Implementasi Pendidikan Multikultural: Studi Kasus Pondok Pesantren Ummul Qura

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.549

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Pondok Pesantren

Abstract

Pendidikan multikultural menjadi bagian yang penting dalam lembaga pendidikan, tak terkecuali pada pondok pesantren. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan islam tradisional, mempunyai peserta didik atau santri dari beragam latar belakang yang beragam. Pondok pesantren tidak hanya berfokus pada ajaran islam, namun mengintegrasikan antara ajaran agama dengan nilai-nilai kehidupan seperti nilai-nilai multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Ummul Qura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data diperoleh berasal dari wawancara, observasi dan kajian pustaka. Adapun hasil temuan yaitu pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Ummul Qura sudah melangsungkan sistem pendidikan yang memiliki konsep multicultural. Sistem pendidikan multikultur yang ada disatukan dalam aturan disiplin pondok, lingkungan pondok yang menyatu dengan masyarakat, penggunaan bahasa Arab dan Inggris untuk komunikasi, penggunaan sarung dan kain batik, diajarkan sikap bertoleransi, kebaragaman pemikiran kepada santri tanpa pemaksaan serta memiliki wawasan aneka budaya.

References

Akbar, N., & Rif'at, M. (2020). Pengembangan karakter multikultural santri pada pondok pesantren Salafiyah di Kalimantan Selatan. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 18(2). Tersedia di http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/3372 DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v18i2.3372

Cahyono, H. (2017). Pendidikan multikultural di pondok pesantren: Sebagai strategi dalam menumbuhkan nilai karakter. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01). Tersedia di http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/333 DOI: https://doi.org/10.24127/att.v1i01.333

Indarwati, K. (2018). Penerapan pendidikan multikultural di pondok pesantren Al-Muayyad Surakarta. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 121-132. Tersedia di https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/1358/238 DOI: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1358

Kasdi, A. P. M. (2012). Pendidikan multikultural di pesantren: Membangun kesadaran keberagamaan yang inklusif. ADDIN, 4(2), 211.

Malik, S. (2020). Implementasi manajemen pendidikan multikultural di pondok pesantren Al Muqoddas Tukmudal Sumber Kabupaten Cirebon. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(1), 128-148. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.34 DOI: https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.34

Muchasan, A. (2018). Pendidikan Islam multikultural di pesantren (Studi kasus pada pondok pesantren Sirojul Ulum Semanding Pare Kediri). INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 4(1), 77-99. Tersedia di http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/66

Nilawati, I., Sahudi, S., Ruswandi, U., & Erihardiana, M. (2021). Penerapan pendidikan multikultural. Jambura Journal of Educational Management, 1-14. Tersedia di https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/567 DOI: https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.567

Rasyid, M. (2020). Pendidikan multikultural di pesantren. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 53-62. Tersedia di https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/view/58 DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.58

Rifa’i, M., & Khaeriyah, E. (2020). Pendidikan multikultural di pondok pesantren. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 66-80. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.25 DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.25

Satori, A., & Widiastuti, W. (2018). Model pendidikan multikultural pada pesantren tradisional di kota Tasikmalaya dalam mencegah ancaman radikalisme. Tersedia di http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/10304/7664 DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i1.10304

Syahrulloh, M. (2022, April). Penerapan pendidikan multikultural dalam interaksi santri di pondok pesantren Tahfizil Quran. In IAI Tribakti Prosiding dan Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 237-252). Tersedia di https://prosiding.iai-tribakti.ac.id/index.php/psnp/article/view/24/24

Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme, tantangan tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Wava, A., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural: Studi Kasus Pondok Pesantren Ummul Qura . Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 6. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.549

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.