Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.439Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Problem Based Learning (PBL), AljabarAbstract
Latar belakang dari penelitian dan pengembangan yaitu bahan ajar E-LKPD yang dimanfaatkan untuk membantu kegiatan pembelajaran mtematika di MTs Manba’ul Ulum Gebog agar menarik minat siswa agar semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Aljabar kelas VII Madrasah Tsanawiah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu tahap pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Desseminate), dengan siswa kelas VII MTs Manba’ul Ulum sebagai subjek penelitian. Kelayakan produk pengembangan E-LKPD ini dinilai oleh para ahli dan tanggapan siswa. Hasil dari uji penilaian media dari para ahli mendapatkan kategori “Sangat Layak” dan “Layak” dengan nilai 85 dan 78. Hasil uji tanggapan siswa terhadap E-LKPD dari skala besar dan kecil mendapatkan kategori “Sangat Layak” dan “Layak” dengan memperoleh nilai 91,4 dan 73,3. Dari data penilaian ahli dan tanggapan siswa, maka bahwa E-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan, dan membantu menambah kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
References
Al Hilal, A. Y., & Al, N. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan Microsoft Power Point pada materi peluang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 227-242. DOI: https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12131
Ana M., & U. H. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial keagamaan, 18(2). DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arief, M. F. (2015). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada pembelajaran mekanika teknik dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas X TGB SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 148-152. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v1i2.240
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
C.A. Rofiq, P. W. (2022). Kemampuan pahaman konsep matematika siswa tunarungu pada aljabar: unsur dan operasi bentuk aljabar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3). DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p884-893
Dazrullisa, & H. (2018). Pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Bina Gogik, 5(2), 50–62.
Firtsanianta, K. (n.d.). Efektivitas e-LKPD berbantuan LiveWorksheets untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Fuadin, A. (2023). Peran aljabar di kalangan pedagang. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1). DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.410
Goos, A. B. (2010). Learning to teach mathematic with technology: A survey of professional development needs, experiences, and impacts. Mathematic Education Research Journal, 1(1), 31-56. DOI: https://doi.org/10.1007/BF03217558
Hazlita, S. (2021). Implementasi pembelajaran dalam jaringan dengan menggunakan Instagram dan LiveWorksheets pada masa pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1142–1150. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195
Hotimah. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. JURNAL EDUKASI, VII(3), 5-11. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Ina Magdelana, et al. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar iswa SDN Meuya Selatan 06 Pagi. 3, 14.
Izzah, N. A. (2021). Meta analisis pengaruh model project based learning dalam variasi bahan ajar fisika terhadap hasil belajar siswa SMA/SMK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 159–165. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970
Jenanda, B. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) materi kekongruenan dan kesebangunan kelas IX.2 SMP N 1 Kec. Situjuah Limo Nagari. DOI: https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i2.1426
K.Khotimah, S. F. (2022). Pengembangan e-LKPD matematika berbasis HOTS pada materi bangun ruang prisma dan limas SMP kelas VIII. Journal of Education and Management Studies, 5(5), 48-57. DOI: https://doi.org/10.32764/joems.v5i5.799
Khairul A, Y. K. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2). DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Lindayani. (n.d.). Pengembangan e-LKPD pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Siem. Skripsi, 65.
M.C. Paseleng, R. A. (2015). Pengimplementasian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Scholaria, 5(1), 131-149. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149
Magdalena, I. S. (2020). Analisis bahan ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Miqro’ F L, B. N. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
Nurdyansyah, Q. A. (2017). Peran teknologi pendidikan pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Ma'arif Pademonegoro Sukodono. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1). DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.81
Purwanugraha. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. JURNAL BASICEDU, 5(1), 446-452. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
R.Y. Arindiono, N. R. (2013). Perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 2337-3520.
Ramansyah. (2019). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, halaman 29-36. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Resti, E. S. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1). DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Riyanto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi guru/pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Purnama. (2013). Metode penelitian dan pengembangan. Jurnal Emma Ata, IV(1).
S.Suryaningsih, R. (2021). Pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1). DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, S. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA. Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 21(2). DOI: https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2235
Sholehah, F. S. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis kontekstual menggunakan LiveWorksheets pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugiyanto. (2008). Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Sujarwo, M. O. (n.d.). Pendidikan di Indonesia memprihatinkan. Journal UNY.
Surya Elita P dan Yusni A. (2020). Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa SMP yang diajar dengan model problem based learning dan discovery learning. 25(3), 10.
Suwastini, A. d. (n.d.). LKPD sebagai media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam muatan IPA sekolah dasar.
Trianto. (2015). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif. Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Y.A. Purba, A. H. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Yamin, M. (2011). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yurika F, A. A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2). DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p143-151
Z. Amrina, V. A. (2022). Analisis technological pedagogical content knowladge terhadap kemampuan menyusun perangkat pembelajaran matematika daring. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1313
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ariyanti Utari Latifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.