Pengaruh Pembelajaran Daring dan Luring Bagi Peserta didik Pada Sekolah SMA Negeri 44 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpjj.v2i2.1181Keywords:
Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Pendidikan MenengahAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh pembelajaran daring dan luring pada siswa SMA Negeri 44 Jakarta. Menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 36 siswa, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan kedua metode pembelajaran tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik meliputi validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran daring dan luring, dengan nilai t hitung sebesar -4,151. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan.
References
Alalwan, N., Cheng, L., Al-Samarraie, H., Yousef, R., Alzahrani, A. I., & Sarsam, S. M. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan realitas virtual serta realitas tertambah di kalangan guru sekolah dasar: Perspektif negara berkembang. Studies in Educational Evaluation, 66, 100876. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100876 DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100876
Anam, R. S., Widodo, A., Sopandi, W., & Wu, H. (2019). Pengembangan tes diagnostik lima tingkat untuk mengidentifikasi kesalahpahaman siswa dalam ilmu pengetahuan: Sebuah contoh dari konsep perpindahan panas. Jurnal Ilmiah, September. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.609690 DOI: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.609690
Balliet, R. N., Riggs, E. M., & Maltese, A. V. (2015). Pendekatan pemecahan masalah siswa dalam mengembangkan model geologi di lapangan. Journal of Research in Science Teaching, 52(8), 1109–1131. https://doi.org/10.1002/tea.21236 DOI: https://doi.org/10.1002/tea.21236
Çakır, S. K., & Akbulut, C. K. (2022). Penelitian tentang sikap profesional dan ilmiah guru sains. Eğitim Araştırmaları Dergisi, 30(3), 549–561. https://doi.org/10.24106/kefdergi DOI: https://doi.org/10.24106/kefdergi.919394
Chen, S., Ouyang, F., & Jiao, P. (2022). Meningkatkan keterlibatan siswa dalam penulisan kolaboratif daring menggunakan alat analitik pembelajaran sosial yang berfokus pada siswa. Journal of Computer Assisted Learning, 38(1), 192–208. https://doi.org/10.1111/jcal.12604 DOI: https://doi.org/10.1111/jcal.12604
Fadila, A., Malik, L. R., & Razak, A. (2022). Perbandingan minat belajar siswa antara sistem pembelajaran luring dan daring di kelas V SDI Al Azhar 47 Samarinda. INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 77–86. DOI: https://doi.org/10.51192/instruktur.v1i2.302
Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis NOS menggunakan tipe NHT. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863
Larkin, K., & Jorgensen, R. (2017). Pendidikan STEM di tingkat junior secondary: Kondisi terkini. Dalam Pendidikan STEM di Sekolah Menengah Pertama: Kondisi Terkini. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5448-8 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-10-5448-8
Setiawan, A. M., & Sugiyanto. (2020). Analisis keterampilan proses sains guru dalam program guru profesional di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 241–247. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23817 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23817
Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Riandi. (2017). Pemahaman guru sekolah dasar tentang konsep-konsep sains yang esensial. Cakrawala Pendidikan, 3(XXXVI), 522–528. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.11921
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Ayu Wulandari, Sulhana Mariffa, Nafisah Amalia Bil Husna, Rizma Amelia Az-Zahra, Alfie Rizqia Rachmi, Firda Amalia Insany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.