Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Pasca Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpjj.v1i3.667Keywords:
Pasca, Pandemi, Mental, Kesehatan, PendidikanAbstract
Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penerapan pembelajaran daring sebagai respons terhadap pandemi menyebabkan berbagai dampak psikologis dan tantangan bagi siswa remaja. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor utama yang memicu tekanan mental pada siswa, seperti Isolasi sosial yang berkepanjangan selama pembelajaran daring mengurangi interaksi langsung antara siswa dan guru, yang berdampak pada perasaan kesepian dan kesulitan dalam membangun kembali hubungan sosial. Tekanan akademis meningkat akibat ketertinggalan dalam pembelajaran dan ekspektasi yang tinggi, sementara kurangnya aktivitas fisik dan kecemasan akan kesehatan keluarga turut memperburuk kesehatan mental siswa. Selain itu, penggunaan media sosial yang tidak sehat selama pandemi menambah beban stres dan kecemasan akibat paparan berita negatif dan informasi menyesatkan. Secara keseluruhan, transisi dari pembelajaran tatap muka ke daring dan kembali ke tatap muka menimbulkan tantangan adaptasi yang signifikan bagi siswa. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan dukungan menyeluruh untuk menjaga kesehatan mental siswa selama dan setelah pandemi. Penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan psikologis, pelatihan bagi guru, pengelolaan beban akademis, penguatan interaksi sosial, promosi aktivitas fisik, penggunaan media sosial yang sehat, dan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran sebagai langkah-langkah penting untuk mengatasi tantangan tersebut.
References
Cahyani, A. G. (2021). FACTORS TO MOTIVATE CHILDREN IN FAMILY PARENTING TOWARDS ONLINE LEARNING. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i2.8125 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v5i2.8125
Farika, S. A., Mirza, M. N., & Romas, A. N. (2024). Promosi Kesehatan tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan, 1(1), 69-77.
Febriani, A., Putri, Y. A., Ayuni, S., & Saryono, S. (2021). Kesehatan mental masyarakat selama pandemi covid-19: Literatur review. Riset Informasi Kesehatan, 10(1). https://doi.org/10.30644/rik.v10i1.518 DOI: https://doi.org/10.30644/rik.v10i1.518
Indonesia, P. P. (2023). Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2023 tentang Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia. Jakarta: Pemerintah Pusat, 167292, 1–3.
Kasingku, J. D., Warouw, W. N., & Lumingkewas, E. M. (2023). INCREASING EDUCATIONAL AWARENESS OF PARENTING STYLES AND FAMILY SOCIAL SUPPORT ON ADOLESCENT MENTAL HEALTH. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(4). https://doi.org/10.33578/pjr.v7i4.9524 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v7i4.9524
Kursiah, K., Fitri, R. P., Asril, A., & Muhamadiah, M. (2023). Edukasi Kesehatan Mental pada Remaja. Health Community Service, 1(1). https://doi.org/10.47709/hcs.v1i1.3238 DOI: https://doi.org/10.47709/hcs.v1i1.3238
Melina, S. A., & Herbawani, C. K. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi Covid-19 : Tinjauan Literatur. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(4), 286–291. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.286-291 DOI: https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.286-291
Pratama, V. Y., & Melisa, M. (2022). PROGRAM SIBAR DALAM UPAYA MONITORING KESEHATAN MENTAL REMAJA SEKOLAH DI MASA PANDEMI. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 121-130. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.71 DOI: https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.71
Rahayuni, I. G. A. R., & Wulandari, I. A. P. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA KESEHATAN MENTAL REMAJA DI KABUPATEN BANGLI - BALI. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 5(1), 35-46. https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.311 DOI: https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.311
Rahmawaty, F., Silalahi, R. P., T, B., & Mansyah, B. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Surya Medika, 8(3), 276–281. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4522 DOI: https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4522
Sejati, Y. R., & Ghozali, G. (2021). Literatur Review Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Depresi pada Remaja. Borneo Studies and Research, 3(1), 626-635.
Sembiring, E. R. B., Dantes, N., & Suranata, K. (2023). Pengembangan instrumen pengukuran kesehatan mental (mental health inventory) setelah pandemi Covid-19 pada siswa SMP. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 116. https://doi.org/10.29210/1202322661 DOI: https://doi.org/10.29210/1202322661
Soputan, S. D. M., & Mulawarman, M. (2021). STUDI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 41-51. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1434 DOI: https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1434
Vierdiana, D. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental di kalangan mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1553–1558.
Zahira, J. A., & Salamah, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Melalui Social Media pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 11(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i1.62687 DOI: https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i1.62687
Zoahira, W. O. A., & Purnamasari, A. (2023). Respon Pasca Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Health Anak Usia Sekolah: Studi Eksplorasi Menggunakan Mood And Feelings Questionnaire-Self Report (MFQ-SELF). PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 5(1sp), 160-167. https://doi.org/10.54832/phj.v5i1sp.540 DOI: https://doi.org/10.54832/phj.v5i1sp.540
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutiara Syifana, Astuti Darmiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.