Penggunaan Aplikasi Tiktok “Terhadap Branding Diri” TPQ As-Shobur Palembang

Authors

  • Abdul Hanif Usman Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Nuraida Nuraida Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  • Sri Hertimi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i3.1688

Keywords:

TikTok, branding diri, TPQ As-Sobur, media sosial, Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan aplikasi TikTok terhadap branding diri Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) As-Sobur di Palembang. Dalam era digital, media sosial memiliki peran strategis untuk memperkenalkan dan memperkuat identitas suatu lembaga, termasuk TPQ. TikTok, sebagai salah satu platform populer, menyediakan fitur-fitur kreatif yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada khalayak yang lebih luas, terutama generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi terhadap konten TikTok yang dibuat oleh TPQ As-Sobur, wawancara dengan pengelola TPQ, serta dokumentasi aktivitas branding yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memberikan dampak positif terhadap upaya branding diri TPQ As-Sobur. Konten edukatif dan religius yang disajikan dalam bentuk video pendek berhasil menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan serta nilai-nilai yang ditawarkan oleh TPQ tersebut. Selain itu, strategi yang melibatkan kolaborasi dengan santri dan penggunaan tren TikTok berhasil meningkatkan keterlibatan audiens. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan seperti perlunya konsistensi dalam pembuatan konten, keterbatasan sumber daya, serta pengelolaan interaksi audiens yang memadai. Hasil kesimpulannya, penggunaan TikTok dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung branding diri TPQ As-Sobur, asalkan didukung oleh strategi yang terencana dan berkesinambungan. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang media sosial dalam pengelolaan identitas lembaga pendidikan berbasis keagamaan.

References

Adawiyah, Dwi Putri Robiatul (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148. Doi https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Alfi Damayanti Dan Dian Purworini, “Pembentukan Harga Diri: Analisisn Presentasi Diri Pelajar SMA Di Media Sosial, “ Jurnal Komunikasi 10, no 1 (2018): h.33.

Annisya Rakha Anandhyta, “Jurnal Nasional Pariwisata” 12, no. lv (2020)

Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2019). Hubungan antara Penggunaan Aplikasi Tiktok dengan

Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok) Vol. 4, No. 2, Oktober 2020, Hal 372 – 379

Dian Novita Sari Chandra Kusuma, Roswita Oktavianti: Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis

Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd, M.pd.dkk.Komunikasi Massa. ( Singaraja, Novemper 2016.Hal. 1-3). Di

Erving Goffman, “The Presentation of Self in Everyday Life”, (George Square N.Y: University of Edinburgh 1956). Hal 132-133

Erving Goffman, “The Presentation of Self in Everyday Life”, (George Square N.Y: University of Edinburgh 1956). Hal 135

Gian Tiara, “Dramaturgi Pengolahan Kesan Konten Kreator Di Media Sosial Instagram, “ JUrnal AKRAB JUARA 6 (2021): h. 14-24

Goffman, Erving. 1959. The Presentation of Self in Everyday Life. United States of America: Doubleday Anchor Books

H.A.W. Widjaja, Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), h. 8https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.7463

Ibid, h. 21

Ismail Suardi Wekke, No Title, n.d.

Jones, E. E., & Pittman, T. S. (1982). Toward a general theory of strategic Self-presentation. In J. Suls (Ed.), Psychological Perspectives on the Self (Vol.1, pp. 231-262). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.

Jones, E. E., & Pittman, T. S. (1982). Toward a general theory of strategic Self-presentation. In J. Suls (Ed.), Psychological Perspectives on the Self (Vol.1, pp. 231-262). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum

lansir pada laman https://www.researchgate.net.ac,id. Dikutip pada Minggu, 20 Maret2022pkl.12.00Wib

Mahyuddin, Masyarakat dan Gejala Problematika Sosial: Persilangan Dinamika Politik, Budaya, Agama dan Teknologi, (Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020), 172.

Margono, metode penelitian, (Bandung :alfabeta, 2014), h.67

Maria Ulfa Batoebera, “Aplikasi Tik-Tok Seru-SEruan Atau Kebodohan,”Network Media 3, no 2 (2020): h, 59-65

Media Social Tiktok Bandung Conference Series: Public Relations Vol. 3 No. 2 (2023), Hal: 387 – 393

Muhammad Dimas Chandra Purnama* , Kiki Zakiah (2023) Personal Branding Content Creator Di

Mulyana, Deddy.Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya. 2005. Hal 112

Nuru Aiyuda And Nandy Agustin Syakarofath, “Presentasi Diri I Sosial Media (Instagram Dan Facebok) Sebuah Literature Review, “ Psychoplyan (Jurnal Psikologi) 2 no. 2 (2019): h. 124-130

Onong Uchjana Efendi, Dinamika Komunikasi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002), h. 32

Perilaku Narsisme pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 2(3)

Philip Kottler dan Kevin Lane Keller, Handbook Of Research Of Effective Adversting Strategies In The Sosial Media Age, (Cambridge : IGI Global, 2016), hlm.338.

Philip Kottler dan Kevin Lane Keller, Handbook Of Research Of Effective Adversting Strategies In The

Putri Naning Rahmana, Dhea Amalia Putri N, and Rian Damariswara,”Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z,”Akademika 11, no 02 (2022): h 401-410

Reza Ayu Shofiana dan Juariyah,’’impression Management pengguna Aplikasitiktok,’’ jurnal Fisipol 4, no.1 (2018): h, 88-100.

Sandi Marga Pratama Dan Muchlis, “Pengaruh Aplikasi Tik Tok Terhadap Ekspresi Komunikasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel SurabayaTahun 2020”, Jurnal Komunikasi, Vol.01 No.2 (Agustus 2020),110.

Sandi Marga Pratama Dan Muchlis, “Pengaruh Aplikasi Tik Tok Terhadap Ekspresi Komunikasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya Tahun 2020”, Jurnal Komunikasi, Vol.01 No.2 (Agustus 2020),112.

Sitti Nurhalimah, Media Sosial dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi, (Sleman: Deepublish, 2019), 36.

Sosial Media Age, (Cambridge : IGI Global, 2016), hlm.338

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta,2012),hlm.2.

Susilowati, Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Personal Branding di Instagram (Studi deskriptif kualitatif pada akun @bowo_allpennliebe), Jurnal Komunikasi, 2018, vol. 9 no.2.

Winda Budiarti dan Kemala Dewi Personal Branding Di Media Digital Pada Akun Tiktok @Dailyjour Novia jurnal penelitian inovatif (JUPIN) vol.3, no3, desember 2023, hal. 573-544 https://jurnal-id.com/index.php/jupin

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Usman, A. H., Nuraida, N., & Hertimi, S. (2025). Penggunaan Aplikasi Tiktok “Terhadap Branding Diri” TPQ As-Shobur Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i3.1688

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.