Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Pasca Pandemi

Authors

  • Mutiara Syifana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpjj.v1i3.667

Keywords:

Pasca, Pandemi, Mental, Kesehatan, Pendidikan

Abstract

Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penerapan pembelajaran daring sebagai respons terhadap pandemi menyebabkan berbagai dampak psikologis dan tantangan bagi siswa remaja. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor utama yang memicu tekanan mental pada siswa, seperti Isolasi sosial yang berkepanjangan selama pembelajaran daring mengurangi interaksi langsung antara siswa dan guru, yang berdampak pada perasaan kesepian dan kesulitan dalam membangun kembali hubungan sosial. Tekanan akademis meningkat akibat ketertinggalan dalam pembelajaran dan ekspektasi yang tinggi, sementara kurangnya aktivitas fisik dan kecemasan akan kesehatan keluarga turut memperburuk kesehatan mental siswa. Selain itu, penggunaan media sosial yang tidak sehat selama pandemi menambah beban stres dan kecemasan akibat paparan berita negatif dan informasi menyesatkan. Secara keseluruhan, transisi dari pembelajaran tatap muka ke daring dan kembali ke tatap muka menimbulkan tantangan adaptasi yang signifikan bagi siswa. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan dukungan menyeluruh untuk menjaga kesehatan mental siswa selama dan setelah pandemi. Penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan psikologis, pelatihan bagi guru, pengelolaan beban akademis, penguatan interaksi sosial, promosi aktivitas fisik, penggunaan media sosial yang sehat, dan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran sebagai langkah-langkah penting untuk mengatasi tantangan tersebut.

References

Cahyani, A. G. (2021). FACTORS TO MOTIVATE CHILDREN IN FAMILY PARENTING TOWARDS ONLINE LEARNING. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i2.8125 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v5i2.8125

Farika, S. A., Mirza, M. N., & Romas, A. N. (2024). Promosi Kesehatan tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan, 1(1), 69-77.

Febriani, A., Putri, Y. A., Ayuni, S., & Saryono, S. (2021). Kesehatan mental masyarakat selama pandemi covid-19: Literatur review. Riset Informasi Kesehatan, 10(1). https://doi.org/10.30644/rik.v10i1.518 DOI: https://doi.org/10.30644/rik.v10i1.518

Indonesia, P. P. (2023). Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2023 tentang Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia. Jakarta: Pemerintah Pusat, 167292, 1–3.

Kasingku, J. D., Warouw, W. N., & Lumingkewas, E. M. (2023). INCREASING EDUCATIONAL AWARENESS OF PARENTING STYLES AND FAMILY SOCIAL SUPPORT ON ADOLESCENT MENTAL HEALTH. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(4). https://doi.org/10.33578/pjr.v7i4.9524 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v7i4.9524

Kursiah, K., Fitri, R. P., Asril, A., & Muhamadiah, M. (2023). Edukasi Kesehatan Mental pada Remaja. Health Community Service, 1(1). https://doi.org/10.47709/hcs.v1i1.3238 DOI: https://doi.org/10.47709/hcs.v1i1.3238

Melina, S. A., & Herbawani, C. K. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi Covid-19 : Tinjauan Literatur. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(4), 286–291. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.286-291 DOI: https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.286-291

Pratama, V. Y., & Melisa, M. (2022). PROGRAM SIBAR DALAM UPAYA MONITORING KESEHATAN MENTAL REMAJA SEKOLAH DI MASA PANDEMI. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 121-130. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.71 DOI: https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.71

Rahayuni, I. G. A. R., & Wulandari, I. A. P. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA KESEHATAN MENTAL REMAJA DI KABUPATEN BANGLI - BALI. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 5(1), 35-46. https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.311 DOI: https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.311

Rahmawaty, F., Silalahi, R. P., T, B., & Mansyah, B. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Surya Medika, 8(3), 276–281. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4522 DOI: https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4522

Sejati, Y. R., & Ghozali, G. (2021). Literatur Review Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Depresi pada Remaja. Borneo Studies and Research, 3(1), 626-635.

Sembiring, E. R. B., Dantes, N., & Suranata, K. (2023). Pengembangan instrumen pengukuran kesehatan mental (mental health inventory) setelah pandemi Covid-19 pada siswa SMP. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 116. https://doi.org/10.29210/1202322661 DOI: https://doi.org/10.29210/1202322661

Soputan, S. D. M., & Mulawarman, M. (2021). STUDI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 41-51. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1434 DOI: https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1434

Vierdiana, D. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental di kalangan mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1553–1558.

Zahira, J. A., & Salamah, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Melalui Social Media pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 11(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i1.62687 DOI: https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i1.62687

Zoahira, W. O. A., & Purnamasari, A. (2023). Respon Pasca Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Health Anak Usia Sekolah: Studi Eksplorasi Menggunakan Mood And Feelings Questionnaire-Self Report (MFQ-SELF). PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 5(1sp), 160-167. https://doi.org/10.54832/phj.v5i1sp.540 DOI: https://doi.org/10.54832/phj.v5i1sp.540

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Syifana, M., & Darmiyanti, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Jarak Jauh, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jpjj.v1i3.667

Issue

Section

Articles