Pengembangan Buku Digital Berbasis Website Canva: Optimalisasi Pembelajaran Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Kelas IV SDIT Al-Furqan Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1359Keywords:
Optimalisasi, Buku Digital, Website Canva, Hasil BelajarAbstract
Dengan semakin majunya perkembangan zaman, tentu sudah hal biasa kegiatan pembelajaran dibantu dengan teknologi. Guru menggunakan media teknologi untuk memudahkan kegiatan penyampaian materi kepada murid. Salah satu jenis media teknologi yang dapat memudahkan dalam penyampaian materi adalah bahan ajar berupa buku digital berbasis canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berupa media pembelajaran interaktif yaitu buku digital berbasis canva yang dapat digunakan oleh siswa kelas IV Al-Bukhari SDIT Al- Furqan Palangka Raya dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D), metode ini digunakan untuk menghasilkan produk baru atau mengembangkan serta menyempurnakan produk yang telah ada. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan 5 langkah yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penilaian didapat dari ahli desain 97,3%, penilaian guru sebesar 93,8%, hasil uji coba lapangan 93,02%, Hasil Uji T 0,00 menunjukan bahwa bahan ajar sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar, dan Analisis N-Gain sebesar 0,90 dengan kriteria tinggi, kesimpulan penelitian pengembangan bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446 DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Ariyana, R. Y., Susanti, E., & Haryani, P. (2022). Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 321–331. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.375 DOI: https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.375
Awandany, S. Della, & Budiastuti, E. (2020). Pengembangan Media Flowchart Pada Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana Di Man 1 Sleman. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/36504
Azizah, J., & Sarumaha, Y. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Membantu Proses Belajar-Mengajar. 3(2), 397–405. http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.123
Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827 DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827
Ekawatiningsih, P., & Auliana, R. (2015). Peningkatan Kompetensi Vokasional Siswa Smklb Melalui Penerapan Wirausaha Boga Sebagai Bekal Kecakapan Hidup (Life Skill). Jurnal UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315 DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Herniyastuti, & Kadir, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 101 Pajalesang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 2(2), 88–94. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.39 DOI: https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.39
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37. DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Khoiriyah, N. L., & Marisa, F. (2017). Perancangan Aplikasi Web E-Mohon Menggunakan Flow Chart Dan Unified Modelling Language (Fcuml). JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 14–23. https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.63 DOI: https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.63
Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14 DOI: https://doi.org/10.21009/JPI.041.14
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nabila, K. S., Sielvyana, S., & Rustini, T. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan di SD Kelas 4. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3953–3960.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154 DOI: https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Purwanto, H., Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Bahan Ajar Model Kooperatif. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 51–57. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2269 DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2269
Rachma, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554 DOI: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554
Rafiq, S., Iqbal, S., & Afzal, A. (2024). The Impact of Digital Tools and Online Learning Platforms on Higher Education Learning Outcomes. Al-Mahdi Research Journal (MRJ), May.
Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175 DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175
Saefuddin, M. T. T., Wulan, N., Savira, & Juansah, D. E. (2023). Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 784–808.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047 DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Siburian, R., Manullang, H., & Tamba, D. (2024). Siburian, dkk. Prosiding Seminar Nasional Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Ketertarikan Siswa dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 1246–1254. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2548
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892 DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Flash Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36. DOI: https://doi.org/10.21093/twt.v7i1.2166
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621 DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Wijaya, W. S., & Mustamu, R. H. (2013). Analisis Pengembangan Produk pada Perusahaan Tepung Terigu di Surayaba. Jurnal AGORA, 1(1), 1–10.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245 DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Syabrina, Muhammad Imron, Yulia Amelia, Elva Ramadiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.