Inovasi Permainan Engklek untuk Menstimulasi Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.316Keywords:
Media Pembelajaran Inovatif, Gerak Lokomotor, Anak Usia Dini, Permainan Tradisional, EngklekAbstract
Kajian ini berguna dalam menciptakan media pembelajaran yang merangsang gerak dasar pada anak usia 5 hingga 6 tahun. Kajian ini menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Kajian ini menggunakan instrumen kuesioner untuk ulasan ahli serta instrumen penilaian satu ke satu dengan anak usia 5 hingga 6 tahun. Pengujian efektivitas produk dari ahli materi menghasilkan skor sejumlah 98,4%. Pengujian efektivitas produk dari ahli media menghasilkan skor sejumlah 85,9%. Skor akhir adalah 93,5% saat produk diujikan pada anak usia 5 hingga 6 tahun. Dari hasil kajian ditemukan bahwa media pembelajaran inovatif "ENGKASA'' mencukupi persyaratan tersebut. Media pembelajaran inovatif ini berhasil meningkatkan motorik dasar khususnya gerak dasar lokomotor anak usia 5 hingga 6 tahun. Media pembelajaran inovatif ini membagikan kepada anak materi tentang kegiatan fisik seperti berjalan, berlari, melompat, meloncat, serta merangkak. Media ini secara praktis dapat digunakan sebagai media pembelajaran di lingkungan anak usia dini maupun di rumah.
References
Adpriyadi, A. (2017). Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 187-198. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016
Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B Hijau Melalui Permainan Engklek Rintangan Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178-190. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26680
Arifin, Z. (2012). Model penelitian dan pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran Ed. Revisi – Cet.20.
Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). DOI: https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
CNN Indonesia. (2015, 3 November). Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan. Diakses pada 7 Maret 2023, pukul 22:30, dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan
Daryanto, D. (2016). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, Edisi ke-2 Revisi. Gava Media.
Djuanda, I., & Suryani, R. L. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. el-Moona: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 1-14.
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1-6. DOI: https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Fitri, F. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Gerak dan Lagu di RA Muslimat NU Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. Jones & Bartlett Learning.
Hainstock, E. G. (2008). kenapa Montessori. Keunggulan Metode Montessori Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Mitra Media.
Hambali, H., Tularsih, S., & Mursinah, M. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Tradisional “Engklek” Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kb. Mnu. 10 Taman Pintar Grenggeng Tahun Pelajaran 2021/2022. CERMIN: Jurnal Penelitian, 6(2), 594-608. DOI: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.2383
Handayani, S. (2016). Menggapai Permainan Tradisional Anak Indonesia dalam Perangkat berbasis Android. Jurnal The Messenger, 8(2), 61-67. DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v8i2.336
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Irma Dewi. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B1 Melalui Permainan Engklek Warna-Warni Di TK Kemala Bhayangkari 28 Situbondo Kecamatan Patokan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (s.d.). Kecanduan Gawai Ancam Anak-Anak. Diakses pada 7 Maret 2023, pukul 22:00, dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28.
Khoiri, N. (2018). Metodologi penelitian pendidikan: ragam, model, dan pendekatan. Semarang: Southeast Asian Publishing.
Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Kencana.
Magfiroh, L., Wulandari, R. T., & Maningtyas, R. T. (2019). Penerapan Permainan Lompat Ceria Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk 3 Gunungsari Pasuruan. Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.17977/um053v2i2p44-52
Mardayani, K. T., Mahadewi, L. P. P., & Magta, M. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Kelompok B di PAUD Widhya Laksmi Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Campustaka.
Nurani, Y. (2020). Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks
Pebryawan, K. (2015). Engklek sebagai sarana pembelajaran yang asik di tengah permainan modern. Magistra, 27(92).
Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Kencana.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.
Priyono. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing
Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita, H. (2019). Pengembangan alat permainan edukatif anak usia dini.
Rihatno, T. (2020). Model Pembelajaran Lokomotor Anak Usia PAUD 4-6 Tahun, Jakarta.
Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi perkembangan anak usia dini: melalui permainan tradisional engklek. Edu publisher.
Sahrudin, A., & Trisnawati, T. (2018). Pengembangan metode problem based learning melalui permainan engklek untuk meningkatkan thinking math peserta didik MA Global School. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 32-43. DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.999
Saputra, S. Y. (2017). Permainan tradisional vs permainan modern dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Sari, D. K., Dwipurra, P. H., Nisa’Rizky, S., & Masrifah, L. D. (2022). Traditional Games, Use Gadget Pendampingan Permainan Tradisional dalam mengurangi penggunaan Gadget pada Anak Pra Sekolah di PAUD Cahaya Hati Kota Kediri. Journal of Community Engagement in Health, 5(1), 51-63. DOI: https://doi.org/10.30994/jceh.v5i1.339
Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta:Pedagogia
Sulistiawati, R. (2017). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Lokomotor Di Taman Kanak-Kanak Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar.
Suzana, S., Umayah, U., & Zulhida, R. (2021). Efektivitas Permainan Engklek Modifikasi untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok A di TK Cahaya Maulida II Desa Panjalin Lor Sumberjaya-Majalengka. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 2(2), 59-69. DOI: https://doi.org/10.47453/hadlonah.v2i2.460
The Asian Parent. (2023, 8 Maret). 10 Bahaya Penggunaan Gadget pada Anak. Diakses pada 8 Maret 2023, pukul 14:12, dari https://id.theasianparent.com/10-bahaya-penggunaan-gadget-pada-anak
Wibowo, A. (2019). Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang: Wineka Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Qurrotun Nada, Yuliani Nurani, Hikmah Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.