Pengembangan GAMALOKA (Game Monopoli Lokawisata Jepara) Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Authors

  • Kurnia Septian Nafisatul Lubnah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Nanang Nabhar Fakhri Auliya Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.47134/ppm.v2i2.1473

Keywords:

Aritmatika Sosial, GAMALOKA (Game Monopoli Lokawisata Jepara), Media Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika materi aritmatika sosial masih menghadirkan sejumlah tantangan bagi peserta didik. Di antaranya adalah mengubah soal-soal dari kehidupan sehari-hari menjadi representasi matematika; peserta didik yang kurang aktif; perbedaan kemampuan peserta didik dalam memahami materi; dan model pembelajaran tradisional yang digunakan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media GAMALOKA (Game Monopoli Lokawisata Jepara) sebagai media pembelajaran matematika materi Aritmatika Sosial bagi peserta didik kelas VII. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE yang melalui lima tahapan yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran GAMALOKA yaitu memperoleh hasil penilaian kelayakan media pembelajaran GAMALOKA oleh ahli materi memperoleh skor P = 84%; ahli media memperoleh skor P = 88%; hasil dari respon peserta didik kelompok kecil oleh 6 peserta didik yaitu memperoleh skor P = 93%; dan hasil respon peserta didik kelompok besar oleh 35 peserta didik yaitu memperoleh skor P = 88%. Berdasarkan hasil tersebut, media pebelajaran GAMALOKA (Game Monopoli Lokawisata Jepara) materi aritmatika sosial masuk dalam kategori “Sangat Layak” sebagai media pembelajaran matematika khususnya digunakan di MTs Miftahul Huda Ngasem.

References

Afifah, J. (2023). Peran Media Pembelajaran Monopoli Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah dasar. Repository STKIP PGRI Pacitan, 1–23. DOI: https://doi.org/10.21137/sjes.2023.3.2.7

Andriyanti, M. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Matematika (MONIKA) untuk Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP SWASTA ADHYAKSA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3, 16–22.

Anggoro, B. S. (2023). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMP Muhammadiyah Kupang. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 122–129. https://doi.org/10.59098/mega.v4i2.1244 DOI: https://doi.org/10.59098/mega.v4i2.1244

Angraini, N., & Masykur, R. (2018). Modul Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pokok Trigonometri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 217. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2558 DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2558

Hermawati, E., & Lestari, M. A. (2024). Pengembangan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan Edukasi di Sekolah Dasar Abstrak. 3(2), 67–71. DOI: https://doi.org/10.25134/jise.v3i2.47

Izah, S. J., Auliya, N. N. F. (2023). Pengembangan dan Kelayakan Media Pembelajaran KARMAGAMA (Kartu Matematika Bergambar Etnomatematika Rumah Adat Jawa). Journal of Educational Learning and Innovation, 1(2), 98–116. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1 DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.567

Islam, M. S., & Fahmi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Komponen Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika …, 624–630. https://repository.ubt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=/index.php?p=show_detail&id=4025&keywords=

Izzan, A. & Nuraeni, N. (2023). Media Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 31. Jurnal Masagi, c, 1–7. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.378 DOI: https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.378

Lena, Y. L. M., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Berbasis Komputer pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 121. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.11945 DOI: https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.11945

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Maria Editha Bela, Melkior Wewe, S. L. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391–400. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461

Melati Zahrotul Umami, D. G. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Aritmatika Sosial. AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.546

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan ADDIE di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/view/19657/14049

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171 DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

OECD “Programme for International Student Assessment (PISA)”, 4 November 2024. https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&treshold=10&topic=PI

Ramadhani, Y. G., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Materi SPLDV dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 500–506. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Roza, M. Y. (2022). Pengembangan Aplikasi GOTHIC (Go Mathematics) Berbasis M-Learning pada Materi Himpunan Sebagai Mathematics Exercise bagi Siswa (Issue 39) [IAIN Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/9613/

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19 (R. Hartanto (ed.); pertama). Widina Bhakti Persada.

Sawal, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran M- DUOS ( Multimedia-Domino Unity Of Sciences ) Card untuk Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Aljabar [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22878/

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Bandung: Alfabeta, 2015), 407.

Widianti, F. (2018). Pengembangan LKPD IPA Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia untuk kelas VIII SMP/MTS [Universitas Islam Riau]. In Applied Microbiology and Biotechnology. https://repository.uir.ac.id/4466/

Zulfikri, A. & Auliya, N. N. F. (2024). Pengembangan Edugame Arisa Berbasis Android Berbantuan Adobe Animate Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas Vii. Jouurnal of Mthematics Education, 5, 82–93. DOI: https://doi.org/10.32332/linear.v5i1.9301

Downloads

Published

2025-03-14

How to Cite

Lubnah, K., & Auliya, N. (2025). Pengembangan GAMALOKA (Game Monopoli Lokawisata Jepara) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 13. https://doi.org/10.47134/ppm.v2i2.1473

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.