Pengembangan Buku Digital Berbasis Website Canva: Optimalisasi Pembelajaran Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Kelas IV SDIT Al-Furqan Palangka Raya

Authors

  • Muhammad Syabrina Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Imron Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Yulia Amelia Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Elva Ramadiyanti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1359

Keywords:

Optimalisasi, Buku Digital, Website Canva, Hasil Belajar

Abstract

Dengan semakin majunya perkembangan zaman, tentu sudah hal biasa kegiatan pembelajaran dibantu dengan teknologi. Guru menggunakan media teknologi untuk memudahkan kegiatan penyampaian materi kepada murid. Salah satu jenis media teknologi yang dapat memudahkan dalam penyampaian materi adalah bahan ajar berupa buku digital berbasis canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berupa media pembelajaran interaktif yaitu buku digital berbasis canva yang dapat digunakan oleh siswa kelas IV Al-Bukhari SDIT Al- Furqan Palangka Raya dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D), metode ini digunakan untuk menghasilkan produk baru atau mengembangkan serta menyempurnakan produk yang telah ada. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan 5 langkah yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penilaian didapat dari ahli desain 97,3%, penilaian guru sebesar 93,8%, hasil uji coba lapangan 93,02%, Hasil Uji T 0,00 menunjukan bahwa bahan ajar sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar, dan Analisis N-Gain sebesar 0,90 dengan kriteria tinggi, kesimpulan penelitian pengembangan bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446 DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Ariyana, R. Y., Susanti, E., & Haryani, P. (2022). Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 321–331. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.375 DOI: https://doi.org/10.55123/insologi.v1i3.375

Awandany, S. Della, & Budiastuti, E. (2020). Pengembangan Media Flowchart Pada Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana Di Man 1 Sleman. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/36504

Azizah, J., & Sarumaha, Y. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Membantu Proses Belajar-Mengajar. 3(2), 397–405. http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.123

Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827 DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827

Ekawatiningsih, P., & Auliana, R. (2015). Peningkatan Kompetensi Vokasional Siswa Smklb Melalui Penerapan Wirausaha Boga Sebagai Bekal Kecakapan Hidup (Life Skill). Jurnal UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315 DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Herniyastuti, & Kadir, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 101 Pajalesang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 2(2), 88–94. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.39 DOI: https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.39

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37. DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Khoiriyah, N. L., & Marisa, F. (2017). Perancangan Aplikasi Web E-Mohon Menggunakan Flow Chart Dan Unified Modelling Language (Fcuml). JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 14–23. https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.63 DOI: https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.63

Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14 DOI: https://doi.org/10.21009/JPI.041.14

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nabila, K. S., Sielvyana, S., & Rustini, T. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan di SD Kelas 4. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3953–3960.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154 DOI: https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Purwanto, H., Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Bahan Ajar Model Kooperatif. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 51–57. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2269 DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2269

Rachma, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554 DOI: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554

Rafiq, S., Iqbal, S., & Afzal, A. (2024). The Impact of Digital Tools and Online Learning Platforms on Higher Education Learning Outcomes. Al-Mahdi Research Journal (MRJ), May.

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175 DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175

Saefuddin, M. T. T., Wulan, N., Savira, & Juansah, D. E. (2023). Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 784–808.

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047 DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Siburian, R., Manullang, H., & Tamba, D. (2024). Siburian, dkk. Prosiding Seminar Nasional Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Ketertarikan Siswa dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 1246–1254. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2548

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892 DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Flash Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36. DOI: https://doi.org/10.21093/twt.v7i1.2166

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621 DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Wijaya, W. S., & Mustamu, R. H. (2013). Analisis Pengembangan Produk pada Perusahaan Tepung Terigu di Surayaba. Jurnal AGORA, 1(1), 1–10.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245 DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Syabrina, M., Imron, M., Amelia, Y., & Ramadiyanti, E. (2025). Pengembangan Buku Digital Berbasis Website Canva: Optimalisasi Pembelajaran Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Kelas IV SDIT Al-Furqan Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 14. https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1359

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.