Pengembangan Pop-Up Book 3D Five Magic Words untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.251Keywords:
pop up book, five magic words, expressive language, early childhoodAbstract
Mengembangkan pop-up book 3D five magic words untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun merupakan tujuan studi ini, penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Deveploment dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) ditujukan untuk menghasilkan sebuah produk yang menekankan setiap komponen saling terkoordinasi sesuai dengan kelima tahap model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini menggunakan pengukuran data berdasarkan instrumen kuesioner untuk review ahli serta instrument evaluasi untuk orang tua. Nilai akhir uji kelayakan anak usia 4-5 tahun masing-masing adalah 96% dan 95%, berdasarkan uji validitas yang dilakukan oleh pakar media. Berdasarkan temuan penelitian, anak usia 4-5 tahun dapat memperoleh manfaat dari stimulasi bahasa ekspresif yang diberikan oleh pop-up book five magic words. Pada pop-up book five magic words ini memberikan manfaat yang dirasakan oleh anak, diantaranya, anak mampu untuk mengungkapkan kata dan kalimat yang sederhana, mengekspresikan persaaan anak, mudah memahami kata penggunaan salam, permisi, tolong, maaf, dan terima kasih.
References
Aulina , C. N. (2018). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini . Sidoarjo: Pustaka UMSIDA Pers. DOI: https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3
Bluemel, N. L., & Taylor, H. R. (2012). Pop-up Books A Guide for Teacher and Librarians. DOI: https://doi.org/10.5040/9798400699092
Chang, P. (2019). Word Magic: The Powers and Occult Definition of Words Second Edition. Esoteric Knowledge Publshing.
Cheung, R. W., Hartley, C., & Monaghan , P. (2021). Recepetive and expressive language ability differentially support symbolic understanding over time: Picture comprehension in late talking and typically developing children. Journal of Experimental Child Psychology, 2. DOI: https://doi.org/10.31234/osf.io/tjw72
Derlega, V. J., & Grezlak, J. (2013). Cooperation and Helping Behavior Theories and Research. New York: Academic Pers.
Jackson, P. (2014). Cut and Flod Techniques for Pop-Up Design. United Kingdom: King Publshing.
Jalongo, M. R. (2014). Early Childhood Language Art Sixth Edition. United States of America: Library of Congress Cataloging.
Jones, P. J. (2017). Exactly What To Say The Magic Words for Influence and Impact. Hoboken, New Jersey: Box of Trick.
Margerie, H., & Muller, P. (2021). Excuse me vs. (I'm) sorry as two constrasting markers of interlocutive relations . Open Edition Journals, 4.
Margerie, H., & Muller, P. (2021). Excuse me vs. (I'm) sorry as two contrasting markers of interclocutive relations. Open Edition Journals, 3.
Nilsson, J., Norby, C., & Marian, K. S. (2020). What is in a greeting? The Social Meaning of Greetings in Sweden-Swedis Finland-Swedish Encounters. Journal of Pargmatics, 2. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2020.06.007
Nurani, Y. (2019). Persepektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Metagrafis.
Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 115-116. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3574
Rayanto, H. Y., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 Teori dan Praktek. Jawa Timur: Lembaga academic & Reseacrh Institute.
Schwartz, J. (2020). Saying 'Thank You and Meaning It. Australasian Journal of Philosophy, 4. DOI: https://doi.org/10.1080/00048402.2019.1698627
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sulistyaningrum, U. (2018). Penggunaan Salam Sebagai Ungkapan Sapaan Dalam Drama Seigi No Mikatadan Ohitorisama. Jurnal Penelitian Humaniora, 53.
Usman, M. (2019). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Widayati, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro Pada Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 91-94.
Worthington, E. L. (2013). Forgiveness and Reconciliation Theory and Application. New York: Routledge Taylor & Francis Group. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203942734
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meeisya Eka Saputri, Nurbiana Dhieni, Yasmin Faradiba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.