Pengaruh Pembelajaran Daring dan Luring Bagi Peserta didik Pada Sekolah SMA Negeri 44 Jakarta

Authors

  • Ayu Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Sulhana Mariffa Universitas Negeri Surabaya
  • Nafisah Amalia Bil Husna Universitas Negeri Surabaya
  • Rizma Amelia Az-Zahra Universitas Negeri Surabaya
  • Alfie Rizqia Rachmi Universitas Negeri Surabaya
  • Firda Amalia Insany Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpjj.v2i2.1181

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Pendidikan Menengah

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh pembelajaran daring dan luring pada siswa SMA Negeri 44 Jakarta. Menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 36 siswa, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan kedua metode pembelajaran tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik meliputi validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran daring dan luring, dengan nilai t hitung sebesar -4,151. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan.

References

Alalwan, N., Cheng, L., Al-Samarraie, H., Yousef, R., Alzahrani, A. I., & Sarsam, S. M. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan realitas virtual serta realitas tertambah di kalangan guru sekolah dasar: Perspektif negara berkembang. Studies in Educational Evaluation, 66, 100876. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100876 DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100876

Anam, R. S., Widodo, A., Sopandi, W., & Wu, H. (2019). Pengembangan tes diagnostik lima tingkat untuk mengidentifikasi kesalahpahaman siswa dalam ilmu pengetahuan: Sebuah contoh dari konsep perpindahan panas. Jurnal Ilmiah, September. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.609690 DOI: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.609690

Balliet, R. N., Riggs, E. M., & Maltese, A. V. (2015). Pendekatan pemecahan masalah siswa dalam mengembangkan model geologi di lapangan. Journal of Research in Science Teaching, 52(8), 1109–1131. https://doi.org/10.1002/tea.21236 DOI: https://doi.org/10.1002/tea.21236

Çakır, S. K., & Akbulut, C. K. (2022). Penelitian tentang sikap profesional dan ilmiah guru sains. Eğitim Araştırmaları Dergisi, 30(3), 549–561. https://doi.org/10.24106/kefdergi DOI: https://doi.org/10.24106/kefdergi.919394

Chen, S., Ouyang, F., & Jiao, P. (2022). Meningkatkan keterlibatan siswa dalam penulisan kolaboratif daring menggunakan alat analitik pembelajaran sosial yang berfokus pada siswa. Journal of Computer Assisted Learning, 38(1), 192–208. https://doi.org/10.1111/jcal.12604 DOI: https://doi.org/10.1111/jcal.12604

Fadila, A., Malik, L. R., & Razak, A. (2022). Perbandingan minat belajar siswa antara sistem pembelajaran luring dan daring di kelas V SDI Al Azhar 47 Samarinda. INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 77–86. DOI: https://doi.org/10.51192/instruktur.v1i2.302

Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis NOS menggunakan tipe NHT. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863

Larkin, K., & Jorgensen, R. (2017). Pendidikan STEM di tingkat junior secondary: Kondisi terkini. Dalam Pendidikan STEM di Sekolah Menengah Pertama: Kondisi Terkini. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5448-8 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-10-5448-8

Setiawan, A. M., & Sugiyanto. (2020). Analisis keterampilan proses sains guru dalam program guru profesional di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 241–247. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23817 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23817

Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Riandi. (2017). Pemahaman guru sekolah dasar tentang konsep-konsep sains yang esensial. Cakrawala Pendidikan, 3(XXXVI), 522–528. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.11921

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Ayu Wulandari, Sulhana Mariffa, Nafisah Amalia Bil Husna, Rizma Amelia Az-Zahra, Alfie Rizqia Rachmi, & Firda Amalia Insany. (2024). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Luring Bagi Peserta didik Pada Sekolah SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Pendidikan Jarak Jauh, 2(2). https://doi.org/10.47134/jpjj.v2i2.1181