Kurangnya Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi KPK dan FPB di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.487

Keywords:

Media Pembelajaran, FPB, KPK, Kesalahan

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar tidak hanya ditujukan pada peningkatan kemampuan dalam  berhitung  atau  menerapkan  rumus  dalam  menyelesaikan  soal - soal  yang  rutin  saja.  Pemecahan masalah  merupakan salah  satu  aspek  yang  penting  dalam  pembelajaran  matematika.  Kemampuan  pemecahan masalah sangat diperlukan siswa terkait dengan kebutuhan siswa  untuk  memecahkan  masalah  yang  dihadapinya  dalam  kehidupan  sehari - hari  serta mempu mengembangkan diri mereka sendiri. Siswa terkadang merasa malas memecahkan masalah  disebabkan  kurangnya  pengetahuan  yang  mereka  miliki  untuk  menyelesaikannya. Pada umumnya di SD pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah  belum  mendapat  banyak  perhatian  dari  guru - guru.  Guru  seringkali  menekankan  pada penyampaian  materi  pelajaran  dan  hitungan  untuk  menyelesaikan  soal  daripada  memberikan  situasi yang  menekankan  pada  penguasaan  kemampuan  pemecahan  masalah  dengan  membiasakan  memberi masalah - masalah non-rutin yang menuntut siswa untuk berpikir menggunakan pengetahuan yang telah dimiliki  sebelumnya  untuk  menyelesaikan  masalah  tersebut  sehingga  tidak  ada  lagi  siswa  yang  tidak bisa menyelesaikan soal dengan alasan tidak tahu atau lupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep kelipatan, konsep faktor, algoritma mencari KPK dan FPB, serta membedakan bilangan prima dan bukan bilangan prima.

References

A’yun, N. Q. (2018). Pengembangan media interaktif si pontar berbasis android materi KPK dan FPB mata pelajaran matematika Kelas IV SD, 47–56.

Ana Nurhasanah, R. A. (2022). Efektivitas penggunaan media papan musi (Multi Fungsi) pada materi KPK dan FPB kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Telaah, 61–65. DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6619

Arikunto. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Bu, Z. (2021). Asymptotic formulas for generalized gcd-sum and lcm-sum functions over r-regular integers (Mod nr ). AIMS Mathematics, 6(12), 13157–13169. https://doi.org/10.3934/math.2021760 DOI: https://doi.org/10.3934/math.2021760

Bu, Z. (2022). Mean Value of r-gcd-sum and r-lcm-Sum Functions. Symmetry, 14(10). https://doi.org/10.3390/sym14102080 DOI: https://doi.org/10.3390/sym14102080

Chaubey, S. (2022). Mean value estimates of gcd and lcm-sums. International Journal of Number Theory, 18(3), 629–654. https://doi.org/10.1142/S1793042122500348 DOI: https://doi.org/10.1142/S1793042122500348

Een Unaenah, d. (2020). Analisis pembelajaran KPK dan FPB dengan model pohon faktor dan tabel kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 75–86.

Een Unaenah, dkk. (2020). Miskonsepsi Materi Tentang FPB dan KPK pada siswa SD di kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 276–282.

Farokhi, J. (2023). The lcm minus gcd and relations to the zeta function. Palestine Journal of Mathematics, 12, 5–9.

Fazri Nusaibah, d. (2020). Analisis pembelajaran KPK dan FPB kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Telaah, 61–65.

Gatephan, P. (2021). Divisibility of LCM matrices by totally nonnegative GCD matrices. Linear Algebra and Its Applications, 619, 146–159. https://doi.org/10.1016/j.laa.2021.02.020 DOI: https://doi.org/10.1016/j.laa.2021.02.020

Heyman, R. (2023). Hyperbolic summation for functions of the GCD and LCM of several integers. Ramanujan Journal, 62(1), 273–290. https://doi.org/10.1007/s11139-022-00681-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s11139-022-00681-2

Hilberdink, T. (2020). On certain sums concerning the gcd’s and lcm’s of k positive integers. International Journal of Number Theory, 16(1), 77–90. https://doi.org/10.1142/S1793042120500049 DOI: https://doi.org/10.1142/S1793042120500049

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). Bandung: Refika Aditama.

Teresia Johan, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Indonesia, 54–68.

Zhu, G. (2022a). New results on the divisibility of power GCD and power LCM matrices. AIMS Mathematics, 7(10), 18239–18252. https://doi.org/10.3934/math.20221003 DOI: https://doi.org/10.3934/math.20221003

Zhu, G. (2022b). On the divisibility among power GCD and power LCM matrices on gcd-closed sets. International Journal of Number Theory, 18(7), 1397–1408. https://doi.org/10.1142/S1793042122500701 DOI: https://doi.org/10.1142/S1793042122500701

Zhu, G. (2023). ON the DIVISIBILITY among POWER LCM MATRICES on GCD-CLOSED SETS. Bulletin of the Australian Mathematical Society, 107(1), 31–39. https://doi.org/10.1017/S0004972722000491 DOI: https://doi.org/10.1017/S0004972722000491

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Tondang, B., Lilyana, G., Estetika, M. V., Manalu, R. Y., Putri, R. T., & Nurhudayah, N. (2024). Kurangnya Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi KPK dan FPB di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.487

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.