Pengaruh Minat Mahasiswa terhadap Keputusan dalam Memilih Program Studi
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpn.v1i4.600Keywords:
Keputusan Memilih, Minat, MahasiswaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perkembangan tekonologi yang memengaruhi industri kerja serta SDM. Perkembangan ini memberi dampak bagi SDM agar bisa memenuhi kebutuhan masa kini. Pendidikan salah satu hal yang memengaruhi kualitas SDM, maka dari itu pemilihan program studi pada saat masuk perguruan tinggi memengaruhi kulitas diri seseorang agar dapat bersaing dengan perkembangan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh minat mahasiswa terhadap keputusan terhadap memilih program studi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan SPSS versi 27. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa memengaruhi keputusan dalam mengambil keputusan.
References
Amalia, R., & Firmadhani, C. (2022). Teknik Pengambilan Keputusan. Bandung: RTujuh Mediaprinting.
Firmalino, R., Flor, R., Padiernos, S., Rosales, R., Sison, J., & Midel, M. (2020). Factors that affect student’s decision in choosing college courses in Bestlink College of the Philippines. Ascendens Asia Singapore – Bestlink College of the Philippines Journal of Multidisciplinary Research, 2(1).
Fitrawan, A. (2020). Pengaruh Minat Mahasiswa Terhadap Keputusan Dalam Memilih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Angkatan 2019). Makassar.
Hwang, Y. (2019). The role of college experience in shaping major and future career path choice at four-year institutions (Doctoral dissertation, Indiana University).
Johnson, N., & Seaman, J. (2021). 2021 Special topics report: The growth of online learning and digital learning resources in Canadian post-secondary education.
Kalkbrenner, M. T. (2021). A practical guide to instrument development and score validation in the social sciences: The MEASURE approach. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 26(1), 1.
Latif, E., & Miles, S. (2020). Undergraduate characteristics and elective course choice. Australasian Journal of Economics Education, 17(1), 1-23. DOI: https://doi.org/10.33151/ajp.17.732
Lee, N. E. (2018). Skills for the 21st century: A meta-synthesis of soft-skills and achievement. Canadian Journal of Career Development, 17(2), 73-86.
Letkiewicz, J., Lim, H., Heckman, S., Bartholomae, S., Fox, J. J., & Montalto, C. P. (2014). The path to graduation: Factors predicting on-time graduation rates. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 16(3), 351-371. DOI: https://doi.org/10.2190/CS.16.3.c
Marquis, G. P., & Ghosh, S. (2017). Student preferences for a hybrid course. Journal of Education for Business, 92(3), 105-113. DOI: https://doi.org/10.1080/08832323.2017.1289886
Sardirman. (n.d.). Interaksi dan Motivasi. Retrieved from https://etheses.iainkediri.ac.id/124/3/7.%20BAB%20II.pdf
Wu, N. (2022). Factors influencing students’ career intentions in the hospitality and tourism industries: A meta-analysis. Behavioral Sciences, 12(12), 517. DOI: https://doi.org/10.3390/bs12120517
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syahlita Dafina Achmad, Felicia Regina, Fanda Helda Saputri, Athia Salma, Dian Indriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.