Gaya Parenting Dalam Perspektif Al-Qur’an: Dampaknya Pada Pendidikan Sosial Anak Usia Dini

Authors

  • Zaqy Faridatus Sholekhah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Naufal Taqiyuddin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Naila Syahda Salsabila Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Mar'atul Mufida Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ana Rahmawati Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1162

Keywords:

Gaya Pengasuhan, Al-Qur'an, Pendidikan Sosial Anak Usia Dini

Abstract

Gaya pengasuhan dalam perspektif Al-Qur'an memainkan peran penting dalam pendidikan sosial anak usia dini, yang merupakan fase penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan sosial. Al-Qur'an memberikan pedoman yang jelas bagi orang tua dalam mendidik anak, seperti yang tercermin dalam kisah Luqman yang menekankan nilai-nilai ketaatan, moralitas, dan etika. Gaya pengasuhan yang mengutamakan teladan, perhatian, dan kasih sayang dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial anak. Berdasarkan latar belakang ini, terdapat beberapa masalah, yaitu: 1) Bagaimana konsep pengasuhan dalam Al-Qur'an? 2) Apa saja hambatan orang tua dalam mendidik anak usia dini? Penelitian ini merupakan studi literatur yang menggali data dari berbagai literatur terkait materi yang diteliti, termasuk jurnal, artikel, dan sumber perpustakaan internal, serta karya dalam berbagai bentuk. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis konten, yaitu teknik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pengasuhan memiliki landasan utama dalam Al-Qur'an untuk menanamkan karakter pendidikan sosial pada anak usia dini. Orang tua harus menyesuaikan diri dengan kehidupan anak agar cara terbaik dalam mendidik anak diperlukan, menanamkan konsep tauhid, dan menanamkan akhlak yang baik pada anak. Selain itu, orang tua juga perlu bijaksana dalam menghadapi teknologi di era digital untuk mendidik anak, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sebenarnya sangat membantu dalam proses pendidikan

References

Abnisa Pratama, A. (2017) ‘Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Qur’an’, Jurnal Asy-Syukriyyah, 18, pp. 67–81. DOI: https://doi.org/10.36769/asy.v18i1.72

Kusuma, H.W., Darmawi, D. and Sibuan, S. (2024) ‘Islamic Parenting: Pola Asuh Anak dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(4), p. 2412. Available at: https://doi.org/10.35931/aq.v18i4.3600. DOI: https://doi.org/10.35931/aq.v18i4.3600

Nurliana, N. and Aini, N. (2021) ‘Dampak Gadget Terhadap Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Lut Tawar’, Jurnal As-Salam, 5(1), pp. 101–109. Available at: https://doi.org/10.37249/assalam.v5i1.247. DOI: https://doi.org/10.37249/assalam.v5i1.247

Rofi’atul Afifah, Rizki Dwi Oktavia and Aning Zainun Qoni’ah (2020) ‘Studi Penafsiran Surat Al-Isra’ Ayat 23-24 Tentang Pendidikan Birru al-Walidain’, Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir dan Pemikiran Islam, 1(2), pp. 17–35. Available at: https://doi.org/10.58401/takwiluna.v1i2.234. DOI: https://doi.org/10.58401/takwiluna.v1i2.234

Ruslan, M. (2023) ‘Studi Analisis pada Era 5.0 tentang Konsep Parenting dalam Al- Qur ’ an’, International Conference on Islamic Studies (ICoIS), 4(2). DOI: https://doi.org/10.58223/icois.v4i2.246

Sari, S.Y. (2023) ‘pengaruh gaya parenting qur’ani terhadap partisipasi anak usia dini dalam pendidikan sosial’, Nucl. Phys., 13(1), pp. 104–116.

Triani, N. (2022) ‘Gaya Pola Pengasuhan Orang Tua Anak Umur 5-6 Tahun’.

Zaimuddin, Z., Arifai, A. and Muyasaroh, M. (2022) ‘Akhlak Berbuat Baik Terhadap Orang Tua Dalam Perspektif Al-Qur’an’, At-Tahfidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(1), pp. 1–18. Available at: https://doi.org/10.53649/at-tahfidz.v4i1.138. DOI: https://doi.org/10.53649/at-tahfidz.v4i1.138

.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Zaqy Faridatus Sholekhah, Naufal Taqiyuddin, Naila Syahda Salsabila, Mar’atul Mufida, & Ana Rahmawati. (2024). Gaya Parenting Dalam Perspektif Al-Qur’an: Dampaknya Pada Pendidikan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1162

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)