Eksperimentasi Model Pembelajaran M-APOS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Penyajian Data Di SMP N 1 Kaliwungu Kudus

Authors

  • Khoirun Nisa Asti Fara Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Nanang Nabhar Fakhri Auliya Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.930

Keywords:

Model Pembelajaran M-APOS, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk (1) Mengetahui mana yang berdampak lebih baik antara model pembelajaran M-APOS atau model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) Mengetahui mana yang berdampak lebih baik antara model pembelajaran M-APOS atau model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terpilih adalah VII G sebagai kelas kontrol dengan model langsung dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen dengan model M-APOS dalam belajar. Instrumen yang dipakai untuk menghimpun data adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil pengujian keduanya dapat diberikan simpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Model M-APOS terbukti berdampak lebih baik dan berpengaruh daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan memecahkan masalah maupun mengkomunikasikan matematika siswa Kelas VII pada materi penyajian data di SMP N 1 Kaliwungu Kudus.

References

Budiarti, C. D., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran M-Apos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp15-22 DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp15-22

EOCD. (2013). Tentang PISA.

Fajri, P. (2020). Pengaruh Model Modifikasi-Apos Terhadap Kemampuan Penalaran. 4(2), 192–201. DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1674

Herawati, F., & Yarman. (2024). Penerapan Pendekatan Modifikasi-APOS Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang. 8(1), 96–113.

Khairunnisa, & Ramlah. (2021). Aktivitas Pemecahan Masalah Siswa dalam Mengerjakan Soal Pisa Ditinjau Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.445-452

Lestari, K. E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran M-APOS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Unsika, 3, 45–52. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/200

Lestari, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran M-APOS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis ditinjau dari Minat Belajar (Vol. 5). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/ DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6290

Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03 DOI: https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January).

Mulyono, M. (2011). Teori Apos Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.20961/jmme.v1i1.9924 DOI: https://doi.org/10.20961/jmme.v1i1.9924

Noviana, W., Suyono, S., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh Pendekatan M-APOS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4959 DOI: https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4959

Pramono, G. (2023). Konstruktivisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar (KMB).

Sabrina, S. N., Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Soal Matematika PISA- Like Pada Konten Change and Relationship Menggunakan konteks Jawa Tengah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4’th SENATIK), 318–328.

Soim Daimah, U. (2023). SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. 04(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1 DOI: https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888

Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, S. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315 DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Khoirun Nisa Asti Fara, & Nanang Nabhar Fakhri Auliya. (2024). Eksperimentasi Model Pembelajaran M-APOS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Penyajian Data Di SMP N 1 Kaliwungu Kudus . Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4). https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.930

Issue

Section

Articles