Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di RA Miftahul Jannah Binjai untuk Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i3.1739Keywords:
Strategi, Pengelolaan, Lingkungan belajar, PAUDAbstract
Pendidikan anak usia dini bertujuan mengembangkan potensi anak secara menyeluruh dan mempersiapkan mereka untuk pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan lingkungan belajar di RA Miftahul Jannah, yang meliputi dua ruang kelas, area outdoor, dan 40 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data terkait pengelolaan lingkungan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun fasilitas yang ada cukup memadai dan pengelolaan lingkungan belajar dilakukan dengan baik, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi. Salah satu kendala utama adalah kurangnya fasilitas permainan outdoor yang memadai, serta rendahnya pengetahuan pendidik tentang pengelolaan lingkungan belajar yang efektif. Temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan kualitas fasilitas dan pengembangan pengetahuan di kalangan pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif. Dengan perhatian yang lebih pada aspek-aspek ini, RA Miftahul Jannah dapat lebih efektif dalam mendukung perkembangan optimal anak-anak. Penelitian ini menekankan bahwa investasi dalam pendidikan anak usia dini dan pengelolaan lingkungan belajar yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
References
Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 179-188.
Amperawati, L. (2023). Mengembangkan Visi, Misi, Dan Evaluasi Program Paud. Manajemen & Evaluasi Kinerja Organisasi: Implementasi pada Pendidikan Anak Usia Dini, 92-97.
Andika, A. (2023). Revitalization of SPS Tunas Bangsa PAUD: Creating a Conducive Early Childhood Education Environment. Asian Journal of Community Services, 907-916.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for child development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Khoirunnisa, K. (2024). Pengelolaan Lingkungan Belajar untuk Menumbuhkan Rasa Cinta terhadap Al-Qur’an di RA Al-Hanif. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 585-592.
Laura, A. (2024). POJOK BACA SEBAGAI LANGKAH AWAL MENUJU LITERASI YANG KUAT BAGI ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 79-85.
Niam, M. F. (2024). Metode penelitian kualitatif. CV Widina Media Utama.
Ningsih, A. D. (2024). Transformasi Peran Guru Sebagai Pilar Pendidikan dan Masyarakat Modern. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 130-137.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 34-54.
Rachman, S. A. (2020). Pentingnya penyediaan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak usia dini berbasis kunjungan belajar di masa new normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 480-487.
Sianturi, R. (2023). Prinsip dan Prosedur Pengelolaan Lingkungan Belajar di RA Baiturrahman, Tasikmalaya. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-10.
Sriwanto, W. (2024). Konsep Pengelolaan Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 123-130.
Syauqia, D. Z. (2025). DAMPAK LINGKUNGAN BELAJAR PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif.
Yulia, N. K. (2022). Manajemen Desain Penataan Lingkungan Berwawasan Green School di Raudlatul Athfal Raudlatul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 149-166.
Astuti, R. N., & Marlina, L. (2021). Strategi Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1021–1029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.854
Hidayat, A., & Sumarni, R. (2022). Pengaruh Kualitas Lingkungan Belajar Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(1), 65–72.
Wulandari, D. A. (2023). Desain Lingkungan Bermain Edukatif untuk Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 8(1), 14–22.
Hasanah, U., & Fitria, R. (2020). Kreativitas Guru dalam Menata Lingkungan Belajar di Lembaga PAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 1–9.
Zahro, S., & Lestari, Y. (2021). Peran Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(1), 18–25.
Kurniawati, H., & Ramadhani, L. (2023). Implementasi Green Environment dalam Lingkungan PAUD Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 99–108.
Indriyani, A., & Suryadi, B. (2022). Pengaruh Lingkungan Fisik dan Non-Fisik Terhadap Minat Belajar Anak di TK. Jurnal Ilmiah Visi, 17(1), 33–40.
Marlina, M., & Novitasari, D. (2021). Media dan Alat Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 3(2), 55–62.
Nurfadilah, A., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Lingkungan Belajar Berdiferensiasi di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas, 4(2), 88–96.
Sari, P. W., & Yuliani, S. (2024). Efektivitas Penataan Zona Bermain untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Anak Cerdas, 6(1), 45–53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arie Dwi Ningsih, Angel Laura, Diva Trisna Hartaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.