Pengaruh Mahasiswa terhadap Perkembangan Islam di Era Modern

Authors

  • Abril Berliando Cahyariata Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Thareeq Ziad Ramadhan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Panandito Fatahillah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Jauhari Achmad Pradana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Naufal Adam Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rizqi Amanan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Farhan Adinata Mozi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.622

Keywords:

Modern, Mahasiswa, Sains dan Teknologi

Abstract

Adanya teknologi yang semakin canggih pasti sudah tidak asing lagi di era modern seperti saat ini. Hal ini sangat mempengaruhi kehidupan umat Islam dan mempengaruhi peningkatan peradaban dunia internasional pada umumnya dari masa klasik hingga era modern. Di sisi lain, orang-orang Eropa, yang sebelumnya hidup di masa kegelapan dan belajar tentang Islam, secara perlahan dan konsisten mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang pada akhirnya membentuk peradaban modern. Peningkatan kualitas sumber daya manusia kita sangat dianjurkan untuk dapat mengikuti perkembangan negara lain dalam IPTEK. Setiap masyarakat selalu berubah dan berkembang, dan perubahan tersebut akan berlaku pada semua masyarakat terkhususnya mahasiswa, di mana pun mereka berada. Perubahan kadang-kadang terjadi secara serentak. Sebagai mahasiswa yang berpegang teguh pada ajaran islam  dan yang paham akan IPTEK harus menyikapi perkembangan dan perubahan ini dengan bijak.

References

Antonio, M. S. (2005). Muhammad SAW the super leader super manager. Jakarta: Tazkia Multimedia & Prol. M Centre.

Anwar, S., & Salim, A. (2019, January). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628 DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628

Astuti, M., Herlina, H., & Ibrahim, I. (2024, March). Pendidikan Islam dan perannya dalam membentuk karakter mahasiswa. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 77. http://dx.doi.org/10.33394/vis.v12i1.9821 DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.9821

Bocanet, V. I., & Fleseriu, C. (2020). Modern technologies used in education. In Advances in Educational Technologies and Instructional Design (pp. 190–205). IGI Global. http://dx.doi.org/10.4018/978-1-7998-1591-4.ch011 DOI: https://doi.org/10.4018/978-1-7998-1591-4.ch011

Ghozali, S. (2009). Yang muda yang berperan (YMYB). Bekasi: PT. Pijar.

Kakhkhorov, S., & Rasulova, Z. (2020, December). Methodology of improving the professional activity of the future teacher of technology on the basis of modern educational technologies. Universal Journal of Educational Research, 8(12), 7006–7014. http://dx.doi.org/10.13189/ujer.2020.081268 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081268

Kulcsár, N. (2020). Motivation factors for Generation Z in higher education. In Advances in Educational Technologies and Instructional Design (pp. 206–220). IGI Global. http://dx.doi.org/10.4018/978-1-7998-1591-4.ch012 DOI: https://doi.org/10.4018/978-1-7998-1591-4.ch012

Mukhlas, A. A. (2020, November). Pendidikan Islam dalam membentuk karakter anak millenial. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 66–79. http://dx.doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.180 DOI: https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.180

Rahmadani, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019, January). Fungsi corporate social responsibility (CSR) dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Share: Social Work Journal, 8(2), 203. http://dx.doi.org/10.24198/share.v8i2.20081 DOI: https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20081

Riyanti, C., & Raharjo, S. T. (2021, February). Asset based community development dalam program corporate social responsibility (CSR). Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 112. http://dx.doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32144 DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32144

Solihin, R. (2020). Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 83-96. http://dx.doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.92 DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.92

Sytnik, I., & Stopochkin, A. (2023, July). A model for the selection of active learning while taking into account modern student behavior styles. Education Sciences, 13(7), 693. http://dx.doi.org/10.3390/educsci13070693 DOI: https://doi.org/10.3390/educsci13070693

Triyono, A. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Pt. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap. KomuniTi, 111-121.

Ulfah, J., & Suyadi, S. (2021, April). Konsep budaya religius dalam membangun akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21–29. http://dx.doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.950 DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.950

http://pamuncar.blogspot.com/2012/06/definisi-peran-dan-fungsi-mahasiswa.html

http://kultum-mabhak.blogspot.com/2008/02/tantangan-modernisasi-bagi-remaja.html

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Cahyariata, A. B., Ramadhan, T. Z., Fatahillah, M. P., Pradana, J. A., Adam, N., Amanan, R., & Mozi, M. F. A. (2024). Pengaruh Mahasiswa terhadap Perkembangan Islam di Era Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.622

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.