Sinergi Profil Pendidikan Pancasila dan Nilai Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Esi Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Ridha Dina Lestari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Yofie Nur Faaiqah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.760

Keywords:

Pendidikan Karakter, Nilai Islam, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Lemahnya karakter pada pelajar Indonesia mendorong Kemendikbud meluncurkan program "profil pelajar Pancasila". Penelitian ini mengkaji peran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam yang ada di Sekolah Dasar dalam mewujudkan profil tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Library Research, di mana berbagai sumber dipelajari, termasuk buku, artikel, dan catatan yang tersedia di website yang dapat dipercaya mengenai sinergi nilai-nilai agama dalam pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk penelitian terdahulu yang relevan. Langkah pertama adalah mengumpulkan data kepustakaan, kemudian menganalisis dan membandingkan literatur untuk menghasilkan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa beberapa sekolah telah berhasil menerapkan Pendidikan karakter berbasis nilai Islam melalui berbagai kegiatan seperti pembiasaan ibadah, pembelajaran Al-Quran dan hafalan, serta penanaman akhlak mulia, salah satunya ialah MI Darul Fallah. Hal ini sejalan dengan program "profil pelajar Pancasila". Pendidikan karakter di MI Darul Fallah terbukti efektif dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembinaan karakter dan perubahan positif dalam perilaku mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di MI Darul Fallah merupakan strategi yang efektif dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dan dapat menjadi model bagi sekolah lain.

References

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Asesmen Pendidikan Badan Standar, P., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, dan, dan Teknologi Dampak Durasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Capaian Literasi Membaca dan Literasi Matematika, R., & Teknologi, dan. (n.d.). Dokumen Rekomendasi Kebijakan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021.

Hikmah, N. (n.d.). Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan dan Moral Anak Usia Dini Dalam Islam.

Islam, P. (2023). PENANAMAN NILAI AKHLAK PADA ANAK DIDIK DALAM. 13(1). DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v13i1.18098

Ma’rifah Setiawati, S., Psi, S., Bimbingan, G., Konseling, D., Negeri, M., & Surabaya, K. (2018). “HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA TELAAH TEORITIS: APA ITU BELAJAR ? (Vol. 35, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954 DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954

Ode Adhi Virama, L., & Sulaiman, K. (n.d.). Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. https://doi.org/10.31332/d

Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. (n.d.). https://doi.org/10.18860

Rahman, S. (n.d.). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613 DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Suryana, E., Imron Hamdani, M., Bonita, E., Harto, K., Islam Negeri Raden Fatah Pelembang, U., & Selatan, S. (n.d.). Ermis Suryana, dkk., The Golden Age: Tugas Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1778

Wahyu, A. H. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 109–120.

Widodo SDN, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. 4(5), 2077–2081. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Zulfa Izza, A., & Susilawati, S. (n.d.). STUDI LITERATUR: PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI ERA MERDEKA BELAJAR. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Wulandari, E. D., Lestari, R. D., & Faaiqah, Y. N. (2024). Sinergi Profil Pendidikan Pancasila dan Nilai Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.760

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.