Analisis Konten Youtube Radio Sonora Palembang dalam Pengembangan Komunitas Lokal

Authors

  • Agil Salsabila Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Eni Murdiati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i3.1781

Keywords:

YouTube, Radio Sonora Palembang, komunitas lokal, konten digital, partisipasi masyarakat, media digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran konten YouTube Radio Sonora Palembang, khususnya melalui program "Ruang Komunitas", dalam mendukung pengembangan komunitas lokal. Di era digital, media seperti YouTube menjadi sarana penting dalam membangun keterlibatan masyarakat, memperkuat identitas, serta menyebarkan informasi yang relevan secara luas. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanal YouTube Radio Sonora Palembang memfasilitasi komunitas lokal dalam menyuarakan gagasan, membagikan pengalaman, serta membangun kolaborasi sosial. Interaktivitas yang tercipta melalui komentar, live streaming, dan kolaborasi komunitas memperkuat keterlibatan masyarakat terhadap isu-isu lokal. Program seperti "Ruang Komunitas" terbukti efektif dalam menjembatani media dan publik, serta berperan sebagai media partisipatif dalam penguatan solidaritas dan pemberdayaan komunitas di Palembang. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan strategi konten, moderasi interaksi, dan pelibatan komunitas secara berkelanjutan untuk mengoptimalkan peran media digital dalam pembangunan sosial.

References

Abdussamad, Zuvhri. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV. Syakir Media Press, 2023.

Agustrijanto, Agustrijanto, Altobeli Lobodally. “Komunikasi Kesehatan Dalam Acara Sonar (Song Information and Reports) Di Radio Sonora 93.3 Fm Bandung.” Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan Vol 7, no. 2 (2022): 265–90.

Arifin, Zainal. Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Arofah, Kurnia. “Youtube sebagai media klarifikasi dan pernyataan tokoh politik.” Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 13, no. 2 (2018): 111–23.

Cahyono, Guntur, Nibros Hassani. “Youtube seni komunikasi dakwah dan media pembelajaran.” Jurnal Dakwah Vol 23, no. 1 (2019): 23–38.

Chakti, Gunawan. The book of digital marketing: Buku pemasaran digital. Celebes Media Perkasa, 2019.

Defransa, Muhammad Rafli, Yuliani Rachma Putri. “Analisis Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Program Pulang Sore Di Radio Play99ers 100 Fm Dalam Mendapatkan Pengiklan Di Masa Pandemi Covid-19.” eProceedings of Management Vol 9, no. 6 (2022).

Duffy, Peter. “Using Youtube: Strategies for Using New Media in Teaching and Learning.” in Enhancing Learning through Technology: Research on Emerging Technologies and Pedagogies (World Scientific, 2008, 31–43.

Fadhilah, Syarifah, Siti Nurjanah. “Strategi Dalam Mengoptimalisasi Konten Di Tiktok Effa Design Dalam Upaya Meningkatkan Engagement Rate.” KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol 11, no. 2 (2024): 68–77.

Fadilla, Annisa Rizky, Putri Ayu Wulandari. “Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data.” Mitita Jurnal Penelitian Vol 1, no. 3 (2023): 34–46.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum Vol 21, no. 1 (2021): 33–54.

Faiqah, Fatty, Muhammad Nadjib, Andi Subhan Amir. “Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram.” KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, no. 2 (2016): 259–72.

Faiqah, Fatty, Muh. Nadjib, dan Andi Subhan Amir. “YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSAR VIDGRAM.” Jurnal Komunikasi KAREBA Vol 5, no. 2 (2016): 259–72.

Habibah, Astrid Faidlatul. “Era masyarakat informasi sebagai dampak media baru.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis Vol 3, no. 2 (2021): 350–63.

Hajar, Ibn. “Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Dakwah Di Kota Makassar (Analisis Sosial Media).” Jurnal Al-Khitabah Vol 1, no. 2 (2018): 79 – 94.

Hakim, Faisol, Ahmad Fadlillah, M. Nafiur Rofiq. “Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman Vol 13, no. 1 (2024): 129–44.

Hakim, Azis. “Kearifan Lokal Pedagang dan Karakteristik Pasar Tradisional di Kota Pariaman dan Sekitarnya.” Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan Vol 15, no. 6 (2024).

Hardani. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV PustaKA Ilmu, 2020.

Haro, Andrian. Buku Ajar Komunikasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Hidayati. Peran rumah tahfiz al-fikri dalam pembentukan karakter gemar membaca qur’an pada santri yayasan al-fikri khazanah indonesia palemban. UIN Raden Fatah Palembang, 2022.

Iqbal, Muhammad, Muhammad Ashry Sallatu. “Dampak Ekspansi Alibaba Group Terhadap Perkembangan E-Commerce Di Indonesia.” Hasanuddin Journal of International Affairs Vol 2, no. 1 (2022): 68–91.

Ismail, Dingot Hamonangan, dan Joko Nugroho. “Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.” jurnal ilmiah pendidikan vol 5, no. 4 (2022).

Jailani, M. Syahran. “Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, no. 3 (2023): 1–9.

Jati, Rocky Prasetyo. “Memberdayakan Komunitas: Komunikasi Kooperatif Dalam Platform Media Komunitas.” Jurnal Communication Vol 14, no. 2 (2023): 190–205.

Joko adi purnomo joko. “Strategi Media Mnc Group Dan Kompas Gramedia Group Dalam Menghadapi Sistem Stasiun Jaringan Di Kota Semarang.” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 12, no. 1 (2021).

Khairani Faizah. “Fenomena Penggunaan Media Sosial Telah Menjadi Hal Yang Biasa, Dimana Melekat dan Menjadi Kebutuhan Pada Semua Kalangan. Akan tetapi, menurut Islam, dalam Menghadapi Fenomena ini tentu saja kita diharuskan Berpegangan Teguh kepada Sumber Hukum Islam yaitu.” Jurnal of Islam and Plurality Vol 3, no. 2 (2018).

Kohar, Abdul. “Konvergensi Media Radio Dalam Merebut Pendengar Gen Z (Studi Radio Suara Muslim).” An-Nida’: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 13, no. 1 (2024): 50–66.

Kristiyono, Jokhanan. Konvergensi Media: Transformasi Media Komunikasi di era digital pada Masyarakat Berjejaring. Prenada Media, 2022.

Majid, Abdul, Ahmad Asrof Fitri. “Implementasi Pengelolaan Dakwah Digital Melalui Youtube Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia.” Journal of Islamic Studies Vol 4, no. 5 (2025): 385–93.

Manora, Hecksa. “Budaya Ruwahan Sebagai Ajang Silaturahmi Bagi Masyarakat Dusun Taba Tinggi Desa Sukaraya Lama.” Jurnal Uluan: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, no. 2 (2024): 73–85.

Mardhiyyah, Millatul. “Konvergensi Media (Analisis Transformasi Media konvensional dalam Perspektif Ekonomi Kritis).” An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, no. 2 (2023): 129–44.

Mawardi, Muhamad Fahri, Aji Mulyana, Mia Amalia. “Gotong Royong Sebagai Fondasi Moral Budaya: Perspektif Hukum Dan Keharmonisan Sosial.” PROSIDING MIMBAR JUSTITIA vol 1, no. 1 (2024): 207–32.

Mowisu, Jeremia Axelano. “Analisis Dislikes to Likes Ratio Youtube Pada 5 Liga Terbaik Eropa Saat Ini,” 2022.

Mufid, Muhamad. Komunikasi & regulasi penyiaran. Prenada Media, 2020.

Nugraha, Bintang Agung Ade, Fifi Hasmawati, Muhammad Randicha Hamandia. “Strategi Radio Sonora 102, 6 FM Palembang pada Program Siaran “Indonesia Memilih.” Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital vol 2, no. 1 (2024): 12.

———. “Strategi Radio Sonora 102, 6 FM Palembang pada Program Siaran ‘Indonesia Memilih.’” Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol 2, no. 1 (2024): 12.

Nugraha, Bintang Agung Ade, Fifi Hasmawati, dan Muhammad Randicha Hamandia. “Strategi Radio Sonora 102,6 FM Palembang pada Program Siaran ‘Indonesia Memilih.’” Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital Vol 2, no. 4 (2024): 1–12.

Nurhayati, Meilisa Ani. “Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya.” AL-AUFA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman Vol 5, no. 3 (2023): 1–27.

“Observasi penelitian sejak 10 Februari 2025,” n.d. https://sonorapalembang.com/tentang-sonora/.

Rahman, Abdul. “Asimetrik Desa Adat.” AMU Press, 2024.

Rea, Gredha, Cholichul Hadi. “Kebosanan kerja pada karyawan radio Sonora Surabaya.” Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi Vol 1, no. 2 (2020).

Rilo Pambudi, Afif Afghohani, Isna Farahsanti. “The Effect of Youtube Video Media On Mathematical Learning Achievements In Tenth Grade Students SMK Negeri 2 Sukoharjo 2017/2018 Academic Year.” Jurnal Pendidikan Vol 28, no. 2 (2019): 175–182.

“Ruang Komunitas Bersama Bujang Gadis Palembang (Intelegasi),” n.d. https://www.youtube.com/watch?v=Qne5y6avGN8&t=269s.

“Ruang Komunitas bersama GENCAR,” n.d. https://www.youtube.com/watch?v=3F1GRGC5bkY&t=275s.

Saadah, Muftahatus, Yoga Catur Prasetiyo, Gismina Tri Rahmayati. “Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif.” Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika Vol 1, no. 2 (2022): 54–64.

Saroh, Siti May. “Penggunaan Youtube dalam Media Pembelajaran” Vol 5, no. 1 (2021): 12–19.

Schäfers, Bernhard, Bianca Lehmann. Gemeinschaft. Grundbegriffe der Soziologie. Wiesbaden: Springer Fachmedien Wiesbaden, 2024.

Sigit Tripambudi. “Radio Komunitas sebagai Media Alternatif untuk Pemberdayaan Masyarakat.” Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, no. 3 (2016): 323–43.

Sugiyono. Metode Penelitian, Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

———. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, dan R&D. Bandung: IKAPI, 2017.

———. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sulung, Undari, Mohamad Muspawi. “Memahami sumber data penelitian: Primer, sekunder, dan tersier.” Edu Research Vol 5, no. 3 (2024): 110–16.

Surya, Ir Batara, Patmawaty Taibe. Transormasi Spasial dan Perubahan Sosial Komunitas Lokal: Perspektif Dinamika Pembangunan Kawasan Kota Baru. Chakti Pustaka Indonesia, 2022.

Tanjung, Bahdin Nur, Elfrianto Elfrianto, Mutiara Akbar Nasution. “Strategi Digital Marketing Yang Efektif Untuk Menarik Minat Konsumen Generasi Z.” ECONOBIS: Journal of Economics, Business and Management Vol 1, no. 1 (2025): 6–10.

Tyas, Widi Wahyuning. “Konvergensi Media di Radio Gajahmada FM Semarang.” Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 2019.

Ulum, Mochamad Chazienul, Niken Lastiti Veri Anggaini. Community empowerment: teori dan praktik pemberdayaan komunitas. Universitas Brawijaya Press, 2020.

Wahid, Umaimah Mulyono, Menati Fajar Rizki. “Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu Televisi Lokal Melalui Budaya Lokal.” Jurnal Kajian Komunikasi Vol 6, no. 2 (2018): 160–74.

Wardani, Intan Aurellia Senja Rukhma, Haris Shofiyuddin. “Peran Koran Digital dalam Transformasi Sastra Indonesia Kajian Sosiologi Sastra di Era Tekhnologi 1.” Prosiding Konferensi Nasional Mahasiswa Sastra Indonesia (KONASINDO), 2024, 273–84.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Salsabila, A., Murdiati, E., & Hamandia, M. R. (2025). Analisis Konten Youtube Radio Sonora Palembang dalam Pengembangan Komunitas Lokal. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i3.1781

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.