Sinergi Profil Pendidikan Pancasila dan Nilai Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.760Keywords:
Pendidikan Karakter, Nilai Islam, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Lemahnya karakter pada pelajar Indonesia mendorong Kemendikbud meluncurkan program "profil pelajar Pancasila". Penelitian ini mengkaji peran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam yang ada di Sekolah Dasar dalam mewujudkan profil tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Library Research, di mana berbagai sumber dipelajari, termasuk buku, artikel, dan catatan yang tersedia di website yang dapat dipercaya mengenai sinergi nilai-nilai agama dalam pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk penelitian terdahulu yang relevan. Langkah pertama adalah mengumpulkan data kepustakaan, kemudian menganalisis dan membandingkan literatur untuk menghasilkan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa beberapa sekolah telah berhasil menerapkan Pendidikan karakter berbasis nilai Islam melalui berbagai kegiatan seperti pembiasaan ibadah, pembelajaran Al-Quran dan hafalan, serta penanaman akhlak mulia, salah satunya ialah MI Darul Fallah. Hal ini sejalan dengan program "profil pelajar Pancasila". Pendidikan karakter di MI Darul Fallah terbukti efektif dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembinaan karakter dan perubahan positif dalam perilaku mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di MI Darul Fallah merupakan strategi yang efektif dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dan dapat menjadi model bagi sekolah lain.
References
Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Asesmen Pendidikan Badan Standar, P., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, dan, dan Teknologi Dampak Durasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Capaian Literasi Membaca dan Literasi Matematika, R., & Teknologi, dan. (n.d.). Dokumen Rekomendasi Kebijakan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021.
Hikmah, N. (n.d.). Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan dan Moral Anak Usia Dini Dalam Islam.
Islam, P. (2023). PENANAMAN NILAI AKHLAK PADA ANAK DIDIK DALAM. 13(1). DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v13i1.18098
Ma’rifah Setiawati, S., Psi, S., Bimbingan, G., Konseling, D., Negeri, M., & Surabaya, K. (2018). “HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA TELAAH TEORITIS: APA ITU BELAJAR ? (Vol. 35, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954 DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954
Ode Adhi Virama, L., & Sulaiman, K. (n.d.). Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. https://doi.org/10.31332/d
Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. (n.d.). https://doi.org/10.18860
Rahman, S. (n.d.). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613 DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Suryana, E., Imron Hamdani, M., Bonita, E., Harto, K., Islam Negeri Raden Fatah Pelembang, U., & Selatan, S. (n.d.). Ermis Suryana, dkk., The Golden Age: Tugas Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1778
Wahyu, A. H. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 109–120.
Widodo SDN, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. 4(5), 2077–2081. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Zulfa Izza, A., & Susilawati, S. (n.d.). STUDI LITERATUR: PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI ERA MERDEKA BELAJAR. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Esi Dewi Wulandari, Ridha Dina Lestari, Yofie Nur Faaiqah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.