Gaya Parenting Dalam Perspektif Al-Qur’an: Dampaknya Pada Pendidikan Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1162Keywords:
Gaya Pengasuhan, Al-Qur'an, Pendidikan Sosial Anak Usia DiniAbstract
Gaya pengasuhan dalam perspektif Al-Qur'an memainkan peran penting dalam pendidikan sosial anak usia dini, yang merupakan fase penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan sosial. Al-Qur'an memberikan pedoman yang jelas bagi orang tua dalam mendidik anak, seperti yang tercermin dalam kisah Luqman yang menekankan nilai-nilai ketaatan, moralitas, dan etika. Gaya pengasuhan yang mengutamakan teladan, perhatian, dan kasih sayang dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan sosial anak. Berdasarkan latar belakang ini, terdapat beberapa masalah, yaitu: 1) Bagaimana konsep pengasuhan dalam Al-Qur'an? 2) Apa saja hambatan orang tua dalam mendidik anak usia dini? Penelitian ini merupakan studi literatur yang menggali data dari berbagai literatur terkait materi yang diteliti, termasuk jurnal, artikel, dan sumber perpustakaan internal, serta karya dalam berbagai bentuk. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis konten, yaitu teknik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pengasuhan memiliki landasan utama dalam Al-Qur'an untuk menanamkan karakter pendidikan sosial pada anak usia dini. Orang tua harus menyesuaikan diri dengan kehidupan anak agar cara terbaik dalam mendidik anak diperlukan, menanamkan konsep tauhid, dan menanamkan akhlak yang baik pada anak. Selain itu, orang tua juga perlu bijaksana dalam menghadapi teknologi di era digital untuk mendidik anak, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sebenarnya sangat membantu dalam proses pendidikan
References
Abnisa Pratama, A. (2017) ‘Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Qur’an’, Jurnal Asy-Syukriyyah, 18, pp. 67–81. DOI: https://doi.org/10.36769/asy.v18i1.72
Kusuma, H.W., Darmawi, D. and Sibuan, S. (2024) ‘Islamic Parenting: Pola Asuh Anak dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(4), p. 2412. Available at: https://doi.org/10.35931/aq.v18i4.3600. DOI: https://doi.org/10.35931/aq.v18i4.3600
Nurliana, N. and Aini, N. (2021) ‘Dampak Gadget Terhadap Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Lut Tawar’, Jurnal As-Salam, 5(1), pp. 101–109. Available at: https://doi.org/10.37249/assalam.v5i1.247. DOI: https://doi.org/10.37249/assalam.v5i1.247
Rofi’atul Afifah, Rizki Dwi Oktavia and Aning Zainun Qoni’ah (2020) ‘Studi Penafsiran Surat Al-Isra’ Ayat 23-24 Tentang Pendidikan Birru al-Walidain’, Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir dan Pemikiran Islam, 1(2), pp. 17–35. Available at: https://doi.org/10.58401/takwiluna.v1i2.234. DOI: https://doi.org/10.58401/takwiluna.v1i2.234
Ruslan, M. (2023) ‘Studi Analisis pada Era 5.0 tentang Konsep Parenting dalam Al- Qur ’ an’, International Conference on Islamic Studies (ICoIS), 4(2). DOI: https://doi.org/10.58223/icois.v4i2.246
Sari, S.Y. (2023) ‘pengaruh gaya parenting qur’ani terhadap partisipasi anak usia dini dalam pendidikan sosial’, Nucl. Phys., 13(1), pp. 104–116.
Triani, N. (2022) ‘Gaya Pola Pengasuhan Orang Tua Anak Umur 5-6 Tahun’.
Zaimuddin, Z., Arifai, A. and Muyasaroh, M. (2022) ‘Akhlak Berbuat Baik Terhadap Orang Tua Dalam Perspektif Al-Qur’an’, At-Tahfidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(1), pp. 1–18. Available at: https://doi.org/10.53649/at-tahfidz.v4i1.138. DOI: https://doi.org/10.53649/at-tahfidz.v4i1.138
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zaqy Faridatus Sholekhah, Naufal Taqiyuddin, Naila Syahda Salsabila, Mar'atul Mufida, Ana Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.