Kurangnya Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi KPK dan FPB di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6
DOI:
https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.487Keywords:
Media Pembelajaran, FPB, KPK, KesalahanAbstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar tidak hanya ditujukan pada peningkatan kemampuan dalam berhitung atau menerapkan rumus dalam menyelesaikan soal - soal yang rutin saja. Pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan siswa terkait dengan kebutuhan siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari - hari serta mempu mengembangkan diri mereka sendiri. Siswa terkadang merasa malas memecahkan masalah disebabkan kurangnya pengetahuan yang mereka miliki untuk menyelesaikannya. Pada umumnya di SD pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah belum mendapat banyak perhatian dari guru - guru. Guru seringkali menekankan pada penyampaian materi pelajaran dan hitungan untuk menyelesaikan soal daripada memberikan situasi yang menekankan pada penguasaan kemampuan pemecahan masalah dengan membiasakan memberi masalah - masalah non-rutin yang menuntut siswa untuk berpikir menggunakan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya untuk menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak ada lagi siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal dengan alasan tidak tahu atau lupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep kelipatan, konsep faktor, algoritma mencari KPK dan FPB, serta membedakan bilangan prima dan bukan bilangan prima.
References
A’yun, N. Q. (2018). Pengembangan media interaktif si pontar berbasis android materi KPK dan FPB mata pelajaran matematika Kelas IV SD, 47–56.
Ana Nurhasanah, R. A. (2022). Efektivitas penggunaan media papan musi (Multi Fungsi) pada materi KPK dan FPB kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Telaah, 61–65. DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6619
Arikunto. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Bu, Z. (2021). Asymptotic formulas for generalized gcd-sum and lcm-sum functions over r-regular integers (Mod nr ). AIMS Mathematics, 6(12), 13157–13169. https://doi.org/10.3934/math.2021760 DOI: https://doi.org/10.3934/math.2021760
Bu, Z. (2022). Mean Value of r-gcd-sum and r-lcm-Sum Functions. Symmetry, 14(10). https://doi.org/10.3390/sym14102080 DOI: https://doi.org/10.3390/sym14102080
Chaubey, S. (2022). Mean value estimates of gcd and lcm-sums. International Journal of Number Theory, 18(3), 629–654. https://doi.org/10.1142/S1793042122500348 DOI: https://doi.org/10.1142/S1793042122500348
Een Unaenah, d. (2020). Analisis pembelajaran KPK dan FPB dengan model pohon faktor dan tabel kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 75–86.
Een Unaenah, dkk. (2020). Miskonsepsi Materi Tentang FPB dan KPK pada siswa SD di kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 276–282.
Farokhi, J. (2023). The lcm minus gcd and relations to the zeta function. Palestine Journal of Mathematics, 12, 5–9.
Fazri Nusaibah, d. (2020). Analisis pembelajaran KPK dan FPB kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Telaah, 61–65.
Gatephan, P. (2021). Divisibility of LCM matrices by totally nonnegative GCD matrices. Linear Algebra and Its Applications, 619, 146–159. https://doi.org/10.1016/j.laa.2021.02.020 DOI: https://doi.org/10.1016/j.laa.2021.02.020
Heyman, R. (2023). Hyperbolic summation for functions of the GCD and LCM of several integers. Ramanujan Journal, 62(1), 273–290. https://doi.org/10.1007/s11139-022-00681-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s11139-022-00681-2
Hilberdink, T. (2020). On certain sums concerning the gcd’s and lcm’s of k positive integers. International Journal of Number Theory, 16(1), 77–90. https://doi.org/10.1142/S1793042120500049 DOI: https://doi.org/10.1142/S1793042120500049
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). Bandung: Refika Aditama.
Teresia Johan, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Indonesia, 54–68.
Zhu, G. (2022a). New results on the divisibility of power GCD and power LCM matrices. AIMS Mathematics, 7(10), 18239–18252. https://doi.org/10.3934/math.20221003 DOI: https://doi.org/10.3934/math.20221003
Zhu, G. (2022b). On the divisibility among power GCD and power LCM matrices on gcd-closed sets. International Journal of Number Theory, 18(7), 1397–1408. https://doi.org/10.1142/S1793042122500701 DOI: https://doi.org/10.1142/S1793042122500701
Zhu, G. (2023). ON the DIVISIBILITY among POWER LCM MATRICES on GCD-CLOSED SETS. Bulletin of the Australian Mathematical Society, 107(1), 31–39. https://doi.org/10.1017/S0004972722000491 DOI: https://doi.org/10.1017/S0004972722000491
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bella Tondang, Grace Lilyana, Mei Vina Estetika, Raiga Yesica Manalu, Ribka Trifena Putri, Nurhudayah Nurhudayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.