Penguatan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Dalam Rangka Pembentukan Civic Skills Siswa SMP Negeri 3 Colomadu

Authors

  • Arsyadana Ilma Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Muhibbin Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpn.v2i2.1176

Keywords:

Komunikasi, Kolaborasi, Civic Skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam rangka pembentukan civic skills siswa SMP Negeri 3 Colomadu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 3 Colomadu, serta teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam rangka pembentukan civic skills siswa SMP Negeri 3 Colomadu dapat diperkuat melalui: (1) pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, metode diskusi kelompok kecil, dan media portofolio, (2) ekstrakulikuler berupa latihan rutin, penampilan di dalam muapun luar sekolah, serta kejuaraan atau perlombaan, dan (3) budaya sekolah berupa pembiasaan Jum’at Sehat, Jum’at Pembinaan Wali Kelas, Jum’at Bersih, Jum’at Literasi, dan Jum’at Religi; Pembiasaan Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun; serta Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Artikel ini diharapkan dapat diharapkan dapat menguatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam rangka pembentukan civic skills siswa SMP Negeri 3 Colomadu.

References

Angraini, D. I., Murisal, M., & Ardias, W. S. (2021). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Sarjana Sumatera Barat. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 12(1), 84-100.

Ata, R., & Yildirim, K. (2019). Turkish pre-service teachers’ perceptions of digital citizenship in education programs. Journal of Information Technology Education: Research, 18, 419-438. https://doi.org/10.28945/4392 DOI: https://doi.org/10.28945/4392

Bawamenewi, A. (2021). Politik Hukum Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia. Kauko, 1(1), 14-22. DOI: https://doi.org/10.59579/transformasihukum.v1i1.2793

Hiswanti, H., & Pranawukir, I. (2023). Pelatihan Public Speaking Pengurus OSIS SMKN 62 Lenteng Agung DKI Jakarta. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 78-91. DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2452

RI. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Kemendikbud. (2017). Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah.

Kemendiknas.(2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas

Kitto, S.C., Chesters, J. and Grbich, C. (2008), Quality in qualitative research. Medical Journal of Australia, 188: 243-246. https://doi.org/10.5694/j.1326-5377.2008.tb01595.x DOI: https://doi.org/10.5694/j.1326-5377.2008.tb01595.x

Lisanias, C. V. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa progdi pendidikan sejarah uksw salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW). DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16192

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Munawwarah, H., & Maemonah, M. (2021). Pendidikan Karakter Anak Perspektif Aliran Filsafat Behaviorisme. Jurnal Golden Age, 5(01), 71-82.

Purba, G. E., Sembiring, N. M. B., Purba, R. O., Simanullang, T. L., & Batubara, A. (2024). Penguatan Civic Skill: Sebagai Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Untuk Mencegah Fomo yang Menjadi Trend Baru Dalam Bermedia Sosial. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1-8. DOI: https://doi.org/10.51178/jerh.v2i1.1815

Putri, A. J., & Arsil, A. (2020). Analisis pencapaian keterampilan komunikasi pada proses pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154-161.

Rakhmaniar, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Kota Bandung. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 239-249. DOI: https://doi.org/10.62383/wissen.v2i1.244

Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi kolaborasi dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 1-7.

Saifudin, M., Solikhah, S., Kumala, R., & Kurniawan, A. Y. (2023). Hubungan Self-Confidence dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Remaja Kelas VII SMP Negeri 3 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Prepotif: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(3), 16483-16492.

Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA di masa pandemi COVID-19. PENSA: e-jurnal pendidikan sains, 10(2), 253-259.

Suyato, Hidayah, Y., Septiningrum, L., & Arpannudin, I. (2024). Application Of The Collaborative Learning Model To Improve 21st-Century Civic Skills. Journal of Education and E-Learning Research, 11(3), 456–463. https://doi.org/10.20448/jeelr.v11i3.5753 DOI: https://doi.org/10.20448/jeelr.v11i3.5753

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Arsyadana Ilma, & Ahmad Muhibbin. (2024). Penguatan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Dalam Rangka Pembentukan Civic Skills Siswa SMP Negeri 3 Colomadu. Jurnal Pendidikan Non Formal, 2(2). https://doi.org/10.47134/jpn.v2i2.1176

Issue

Section

Articles