Valitidas Tes Objektif Bentuk Pilihan Ganda
DOI:
https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.812Keywords:
Soal Pilihan Ganda, Validitas Tes, Validitas SoalAbstract
Ukuran validitas soal adalah korelasi antara skor pada soal itu dengan skor pada perangkat soal. Artinya bahwa jelas validitas soal yakni sudah dilakukan uji coba sehingga mendapatkan hasil skor. Sementara validitas tes yakni sejauh mana tes itu mengukur apa yang diukur, validitas tes pada dasarnya menunjuk kepada derajat fungsi mengukurnya suatu tes, atau derajat kecermatan ukurnya sesuatu tes. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan konsep validitas tes objektif bentuk pilihan ganda. Kajian artikel ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif bentuk kajian literatur bersumber dari buku dan artikel ilmiah, kaidah penulisan soal bentuk pilihan ganda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: (a) Materi (b) Konstruksi (c) Bahasa. Hasil kajian konsep pada artikel ini telah membuat konsep yang lebih mudah tentang validitas tes dan validitas soal. Metode ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan kajian pemahaman literatur yang bersumber dari buku, artikel ilmiah. Sumber kajian di analisis secara mendalam untuk mendapatkan poin-poin yang dibutuhkan sesuai dengan topik yang diangkat yang dianalisis secara mendalam sertaArtikel ini menjadi bahan pendukung serta referensi perkuliahan mata kuliah evaluasi pembelajaran serta menjadi rujukan untuk mengembangkan tes maupun instrumen. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami serta menerapkan pada lingkungan nyata.
References
Anastasi, A.,& Urbina,S.(1997). Psychological testing. Prentice Hall/Pearson Education.
Angoff, W. H. (2013). Validity: An evolving concept. In Test validity (pp. 19-32). Routledge.
Ardania, R., Fitriyah, L. A., & Kuswanti, N.(2022). Pengembangan Instrumen Soal Pilihan Ganda Berbantu Aplikasi Quiziz z Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 7(1). DOI: https://doi.org/10.33752/discovery.v7i1.2414
Arif, M. (2014). Penerapan aplikasi anates bentuk soal pilihan ganda. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.398
Arikunto, S. (1996). Pengelolaan kelas dan siswa. Rajawali Pers.
Daniel, M. (2019). Clinical Reasoning Assessment Methods: A Scoping Review and Practical Guidance. Academic Medicine, 94(6), 902–912. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000002618
Fathonah, S., Kusbiantari, D., Wirahno, D. N., Marfuah, S., & Sahrul. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di RA AL Wardah. Pendidikan Anak Usia Dini Vol:, 1(4), 1–6.
Klein, P. (2017). Assessment of representational competence in kinematics. Physical Review Physics Education Research, 13(1). https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.010132
Park, M. (2016). Assessing Understanding of the Energy Concept in Different Science Disciplines. Science Education, 100(3), 483–516. https://doi.org/10.1002/sce.21211
Sahrul, Khumaedi, M., & Masrukan. (2022). Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 11(1), 81–92.
Sirota, M. (2018). Effect of response format on cognitive reflection: Validating a two- and four-option multiple choice question version of the Cognitive Reflection Test. Behavior Research Methods, 50(6), 2511–2522. https://doi.org/10.3758/s13428-018-1029-4
Szulewski, A. (2017). Measuring physician cognitive load: validity evidence for a physiologic and a psychometric tool. Advances in Health Sciences Education, 22(4), 951–968. https://doi.org/10.1007/s10459-016-9725-2
Thrusfield, M. (2017). Veterinary Epidemiology: Fourth Edition. Veterinary Epidemiology: Fourth Edition, 1–861. https://doi.org/10.1002/9781118280249
Guion, R.M. (1977). Content Validity: The source of my discontent. Applied Psychological Measurement. 1 (1—10) DOI: https://doi.org/10.1177/014662167700100103
Grondlund, Norman. E & Linn, Robert L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. New York: Mc Millan Publishing Company
Haladyna, T. M., Downing, S. M., & Rodriguez, M. C. (2002). A review of multiple-choice item-writing guidelines for classroom assessment. Applied measurement in education, 15(3), 309-333. DOI: https://doi.org/10.1207/S15324818AME1503_5
Hazraini, H. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Penyusunan Soal Pilihan Ganda Yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 40 Cakranegara. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 111-121. DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v2i2.209
Mehrens, W. A., & Lehmann, I. J. (1987). Using standardized tests in education. Longman/Addison Wesley Longman.
Sahrul, Khumaedi, M., & Masrukan. (2022). Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 11(1), 81–92. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Sudjono, Anas.(2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Supranata, S. (2005). Analisis Validitas, Reabilitas, dan Implementasi Kurikulum.
Sussner, B. D., Smelson, D. A., Rodrigues, S., Kline, A., Losonczy, M., & Ziedonis, D. (2006). The validity and reliability of a brief measure of cocaine craving. Drug and alcohol dependence, 83(3), 233-237. DOI: https://doi.org/10.1016/j.drugalcdep.2005.11.022
Syamsurizal, S. (2020). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/v83eh
Syarif, E. A., & Syamsurizal, S. (2019). Analyzed quality of senior high school biology olympiad questions at West Sumatera, Riau, Jambi, and Bengkulu in 2018. Bioeducation Journal, 3(2), 142-150. DOI: https://doi.org/10.24036/bioedu.v3i2.194
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daniel, M. (2019). Clinical Reasoning Assessment Methods: A Scoping Review and Practical Guidance. Academic Medicine, 94(6), 902–912. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000002618 DOI: https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000002618
Fathonah, S., Kusbiantari, D., Wirahno, D. N., Marfuah, S., & Sahrul. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di RA AL Wardah. Pendidikan Anak Usia Dini Vol:, 1(4), 1–6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.686
Klein, P. (2017). Assessment of representational competence in kinematics. Physical Review Physics Education Research, 13(1). https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.010132 DOI: https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.010132
Park, M. (2016). Assessing Understanding of the Energy Concept in Different Science Disciplines. Science Education, 100(3), 483–516. https://doi.org/10.1002/sce.21211 DOI: https://doi.org/10.1002/sce.21211
Sahrul, Khumaedi, M., & Masrukan. (2022). Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 11(1), 81–92.
Sirota, M. (2018). Effect of response format on cognitive reflection: Validating a two- and four-option multiple choice question version of the Cognitive Reflection Test. Behavior Research Methods, 50(6), 2511–2522. https://doi.org/10.3758/s13428-018-1029-4 DOI: https://doi.org/10.3758/s13428-018-1029-4
Szulewski, A. (2017). Measuring physician cognitive load: validity evidence for a physiologic and a psychometric tool. Advances in Health Sciences Education, 22(4), 951–968. https://doi.org/10.1007/s10459-016-9725-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s10459-016-9725-2
Thrusfield, M. (2017). Veterinary Epidemiology: Fourth Edition. Veterinary Epidemiology: Fourth Edition, 1–861. https://doi.org/10.1002/9781118280249 DOI: https://doi.org/10.1002/9781118280249
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulpan, Sahrul, Ali Yusron, Rahmi Seri Hanida, Sri Marfu’ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.