Pengaruh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pemahaman Moderasi Beragama SMP Negeri 1 Tegalsari-Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1437Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Moderasi BeragamaAbstract
Pembelajaran pendidikan agama Islam belum mencakup pemahaman tentang moderasi beragama yang hanya sebatas penyampaian teori sehingga memungkinkan menyebabkan pemahaman yang sempit dan prasangka terhadap agama lain. Penelitian ini mempunyai tujuan guna memahami pengaruh mata perlajaran pendidikan agama islam terhadap pemahaman moderasi beragama VIII C SMP Negeri 1 Tegalsari Banyuwangi. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini populasi sekaligus menjadi bagian dari sampel dalam penelitian yakni siswa kelas VIII C sejumlah 37 siswa. Pengambilan data pada skripsi ini menerapkan instrument angket kepada siswa. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya mata pelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap pemahaman moderasi. Hasil data yang didapat sedangkan uji regresi linear serta diperoleh hasil signifikan (Sig) senilai 0.000 < probabilitas 0,05, sehingga bisa diambil simpulan bahwasannya H0 ditolak dan Ha diterima, yang mengartikan bahwasannya ada pengaruh mata pelajaran pendidikan agama Islam (X) terhadap pemahaman moderasi beragama (Y). diketahui t hitung senilai 82.404 > 0, 334 sehingga bisa diambil simpulan H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh mata pelajaran pendidikan agama Islam (X) terhadap pemahaman moderasi beragama (Y). sedangkan sebesar pengaruhnya adalah dilihat dari nilai R square senilai 0,732. Nilai ini mempunyai arti bahwasannya pengaruh mata pelajaran pendidikan agama Islam (X) terhadap pemahaman moderasi beragama (Y) adalah sebesar 99,5% sedangkan 33,4% pemahaman moderasi beragama siswa dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti.
References
Achmadin, B. Z. (2023). Studi Islam Konteks Materi Dakwah Islam Perspektif Bahasa Al-Qur’an. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i1.2580 DOI: https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i1.2580
Ainissyifa, H., & Amelia, R. (2019). The Effect of Family Literacy Culture on Student’s Motivation in Islamic Education Subject at State Senior High School in Garut. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2020 DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2020
Bela, D. V., & Santosa, A. B. (2023). Implementation of Primary School Students’ Religious Character Through School Culture. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 106. https://doi.org/10.30659/jpai.6.2.106-115 DOI: https://doi.org/10.30659/jpai.6.2.106-115
Faqihuddin, A. (2024). The Role of Islamic Religious Education Teachers in Transforming the Culture of Resignation Towards Natural Disasters in Indonesia. E3S Web of Conferences, 600. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202460002008 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202460002008
Hulawa, D. E. (2019). Al-Zarnuji’s Character Concept in Strengthening Character Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 25–40. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395 DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395
Ma’arif, M. S., Hidayatullah, R., & Fauziah, N. L. (2023). Paradigma Baru Perencanaan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.165 DOI: https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.165
Meindl, P., Quirk, A., & Graham, J. (2018). Best Practices for School-Based Moral Education. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 5(1), 3–10. https://doi.org/10.1177/2372732217747087 DOI: https://doi.org/10.1177/2372732217747087
Mulyana, C., Ramdani, A. F. Z., & Nur’ainiyah. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 12 Bandung. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.51729/81108 DOI: https://doi.org/10.51729/81108
Prayogi, A., & Fina Firqotun Najiyah. (2023). Metode dan Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter (Studi Kasus di SMPN 6 Taman Kabupaten Pemalang). Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i1.19 DOI: https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i1.19
Qasim, M., Irshad, M., Majeed, M., & Rizvi, S. T. H. (2022). Examining Impact of Islamic Work Ethic on Task Performance: Mediating Effect of Psychological Capital and a Moderating Role of Ethical Leadership. Journal of Business Ethics, 180(1), 283–295. https://doi.org/10.1007/s10551-021-04916-y DOI: https://doi.org/10.1007/s10551-021-04916-y
Rahman Hakim, N., Andriani, V. W., & Qori’ah, M. (2023). Penerapan Pola Asuh Otoriter Terhadap Anak Remaja Dalam Proses Berkeluarga. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 057–068. DOI: https://doi.org/10.69552/alihsan.v4i2.2281
Rohana, S., & Suharman, S. (2023). Pemahaman Moderasi Beragama bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 151. https://doi.org/10.30659/jpai.6.2.151-161 DOI: https://doi.org/10.30659/jpai.6.2.151-161
Rohmiyati, A., Deni, I., Sawandi, E., & Abdillah Subarkah, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Rangka Penanggulangan Radikalisasi. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 71–84. https://doi.org/10.51729/81151 DOI: https://doi.org/10.51729/81151
Rottweiler, B., & Gill, P. (2022). Conspiracy Beliefs and Violent Extremist Intentions: The Contingent Effects of Self-efficacy, Self-control and Law-related Morality. Terrorism and Political Violence, 34(7), 1485–1504. https://doi.org/10.1080/09546553.2020.1803288 DOI: https://doi.org/10.1080/09546553.2020.1803288
Simandjuntak, D. (2021). Disciplining the Accepted and Amputating the Deviants: Religious Nationalism and Segregated Citizenship in Indonesia. Asian Journal of Law and Society, 8(1), 88–107. https://doi.org/10.1017/als.2020.49 DOI: https://doi.org/10.1017/als.2020.49
Syahbudin, Z., Raja Ahmad, R. R. M., Kasmiati, K., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’ Religious Moderation through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.22977 DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.22977
Syahrul Prayoga, A., Mustaghfirah, W., & Fatimatur Rusydiyah, E. (2024). Trends in the Use of Infographic Media in Learning Islamic Religious Education. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 9(1), 24–38. https://doi.org/10.35316/jpii.v9i1.576 DOI: https://doi.org/10.35316/jpii.v9i1.576
Syukur, Y. (2025). Strengthening Islamic Moderation in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 2, 1–10. DOI: https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1163
Wisudaningsih, E. T., Ghony, D., & Sutiah, S. (2024). Exploration of Early Childhood Education Management in Pesantren: A Case Study of Salafiyah Karangpandan Pesantren, Pasuruan. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 13–22. https://doi.org/10.14421/jpi.2024.131.13-22 DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2024.131.13-22
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115 DOI: https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bey Arifin Sidon, Endhang Suhilmiati, Ahmad Nizar Fikri, Maria Qori'ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.