Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.565Keywords:
Pola Asuh Permisif, Pertumbuhan Anak Usia Dini, Perkembangan Anak, Dampak Pola Asuh, Interaksi Sosial AnakAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengeksplorasi efek pengasuhan penuh pemahaman terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak prasekolah. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah survei literatur yang merangkum informasi dari berbagai sumber yang relevan dengan subjek ini. Hasil penelitian menegaskan bahwa pendekatan pengasuhan penuh pemahaman, yang cenderung memberikan kehangatan, pengertian, dan dukungan kepada anak-anak tanpa menekankan batasan yang kaku, dapat memiliki implikasi yang signifikan terhadap perkembangan dan pertumbuhan optimal anak-anak pada tahap ini. Dalam konteks pertumbuhan fisik, pola asuh permisif dapat menyebabkan anak kurang disiplin dalam menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, yang pada gilirannya dapat memengaruhi pertumbuhan mereka. Sementara itu, dari segi perkembangan emosional dan sosial, anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan permisif mungkin mengalami kesulitan dalam menetapkan batasan, mengelola emosi, dan berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang sesuai. Namun demikian, penelitian juga menyoroti bahwa dampak pola asuh permisif dapat bervariasi tergantung pada konteks budaya, kondisi keluarga, dan karakteristik individu anak. Beberapa anak mungkin mampu mengatasi dampak negatifnya dengan dukungan yang cukup dari lingkungan lain seperti sekolah atau teman sebaya.
References
Arifin, A. N. (2019). Pengaruh pola asuh permisif terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. repository.unj.ac.id. http://repository.unj.ac.id/3153/
Asy-syamsa, W. D., & Zulfa, E. S. (2022). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam Dan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. DOI: https://doi.org/10.58355/attaqwa.v1i1.5
Ciuhan, G. C. (2024). Relationship between permissive parenting style and atypical behaviour in preschool children, with generalized anxiety as mediator. Early Child Development and Care, 194(4), 624–632. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.2017908 DOI: https://doi.org/10.1080/03004430.2021.2017908
Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56-61. DOI: https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328
Faught, G. G. (2022). Permissive parenting mediates parental stress and child emotions in families of children with Down syndrome. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities, 35(6), 1418–1428. https://doi.org/10.1111/jar.13031 DOI: https://doi.org/10.1111/jar.13031
Hanum, U. L., Masturi, M., & Khamdun, K. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2443-2450.
Kelleher, J. A. (2024). Associations among permissive parenting, family mealtime behaviors, nutrition, and blood glucose in children with type 1 diabetes. Children’s Health Care, 53(3), 279–298. https://doi.org/10.1080/02739615.2023.2203928 DOI: https://doi.org/10.1080/02739615.2023.2203928
Khamim, N. (2021). Perkembangan kepribadian anak dengan pola asuh permisif, over protektif dan otoritatif. Journal of Education and Religious Studies. https://scholar.archive.org/work/tm7usnbppnc27b5xsvf42eur4e/access/wayback/https://journal.academiapublication.com/index.php/jers/article/download/6/11 DOI: https://doi.org/10.57060/jers.v1i01.6
Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331-5341. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Nurli, S. H., Chotimah, P., & ... (2023). Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/2595
Nuryatmawati, A. M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan …. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/5286
Ramadanty, A., Putriani, P., Hibana, H., & Ayu, S. M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Kabupaten Bone. Generasi Emas, 5(2), 67-82. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1323
Rönsch, H. (2020). Effectiveness of laws and policies governing permissive parenting in pursuit of the reduction of severe child abuse in Germany. Children and Youth Services Review, 119. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105510 DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105510
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923-930. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506-5518. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717
van Herwijnen, I. R. (2020). Permissive parenting of the dog associates with dog overweight in a survey among 2,303 Dutch dog owners. PLoS ONE, 15(8). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237429 DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237429
Winarsih, Y., Lenny, L., Susanti, N. P. A. D. A., & Yunitasari, S. E. (2023). Pola Asuh Orangtua dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2481-2485. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1849
Yapalalin, S., Wondal, R., & Al Hadad, B. (2021). Kajian Tentang Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2111
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laila Qotrunnada, Astuti Darmiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.