Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Pada Materi Geometri Analitik dengan Menggunakan Model Discovery Learning

Authors

  • Vivi Andela Mandasari Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Haris Rosyidi Universitas Negeri Surabaya
  • Widi Widayat SMA Negeri 18 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.875

Keywords:

Hasil Belajar, Geometri Analitik, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siwa kelas XII SMA pada materi Geometri Analitik setelah penerapan model pembelajaran discovery learning. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes tertulis. Teknik analasis data sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dua kali pertemuan dan setiap pertemuan ada empat tahapan dengan menggunakan model Kurt Lewin yakni a) perencanaan (planning), b) tindakan (action), c) pengamatan (observasing), d) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-2.  Hasil penelitian menunjukkan pra siklus dalam bentuk presentase yang dilakukan siswa dengan kategori tuntas diperoleh 11 orang atau 31% sedangkan yang tidak tuntas 24 orang atau 69%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus 1 untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 28 siswa atau 80% tuntas belajar dan yang belum tuntas belajar sebanyak 7 siswa dengan rata-rata nilai kelas sejumlah 88. Sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan meningkat sebanyak 100%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi geometri analitik.

References

Cahyaningsih, E., & Assidik, G. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4.

Hafizhah, F., Haris, A., & Harding. (2024). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 12 Makassar dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4.

Kurniawan, A. (2024, Juni 27). Pengertian Matematika – Bidang, Logika, Karakteristik, Manfaat, Para Ahli. Retrieved from GuruPendidikan.Com: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-matematika/

Laksana, D. P., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A., & dkk. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 1.

Mira, A. S., Muhamara, Y. T., Bima, S. A., & dkk. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model Discrovery Learning. Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4.

Rofek, A., Fernanda, P. T., & Fajri, N. A. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II Pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar di SDN 9 Patokan. Dharmas Eucation Journal, 3.

Samsudin, F., & Hutajulu, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Discovery Learning Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2.

Sunarto , M. F., & Amalia, N. (2022). PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING GUNA MENCIPTAKAN. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1-2.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. provided by Pancaran Pendidikan, 5.

Y. M., Sulistyono, R., & Widyastuti, N. S. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Probelm Based Learning pada kelas IV SD Negeri MArgomulyo 1. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 5.

Yanti, R., Asdar, & Ismail. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Global Journal Education Humanity, 4.

Yuliana, N. (2018). Penggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Yuniawardani, V., & Mawardi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning Kelas IV SD . Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 5.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Vivi Andela Mandasari, Abdul Haris Rosyidi, & Widi Widayat. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Pada Materi Geometri Analitik dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4). https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.875

Issue

Section

Articles