reseptif anak usia 3-6 tahun di indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Etnawati, S. (2021). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130-138. DOI: https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216-1227.

Fitriana, T. R., & Yusuf, M. (2024). Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Indonesia: Systemic Literature Review. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 63-74.

Ginting, N. G. (2023). Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini Dan Membangun Karakterk Anak. Journal Sains Student Research, 1(1), 165-178.

Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1150

Hasanah, L., Maula, F., Husna, N., & Shodiqoh, L. (2022). Penanganan insecure pada anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 77-90.

Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75-94. DOI: https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.

Khoirunnisa, S. (2021). Pemalu Pada Anak Usai Dini. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(1). 17-24 DOI: https://doi.org/10.17509/recep.v2i1.30628

Kiromi, I. H. (2018). Pengaruh Metode Role Playing/Bermain Peran Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa pada Anak. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57-66. DOI: https://doi.org/10.36835/attalim.v4i1.54

Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan anak usia dini dengan gangguan perkembangan bahasa ekspresif di KB Al Azkia Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Iain Purwokerto. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(1), 20-39.

LESTARI, A. P. P. (2024). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN SELF EFFICACY DENGAN SELF ESTEEM PADA REMAJA PANTI ASUHAN DI PEKANBARU (Doctoral dissertation, UIN SUSKA RIAU).

Ma, A. A. J. M. M., Handayani, N. S., & Munawarah, H. (2024). Konsep Zone Of Proximal Development (ZPD) Dalam Permainan Anak Anak. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 1-10.

Masfufah, U. (2021). Bahasa & Perkembangan Literasi pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 7-13. DOI: https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.131

Nurfajani, N., Oktariana, R., & Mutiawati, Y. (2021). Analisis Permasalahan Anak Pemalu Pada Usia 5-6 Tahun di Kelompok B TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1). DOI: https://doi.org/10.56806/jh.v3i1.66

Nurhafizh, I., & Hidayat, D. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Cerita di Kelompok Bermain (KB) Lestari Cibitung. Journal Of Lifelong Learning, 7(1), 54-60.

Pajrini, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Modeling pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di PAUD Harapan Baru Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 153-170. DOI: https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.626

Pradita, E. L., Dewi, A. K., Tsuraya, N. N., & Fauziah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1238-1248. DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.883

Pratiwi, R. A., Syafrudin, U., & Oktaria, R. (2024). Strategi Afektif Dalam Mengatasi Permasalahan Pemalu Pada AUD: Faktor Penyebab, Pendekatan, Dan Dampak Psikososial. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 320-334. DOI: https://doi.org/10.53515/cej.v5i2.6346

Prawita, E., Yuliasari, H., & Syah, M. E. (2024). Teori-Teori Psikologi Kepribadian: Pengantar Keilmuan Psikologi. Feniks Muda Sejahtera.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. DOI: https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Rifa, N., & Suryana, D. (2022). Peranan Guru dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12533-12543.

Sabarrudin, S., Andariska, O., & Fitriani, W. (2022). Perilaku Insecure Pada Anak Usia Dini. Jurnal Sinestesia, 12(1), 224-232.

Sari, M. (2020). Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. AULADA: Jurnal pendidikan dan perkembangan anak, 2(1), 37-46.

Sari, M. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak 5-6 Tahun Di Tk Jernih Ni Telege Aceh Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of business research, 104, 333-339. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media.

Taufiqurrahman, S., & Suyadi, S. (2020). Analisis aspek perkembangan bahasa anak usia dasar dalam proses pembelajaran. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(2). DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1045

Zahra, S., & Sit, M. (2024). Eksplorasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Analisa Faktor, Indikator, Dan Tahapan Perkembangan. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 278-288. DOI: https://doi.org/10.53515/cej.v5i2.6339

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Insani, H. (2024). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 14. https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1272

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.